Menyibak Keberadaan Sentra Tempe dan Tahu di Lenteng Agung

Kali ini kami akan ulas perihal Menyibak Keberadaan Sentra Tempe dan Tahu di Lenteng Agung. Perkembangan sektor perekonomian di Jakarta, tidak luput dari kegiatan produksi kecil serta menengah yang ikut berpartisipasi dalam perputaran roda ekonomi. Salah satu sentra penghasil makanan yang menjadi salah satu santapan favorit masyarakat Indonesia yaitu pengolahan tahu dan tempe di Jalan Seratus Gang Sonton, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Menyibak Keberadaan Sentra Tempe dan Tahu

Menyibak Keberadaan Sentra Tempe dan Tahu Lenteng Agung

Sejak berdiri dari tahun 1990 hingga saat ini, aktivitas pengolahan kedelai masih tetap berjalan. Bangunan ini memang sengaja dibuat untuk para pengrajin tahu dan tempe yang pada saat itu tidak memiliki lokasi nyaman dalam melakukan proses produksi. Pengrajin sebelumnya berasal dari beberapa kawasan di sekitaran Jakarta, seperti Kuningan barat dan Pasar Minggu.

Para pengrajin dahulunya masih menggunakan beberapa alat tradisional, dengan pembakaran memakai minyak tanah. Dalam perkembangannya, kelangkaan minyak tanah menjadikan mereka beralih menggunakan kayu bakar. Pembakaran kayu yang menghasilkan arang ini, menjadikan lokasi pembuatan terkesan kumuh.

Sehingga pada tahun 2012 terjadi renovasi total pembuatan tahu dan tempe menjadi bangunan yang lebih ditinggikan dengan alat-alat dan proses pembuatannya menggunakan alat berbahan stenlis muiai dari perebusan sampai alat untuk cetak. Bangunan menjadi lebih rapi dengan dinding keramik sehingga produksi selanjutnya terjamin kehigienisannya dengan bahan bakar mengunakan gas.

Kedelai yang diolah sehari-hari di sentra tempe dan tahu Gang Sonton, dapat mencapai sampai 2.000 kilogram dengan pembagian 200-300 kilogram diolah menjadi tahu dan sisanya untuk tempe.

Harga Tempe dan Tahu

Para pengrajin menjual produk tahu yang telah digoreng dengan harga jualnya sekitar Rp 250 per buah hingga Rp 400 per buah, tergantung ukuran tahu. Sedangkan untuk harga tempe sendiri, memiliki keragaman dengan harga mulai dari Rp 2.500, Rp 6.000, Rp 8.000 dan Rp 40.000, penentuan ini sama seperti tahu yang berdasarkan dari ukurannya. Tempe terpanjang yang ia buat yakni berukuran 2 m seharga Rp 40.000. Omset yang didapatkan para pengrajin setiap bulannya berkisar dari Rp 2.500.000 hingga Rp 6.000.000.

Produksi Tempe dan Tahu

Produksi pembuatan tahu dan tempe di kawasan Lenteng Agung beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga menjelang magrib. Pagi hari, para pengrajin akan menyiapkan segala kebutuhan dalam proses pengolahan, mulai dari perebusan hingga pencetakan. Tahu dan tempe yang menjadi makanan favorit oleh banyak orang, menjadikan produksi tiada pernah henti untuk dilakukan setiap hari. Produksi akan, meningkat dengan bertambahnya bahan baku saat bulan Ramadan.

Jumlah pengrajin yang ada di Lenteng Agung ini adalah 21 produsen yang terdiri dari 18 pengrajin tempe dan tiga pengrajin tahu. Mereka tinggal dalam satu rumat yang dihuni oleh dua keluarga dengan bangunan tempat tinggal yang bertingkat. Keterampilan mereka dalam menghasilkan tempe dan tahu, kemudian dikirim ke sejumlah pasar tradisional di Jakarta seperti ke Pasar Minggu, Pasar Kramat Jati, Pasar Lenteng Agung, dan sekitar daerah Jakarta Selatan lainnya.

Tidak hanya menjangkau pasar tradisional saja, produk dari mereka juga dipasarkan di pusat perbelanjaan modern. Selain itu, para pengrajin kerap mendapat permintaan secara khusus dari warung nasi, penjual gorengan dan pemilik katering makanan.

Sentra produksi tahu dan tempe ini, selain selalu mendatangkan mereka yang membutuhkan produknya untuk dikonsumsi, juga menerima kunjungan dari siswa yang ingin melihat langsung proses pembuatan, dari jenjang SD hingga mahasiswa.

Lokasi Sentra Tempe dan Tahu Lenteng Agung

Bagi yang tertarik untuk membeli atau belajar cara membuat ataupun menyibak keberadaan sentra tempe dan tahu dapat melakukan perjalanan ke Lenteng Agung. Perjalanannya dimulai dari arah Pasar Minggu, kemudian menyusuri jalan Tanjung Barat untuk bisa menuju sentra ini.

Lokasinya cukup jauh dengan melewati gang sekitar kilometer dari jalan utama. Setelah melewati komplek perumahan, akan didapati Gang Sonton yang tidak jauh darinya terdapat gapura-gapura permanen bertuliskan Sentra Produksi Tahu Tempe Primkopti Jakarta Selatan, Jl. Seratus Gg. Sonton RT 03 RW 02 Lenteng Agung. Memasuki kawasan pengrajin, sentra ini layaknya perkampungan dengan deretan rumah yang berjejer rapi yang tersebar dalam tiga gang bercat biru.

Dalam proses pengolahan kedelai, mereka tidak menggunakan seluruh rumah sebagai tempat produksi, melainkan terpusat pada empat ruangan yang digunakan bersama-sama dalam satu bangunan dengan panjang 48 m dan lebar 6 m.

Sekian informasi tentang Menyibak Keberadaan Sentra Tempe dan Tahu di Lenteng Agung, semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat semua. Mohon artikel Wisata Minat Khusus di Jakarta ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Aplikasi Penghasil Uang Investasi Online Jualan Online Sumber Lain

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Agrobisnis
Mengenal Agrobisnis dan Jenis Peluang Usahanya
Bisnis Katering Makanan
Bisnis Katering Makanan untuk Mahasiswa dan Karyawan
Punya Bisnis Laundry
Punya Bisnis Laundry Sendiri dengan Prospek Cerah
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna IPTEK Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak sesuai Kebutuhan
Mengusir Tikus dan Celurut
Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda