Monumen Gubernur Suryo Mengabadikan Ketegasan Sang Pemimpin

Pembahasan kita sekarang ialah Monumen Gubernur Suryo Mengabadikan Ketegasan Sang Pemimpin. Pada hamparan tanah yang luas, tepatnya berada dalam kompleks Taman Apsari yang berlokasi di seberang jalan Gedung Grahadi Surabaya, terdapat patung yang berdiri tegak dengan kedua tangan berada di samping badan dengan mengenakan pakaian safari dilengkapi kopiah.

Monumen Gubernur Suryo

Monumen Gubernur Suryo Pemimpin Pertama Jawa Timur

Pahatan batu tinggi tersebut adatah replika dari Gubernur Suryo yang menjadi pemimpin pertama Jawa Timur yang hanya menjabat selama tiga tahun (1945-1948). Jauh dari kesan seram, lokasi patung sang gubernur ini berdiri sering menjadi tempat berkumpul semua kalangan umur.

Adanya taman bunga yang asri dan terawat, patung dikelilingi air mancur sehingga menjadikan suasana sejuk, menjadi daya pikat khalayak untuk melepas penat.

Tempat ini biasa dikenal dengan Monumen Gubernur Suryo yang didirikan sebagai bentuk penghormatan sebab menjadi korban dalam pemberontakan di Madiun tahun 1948. Di bawah monumen, terdapat prasasti bertuliskan,

“berulang kali kami telah diberitahu bahwa lebih baik jatuh berkeping-keping daripada dijajah lagi. Dan sekarang dalam menghadapi ultimatum Inggris, kita akan berpegang teguh untuk menolak ultimatum”.

Pernyataan tersebut dikeluarkan ketika Inggris berupaya menekan warga Surabaya agar menyerahkan senjata pada 9 November 1945. Namun, Suryo menolak sehingga membuat Inggris menjadi geram dan berujung genjatan senjata.

Fasilitas di sekitar Monumen Patung Gubernur Surya

Awalnya, Taman Wisata Monumen Gubernur Suryo hanya berupa sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa gubernur, Raden Mas Tumenggung Aryo Soerjo. Lokasi ini menjadi bagian akan kisah bersejarah yang selayaknya diwarisakan sebab nilai-nilai kepahlawanannya bagi generasi bangsa.

Seiring berkembangnya waktu, monumen yang dibangun pada tahun 1975, telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung yang nyaman, di antaranya adalah :

  • bangunan pendopo untuk beristirahat,
  • taman bermain anak-anak,
  • musala,
  • toilet,
  • kios-kios tempat penjualan makanan dan cendera mata.

Selain itu, juga terdapat taman burung serta tempat pembibitan jati dan pohon lainnya yang dikelola oleh Perhutani KPH Ngawi, seperti bibit pohon Sawo Kecik, Citradora, Cendana, dan Sono.

Obyek Wisata di Monumen Suryo

Selain mengunjungi Monumen Gubernur Suryo, pengunjung juga dapat menikmati suasana Taman Apsari yang berada dalam satu lingkup dengan monumen. Suasana teduh begitu terasa saat berada di tempat ini.

Pepohonan besar nan rindang tersebar di seluruh taman. Bunga-bunga bermekaran, keunikan dua puluh macam bunga melengkapi taman dengan luas mencapai 5.300 m2.

Terdapat juga arca Budha Mahasobya atau patung Joko Dolog yang merupakan perwujudan dari Raja Kertanegara, Raja Singosari terakhir, Arca lainnya melengkapi keberadaan Budha Mahasobya, seperti patung raksasa, ganesha serta kepala naga.

Konon Arca yang dibual pada tahun 1289 Masehi, berasal dari Desa Kandang Gajah, Trowulan. Kemudian dipindahkan di situs Taman Apsari oleh Residen de Salls (1827). Saat ini, benda bersejarah tersebut berada di sebuah bangunan terbuka.

Lokasi Monumen Patung Gubernur Suryo

Terletak berada di jalur utama Surabaya-Solo, menjadikan Monumen Gubernur Suryo cukup ramai dikunjungi orang. Pada akhir pekan masyarakat Surabaya biasanya mengajak keluarga, saudara atau teman untuk menghabiskan malam. Suasana menjadi ramai ketika anak-anak muda menggelar atraksi seperti skateboard atau break dance di tempat ini.

Saat berada di lokasi tersebut, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama keasrian hutan jati dipadu apik tanaman hias yang ada di sekitar bangunan utama monumen patung setinggi 10 meter lebih.

Tidak hanya berwisata sejarah, pengunjung juga dapat menikmati sajian makanan yang tersedia di sejumlah kios. Seperti bakso, mi ayam, nasi soto, nasi rawon, rames, nasi pecel, dan lainnya. Untuk minuman, selain biasa seperti es teh dan kopi, terdapat juga es degan atau kelapa muda yang menjadi andalan di tempat ini.

Untuk mendongkrak pamor Taman Wisata Monumen Guberpur Suryo, pihak KPH Ngawi sebagai. pengelola giat melakukan promosi. Di antaranya dengan membuat pamfet wisata, brosur wisata, dan promosi di website resmi milik pemerintah daerah setempat.

Selain itu, mereka juga menggelar ajang tahunan berupa gerak jalan dengan rute Monumen Suryo-Kota Ngawi yang dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Baca juga: Menikmati Zaman Prasejarah di Kampung Primitif Banyuwangi

Demikian info berkaitan dengan Monumen Gubernur Suryo Mengabadikan Ketegasan Sang Pemimpin, semoga post kali ini mencerahkan teman-teman semua. Kami berharap postingan wisata Monumen Sejarah di Jawa Timur ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Wisata Monumen di Jawa Timur

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan