Menu Sarapan dari 5 Pulau di Indonesia

Sering dikatakan, Sarapan pagi adalah makanan terpenting dalam sehari. Tentu saja memiliki energi penuh di pagi hari akan melancarkan aktivitas Anda dalam sehari. Apalagi mencoba menu sarapan dari 5 pulau di Indonesia berikut. Itu sebabnya, sarapan lengkap di pagi hari bisa menjadi bahan bakar agar energi kita tidak habis di tengah jalan.

Menu Sarapan dari 5 Pulau di Indonesia

Menu Sarapan dari 5 Pulau di Indonesia

Terkait dengan ini, Indonesia dengan keragaman budayanya, tentu memiliki aneka menu sarapan yang unik dan menarik berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya. Berikut beberapa hidangan menu sarapan dari 5 pulau di Indonesia :

a. Pulau Jawa

Gudeg sudah menjadi ikon kuliner di Yogyakarta. Tapi gudeg tidak harus dimakan bersama nasi putih. Ada cara lain untuk makan gudeg untuk sarapan pagi. Bubur nasi yang gurih dihidangkan dengan gudeg yang terbuat dari nangka muda. Bubur nasi ini kemudian disiram dengan kuah areh, yang terbuat dari santan. Lauknya bisa ayam suwir atau telur rebus.

Jika Anda menyukai makanan panas dan pedas, bisa minta diberi tambahan sambal krecek, yaitu semacam kerupuk dari kulit kerbau atau kulit sapi yang dimasak dengan kuah pedas. Manisnya gudeg, gurihnya bubur, dan pedasnya krecek menjadi daya tarik yang tak dapat ditolak.

b. Pulau Sulawesi

Bubur jagung atau barobbo adalah hidangan sarapan yang populer di Sulawesi Selatan. Meski sekilas nampak seperti bubur biasa, namun sesuai namanya, barobbo terbuat dari jagung yang diberi bumbu rempah-rempah setempat.

Sebagian jagung disisir, sisanya diparut dan diolah menjadi bubur, ini memunculkan dua tekstur di dalam satu hidangan. Bubur ini biasanya dibuat dengan sayur-mayur seperti bayam dan kangkung. Sementara untuk lauknya, barobbo biasa disajikan dengan ayam suwir dan perkedel.

c. Pulau Sumatera

Di Palembang, pempek kerap dihidangkan sebagai makanan untuk sarapan masyarakat setempat. Pempek sendiri adalah makanan yang terbuat dari daging ikan gabus, tenggiri atau ikan belido. Kadang-kadang, pempek juga dibuat menggunakan daging udang. Daging ini tadi dicampur dengan tepung sagu yang telah dibumbui dan kemudian diuleni.

Setelah itu, apabila ingin memakannya, pempek terlebih dahulu harus dikukus atau digoreng. Kemudian, ia disajikan bersama cuka, yang merupakan paduan dari air gula merah, kecap, udang tumbuk, serta tak lupa asam cuka.

d. Pulau Kalimantan

Di Banjar, masyarakat umumnya menikmati sarapan pagi nasi kuning. Berbeda dengan nasi kuning di Jawa yang biasanya pulen, nasi kuning ini tidak pulen (burai). Untuk penyajiannya, ia dibungkus dengan daun pisang. Nasi kuning ini dinikmati dengan berbagai lauk yang sudah dibungkus bersama-sama.

Ada berbagai lauk yang dapat dinikmati, mulai ikan gabus atau haruan, telur itik, hati ayam, daging ayam, hingga daging  itik. Kebanyakan lauknya dimasak dengan bumbu merah yang dibuat dari cabai merah dan berbagai rempah. Paduan gurih nasi kuning dan pedas bumbu merah membuat ledakan rasa di dalam mulut.

e. Pulau Irian

Beras bukan satu-satunya sumber karbohidrat di Papua. Di masyarakatnya, sagu pun menjadi santapan harian yang tidak kalah populer. Memakan papeda atau bubur sagu merupakan kegiatan sehari-hari bagi masyarakat Papua.

Papeda sendiri merupakan makanan olahan dari bahan dasar sagu, yang disiram dengan air panas dan diolah hingga berubah teksturnya menjadi kental dan lengket, dengan warna putih bening dan rasa yang tawar.

Biasanya, papeda ini disajikan dengan ikan tongkol, ikan mubara, dan ikan ekor kuning yang dibumbu kunyit. Hidangan dengan rasa yang kuat, seperti ikan atau ayam kuah asam, juga bisa menjadi pilihan lauk.

Demikian info tentang Menu Sarapan dari 5 Pulau di Indonesia semoga bermanfaat.

Referensi: Menjadi Travelpreneur yang Sukses

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan