Menulis merupakan Investasi Memori Masa Depan

Topik kita sekarang yaitu menulis merupakan investasi memori masa depan. Selama ini investasi yang dikenal dan cukup akrab di telinga kita hanyalah investasi yang berhubungan dengan materi. Seperti investasi kesehatan, pendidikan, keuangan, bisnis atau investasi lain. Namun investasi non-material yang berupa memori masih belum populer dan digemari oleh masyarakat.

Menulis Merupakan Investasi Memori Masa Depan

Padahal investasi non-material berupa memori juga sangat penting bagi kita. Pada dasarnya kemampuan otak terbatas dan tidak bisa mengingat semua memori yang dialami. Perlahan tapi pasti memori yang tidak terlalu mendetail akan hilang tergerus oleh waktu.

Menulis merupakan Investasi Memori Masa Depan

Bagaimana cara untuk mengabadikan memori tersebut agar tidak pudar seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia? Menulis adalah solusi dan jawaban paling tepat dan sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan oleh setiap orang dan juga tidak membutuhkan biaya apapun.

Menuliskan memori yang kita alami, kenangan pahit ataupun manis dapat menjadi investasi paling berharga di kehidupan kelak. Selain dapat mengenang kembali memori dengan detail, menulis kenangan pahit juga dapat mengurangi resiko depresi atau stres.

Istilah dari Menulis merupakan Investasi Memori

Sebelum berbicara lebih jauh tentang hubungan menulis dan investasi memori. Mari mengenal istilah yang berhubungan dengan artikel ini.

1. Investasi

Istilah yang pertama yaitu investasi. Pengertian investasi adalah sebuah tindakan menanamkan sumber daya atau modal pada saat ini, dengan harapan bisa mendapatkan manfaat yang lebih di masa mendatang. Pada umumnya, investasi berhubungan dengan dana atau uang yang kita tanamkan pada masa kini dengan harapan mendapatkan keuntungan yang berlipat di masa mendatang. Tujuannya tentu saja untuk menabung dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

2. Memori

Istilah yang kedua yaitu memori. Adapun pengertian dari memori menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:

  • Kesadaran akan pengalaman masa lampau yang hidup kembali; ingatan;
  • Catatan yang berisi penjelasan;
  • Peringatan;
  • Piranti komputer yang dapat menyimpan dan merekam informasi.

Sedangkan menurut Chaplin (2002), memori yaitu fungsi yang terlibat dalam usaha atau proses mengenang masa lalu, keseluruhan masa lalu yang diingat kembali dan pengalaman khas yang paling diingat. Namun tidak semua pengalaman bisa disimpan, hanya informasi atau pengalaman tertentu yang memiliki kekhasan saja yang mampu tersimpan. Memori terdiri dari tiga jenis yaitu memori sensoris, memori jangka pendek dan jangka panjang.

3. Menulis

Sedangkan istilah terakhir yaitu menulis. Pengertiannya yaitu merupakan kegiatan untuk menuangkan ide / gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai. Menurut Djago Tarigan menulis juga berarti mengekspresikan secara tertulis gagasan, ide, pendapat, atau pikiran dan perasaan.

Jika dihubungkan ketiga istilah di atas maka diperoleh kesimpulan awal sebagai berikut: menulis yaitu sebuah tindakan menanamkan modal yang berupa memori yang dituangkan dalam bahasa tulis, untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Kira-kira keuntungan apa saja yang bisa didapat? Tentu saja hasil tulisan tersebut dapat digunakan sebagai media penyimpanan memori. Dapat dilihat lagi di masa mendatang tanpa khawatir lupa atau hilang dalam ingatan, karena keterbatasan otak kita dalam mengingat dan menyimpan memori tersebut.

Manfaat Menulis

Mengapa melakukan investasi memori lewat kegiatan menulis ini penting dilakukan? Ada dua macam manfaat yaitu manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Manfaat untuk diri sendiri di antaranya:

  • Menulis dapat menjadi instrumen perekam jejak sejarah yang dapat menceritakan dengan detail segala peristiwa, perasaan, deskripsi tempat maupun orang-orang yang kita temui.
  • Bahwa menulis adalah bekerja untuk keabadian, jadi apa yang kita tulis akan bersifat abadi dan dapat dibaca ulang di masa depan bahkan saat kita sudah tidak ada di dunia ini.
  • Menulis juga dapat menjadi investasi pahala bagi kita, jika tulisan kita memuat kebaikan, ilmu yang bermanfaat, atau pemikiran yang baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
  • Dengan menulis dapat membuat hidup kita lebih produktif. Jika menulis sudah menjadi bagian dari rutinitas keseharian kita, maka otak kita terlatih unark selalu beqpikir positif dengan terus berusaha melakukan hal yang bermanfaat. Kita akan terlatih untuk membuka wawasan, menelaah berbagai informasi, melakukan observasi dan menuangkan gagasan dalam sebuah tulisan.
  • Menulis dapat juga menjadi media pembelajaran bagi diri kita karena kita akan menjadi pribadi yang kritis dan terus belajar.

Investasi memori lewat tulisan ini tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga orang lain. Sebagai pembaca, dapat secara langsung mengambil pelajaran dan hikmah dari tulisan-tulisan kita. Syukur-syukur pembaca dapat mengambil manfaat jika ada ilmu atau informasi yang kita bagikan lewat tulisan tersebut.

Cara Menginvestasikan Memori Lewat Tulisan

Bagaimana cara kita menuliskan memori-memori. yang kita punyai sehingga dapat kita investasikan untuk masa depan? Di era serba digital ini tentu saja teknologi dapat membantu kita untuk mengabadikan tulisan-tulisan kita, unggahlah tulisan tentang memori-memori yang dialami di internet melalui blog, atau sosial media yang kita miliki.

Tentu tulisan-tulisan tersebut harus sudah disaring mana konten yang pantas untuk konsumsi publik atau konten mana yang cukup kita simpan sendiri. Selain itu, kita juga dapat mengabadikan kisah kita dengan menuliskannya dalam sebuah buku. Memang menulis buku dengan jumlah halaman tebal tidak mudah, butuh konsistensi dan kerja keras dalam mewujudkannya. Cobalah menulis! Jika orang lain bisa, kenapa kita tidak?

Bisa dimulai dengan menulis rutin 4 halaman A5 setiap hari, maka di akhir bulan kita bisa panen naskah. Mengabadikan memori lewat tulisan yang dibukukan akan jauh lebih baik dan tentu saja lebih berharga. Siapa tahu investasi memori ini dapat menjadi investasi keuangan Anda di masa depan.

Sekian informasi terkait dengan menulis merupakan investasi memori masa depan, kami harap post kali ini membantu Anda. Kami berharap postingan ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Motivasi dan Inspirasi

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan