Nasi Grombyang Khas Pemalang Sajian Desa dengan Keunikannya

Ternak Website

Di postingan ini kami akan ulas berkaitan dengan Nasi Grombyang Khas Pemalang Sajian Desa dengan Keunikannya. Saat berkunjung ke Pemalang, menjadi suatu kewajiban bagi para wisatawan untuk mencoba sajian kuliner nasi grombyang. Nasi Grombyang merupakan makanan khas Pemalang berupa sajian berkuah pekat yang berbahan daging kerbau dengan potongan lumayan besar. Dalam penyajiannya, semangkuk grombyang telah dilengkapi dengan nasi.

Nasi Grombyang Khas Pemalang

Tidak diketahui dengan pasti pertama kali makanan ini muncul. Namun menurut beberapa sumber, Nasi Grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada saat itu, penjual nasi grombyang menjajakan dagangannya dengan berkellling kampung. Penjual makanan khas Pemalang ini dahulunya sering berkeliling di daerah pojok alun-alun, pinggir jalan, sekitar terminal, dan lain-lain.

Seiring dengan banyaknya orang yang berminat untuk menyantapnya, muncullah beberapa warung nasi grombyang. Kenikmatan yang tidak pernah berubah dari masa ke masa, menjadikan santapan unik dari Kabupaten Pemalang ini ditetapkan sebagai makanan tradisional khas.

Sekilas Nasi Grombyang Khas Pemalang

Nasi Grombyang bila dilihat secara sekilas terlihat seperti rawon dengan potongan daging yang lebih besar. Hanya saja, kuliner legendaris ini memiliki kuah yang lebih encer. Meskipun sama-sama menggunakan kluwek, rasanya sangat berbeda dengan rawon. Nasi Grombyang terasa lebih gurih dengan aroma harum yang dikeluarkan dari kelapa sangrai. Perpaduan dari segala bumbu ini, menjadi pertemuan yang sangat tepat ketika sampai di mulut.

Penyajian dari nasi grombyang berupa kuah lebih banyak dari pada isi yang ada di piring atau mangkuk, maka isinya terlihat seperti bergoyang-goyang mengambang di dalam mangkuk. Apabila menilik ke dalam bahasa Jawa, penyajian ini dinamakan, grombrang yang berarti goyang. Penyajian kuah berlebih tersebut menjadi latar belakang penamaan kuliner ini. Tidak hanya itu, terdapat pula persepsi lain yang menyebutkan bahwa nama grombyang diambil dari kuali besar tempat Nasi Grombyang sebelum disajikan.

Pembuatan Nasi Grombyang

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat olahan ini cukup mudah ditemukan, dengan pembuatannya yang terbilang tidak sulit. Langkah pertama dalam pembuatannya adalah memotong daging kerbau yang kemudian direbus dengan serai dan daun salam hingga empuk. Untuk bumbu yang digunakan adalah

Komunitas SB1M
  • kelapa parut (yang disangrai),
  • bawang merah,
  • bawang putih,
  • kluweng,
  • ketumbar,
  • merica bubuk,
  • jahe,
  • kunyit bakar.

Seluruh bahan bumbu tersebut dihaluskan untuk kemudian ditumis hingga harum, lalu tuangkan ke dalam rebusan daging. Jangan lupa untuk memasukkan gula merah dan garam, kemudian dimasak hingga matang.

Penyajian Nasi Grombyang Khas Pemalang

Nasi grombyang disajikan di dalam sebuah mangkuk yang berukuran tidak terlalu besar. Di dalam mangkuk tersebut, terdapat nasi putih yang dicampur dengan kuah beserta potongan daging kerbau dan jeroan. Potongan daging kerbau menyumbul ke permukaan dengan menjadi ciri akan makanan ini. Di atas daging akan didapati taburan daun bawang yang menggoda untuk segera disantap.

Kuah pekat berwarna coklat gelap ini memiliki rasa seperti rawon dengan daging yang sangat lembut dan gurih lebih terasa dalam setiap suapan. Tekstur daging kerbau dengan seratnya yang berukuran relatif kasar atau besar jika dibandingkan dengan daging sapi. Nasi grombyang sangat nikmat disajikan dalam kondisi panas, baik ketika siang hari maupun menjadi santapan malam.

Penyajian Nasi Grombyang biasanya ditemani oleh tumpukan tusuk sate kerbau yang dalam penyajiannya tidak melalui proses pembakaran. Proses pembuatan sate kerbau dimulai dengan memberi bumbu pada daging kemudian diungkep. Bumbu yang telah meresap ke dalam daging dengan warna khas coklat, selanjutnya ditusuk seperti sate. Cara menghidangkan sate kerbau ini adalah dengan membalutnya menggunakan bumbu kelapa sangrai yang pekat.

Harga dan Lokasi Penjual Nasi Grombyang

Untuk mendapatkan sajian Nasi Grombyang, sangat mudah ditemukan di Pemalang. Saat banyak restoran yang menyajikan menu khas ini untuk dinikmati saat makan siang atau malam. Nasi Grombyang memiliki harga yang cukup terjangkau dengan kisaran harga dari Rp 8.000 hingga Rp 15.000,- per porsi. Anda yang ingin mencoba Nasi Grombyang di daerah asalnya dapat pergi ke di sepanjang Jalan RE. Martadinata dan di lingkungan alun-alun Kota Pemalang.

Di sana banyak yang menjajakan makanan ini. Salah satu yang menjadi andalan dan cukup terkenal adalah Nasi Grombyang Pak Warso yang buka setiap hari mulai puku1 08.00 hingga puku1 21.00. Selain di area ini, makanan tersebut dapat juga dijumpai di Jalan Urip Sumoharjo (Kaki Lima), Pasar Petarukan dan lokasi lainnya.

Demikian informasi berkaitan dengan Nasi Grombyang Khas Pemalang Sajian Desa dengan Keunikannya, kami harap post ini bermanfaat buat kalian. Tolong post ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Wisata Kuliner khas dari Pemalang Jawa Tengah

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
web hosting berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Digital Marketing

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Marketing Online Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Investasi Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Bisnis Bebek Kremes
Bisnis Bebek Kremes Usaha Masa Depan yang Menguntungkan
Harumnya Rezeki Kerajinan Akar Wangi
Harumnya Rezeki Kerajinan Akar Wangi
Marketing Plan Bisnis MSI
Marketing Plan Bisnis MSI yang Perlu Diketahui
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
theme wordpress responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna Iptek Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Tips Merawat Perhiasan Perak
Tips Merawat Perhiasan Perak agar Kualitas Terjaga
Tips Ampuh Memelihara Tanaman Bonsai
Tips Ampuh Memelihara Tanaman Bonsai
Tips Ampuh untuk Kolektor Uang Kuno
Tips Ampuh untuk Kolektor Uang Kuno
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen Jawa Timur
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang