Menjelajahi Destinasi Religi di Jakarta

Pembahasan kita sekarang yakni Menjelajahi Destinasi Religi di Jakarta. Jakarta yang dikenal dengan wisata modernnya, ternyata menyimpan akan tempat religi yang menarik untuk dikunjungi. Wisata religi yang berada di kota penuh kegiatan ini, tidak hanya menghadirkan akan satu agama saja, melainkan keberagaman ada di sini. Selain itu, terdapat pula wisata sejarah berbasis religi untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur.

Menjelajahi Destinasi Religi di Jakarta

Menjelajahi Destinasi Religi di Jakarta

Mengunjungi tempat wisata tidak selamanya harus di tempat yang memberikan kenyamanan, mengunjungi tempat religi (agama) menjadi pilihan untuk memberikan perjalanan berbeda saat berlibur. Sejarah, kesenian akan bangunan, kisah di dalamnya, bisa diambil untuk menjadi pelajaran. Di Jakarta menawarkan beberapa tempat sebagai kunjungan terbaik religi yang penuh dengan hal menarik di dalamnya. Mari Menjelajahi Destinasi Religi di Jakarta

1. Wisata Religi di Jakarta Islamic Centre (JIC)

Di tempat ini cahaya Islam datang di tengah kegelapan. JIC dulunya merupakan lahan lokalisasi yang dilegalkan pemerintah DKI. Berada di kawasan Karamat Tunggak, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, JIC hadir membawa peradaban Islam yang baru, layaknya mentari pagi yang memberikan kehangatan dan juga cahaya setelah kegelapan hadir.

Bentuk bangunan JIC merupakan manifestasi dari sifat-sifat keperkasaan (Al-Jabbaru), Kemegahan (Al-Mutakabbiru), sekaligus kelembutan dan keindahan (Al-Lathief). Hal ini diharapkan dapat menghapus stigma lama lokasi dengan filosofi bangunan yang bersifat monumental yang kontras dengan lingkungan sekitar, berbobot syiar yang tinggi serta ramah dan mengundang umat untuk beribadah.

Arsitektur kaya akan nuansa Betawi yang identik dengan nuansa Islam dan memiliki menara tinggi 114 meter yang mengandung arti jumlah surat dalam Al-Quran.

2. Wisata Ibadah Nasrani di Gereja Tugu

Gereja Tugu terletak di Kampung Tugu, Jakarta Utara. Kampung Tugu diyakini sebagai kampung tertua di Jakarta ini terletak di sisi Timur Kota Jakarta, yakni Jalan Cakung Cilincing, Jakarta Utara. Tradisi bangsa Portugis sangat terasa jika kita mengunjungi kawasan Kampung Tugu. Hal ini tentu tidak terlepas dengan asal muasal penduduk asli Kampung Tugu yang memang merupakan orang asli bangsa Portugis.

Di Kampung Tugu, perayaan Natal dan Tahun Baru sangat terasa kekhasan bangsa Portugis, yang dapat dijumpai dalam tradisi pesta panen, mandi-mandi ataupun tradisi rabo-rabo dengan penyajian iringan musik keroncong hingga tercipta istilah “Keroncong Tugu” sebagai salah satu varian musik keroncong yang dimainkan oleh orang-orang Kampung Tugu.

3. Wisata Sembahyang di Vihara Bahtera Bakti

Vihara Bahtera Bhakti terletak di ujung timur Jl. Pantai Sanur 5 Ancol, yang biasa disebut Klenteng Da Bo Gong. Terdapat keunikan dari vihara ini, yaitu merekam jejak masuknya Islam ke Nusantara, khususnya Pulau Jawa.

Alkisah menurut tutur turun-temurun, seorang juru masak kapal Panglima Cheng Ho yang merapat ke daratan Kota Paris (nama legenda tepian sungai Ancol) itu bernama Sampo Soei Soe, seorang muslim. Sampo Soei Soe pun bertemu seorang wanita bernama Siti Wati, putri seorang pendakwah Islam dan ia diterima dengan terbuka oleh keluarga Siti Wati. Mereka pun menikah dan bertukar adat istiadat kebiasaan, tidak terasa akulturasi budaya terjadi.

Suatu ketika orang-orang Tiongkok datang dengan maksud untuk bertemu Sampo Soei Soe. Namun, mereka mendapati bahwa orang yang dicari telah tiada. Kemudian, mereka mendirikan sebuah tempat pemujaan untuk mengenang Sampo Soei Soe yang kemudian berkembang menjadi klenteng.

4. Wisata Ziarah di Ereveld Ancol

Di Ereveld Ancol ini bukan hanya pejuang-pejuang Belanda yang dimakamkan, tapi pejuang-pejuang Indonesia yang pada waktu itu berjuang turut juga dimakamkan di sini. Makam yang ada di tempat ini tersusun rapi dengan kondisi bersih lengkap dengan hamparan permadani rumput hijau yang terawat.

Bukan yang beragama Kristian saja, terdapat juga pemeluk Muslim di tempat tersebut. Hal ini terlihat dari bentuk nisan, yaitu untuk yang beragama Kristian berbentuk Salib dan untuk Muslim berbentuk Kubah.

Memasuki area pekuburan tua ini, di tengah-tengah sisi sebelah kanan akan terlihat sebuah batang pohon tua yang sudah diawetkan dan terawat, dengan tertulis prasasti: Hemelboom “They shall not grow old as we that are left grow old, Age shall not weary them nor the years condemn, At the going down of the sun and in the morning, we shall remember them, we shall remember them” (Antjol, 1942-1945).

Sekian informasi terkait dengan Menjelajahi Destinasi Religi di Jakarta, semoga artikel kali ini membantu Anda. Mohon artikel wisata religi di DKI Jakarta ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan