Menjadi Pendidik yang Kritis dalam Berfikir dan Bersikap

Topik kita sekarang yaitu menjadi pendidik yang kritis dalam berfikir dan bersikap. Menjadi seorang pendidik tidaklah mudah. Pendidik adalah pemegang amanah terbesar bahkan jika dibandingkan dengan amanah pemimpin. Pemimpin adalah bagian dari hasil didikan seorang pendidik.

Menjadi Pendidik yang Kritis

Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh seorang pendidik ideal. Persiapan materi dan bahan ajar tentunya. Tetapi ada yang lebih penting dipersiapkan yaitu karakter yang siap menerima apa pun keadaan siswa yang akan di didik.

Menjadi Pendidik yang Kritis

Menjadi pendidik adalah pekerjaan mulia karena selain mengajarkan ilmu pendidik pula lah tiang penting dalam menciptakan karakter anak didik. Penting kiranya seorang pendidik memahami berbagai cara penting dan mengkritisi berbagai keadaan pendidikan saat ini.

Seorang pendidik atau guru adalah bagian dari peradaban yang tidak dapat dipisahkan dari gejolak perkembangan zaman. Kecanggihan dan pengaruh berbagai teknologi yang sangat merajalela tentunya mengharuskan setiap pendidik menjadi seorang pendidik yang kritis.

Kritis menjadi suatu kata yang dapat diartikan dua sisi. Di suatu sisi kritis menjadi sebuah momok yang menakutkan namun di sisi yang berbeda sikap kritis menjadi sebuah evaluasi guna meningkatkan suatu kualitas dalam berbagai hal. Kritis tidak selalu dikaitkan untuk berusaha menemukan kesalaha dan kekeliruan tetapi kritis yang dapat membangun. Membangun yang dimaksud tentunya setelah melakukan suatu penganalisisan yang matang dan tajam.

Pentingnya Sikap Kritis Seorang Pendidik

Sebagai seorang pendidik tentunya proses kritis sangatlah penting. Jika semua pendidik menjadi seorang yang kritis tentunya akan tercipta suatu pembaharuan dalam menciptakan gaya belajar yang menyenangkan maupun menjadi sumber teladan dalam proses belajar.

Kenapa demikian? Karena semakin banyak orang yang mengkritisi maka akan ada keinginan untuk terus memperbaiki maupun menciptakan konsep belajar yang ideal dan menyenangkan. Di sisi lain keadaan lingkungan yang kritis menentukan berhasil atau tidaknya suatu usaha yang diberikan. Terlebih lagi di era digital dan segala teknologi yang canggih ini jika seorang pendidik tidak kritis dan tanggap maka pendidik dapat menjadi seorang yang tidak menyenangkan.

Jika tidak menyenangkan maka siswa akan mencari sesuatu yang menyenangkan dari teknologi yang ia miliki. Sementara itu tidak dapat dipungkiri bahwa segala yang berbaur pada teknologi belum tentu dapat dikonsumsi oleh semua siswa.

Pendidik harus menyadari tentang penting untuk menghidupkan sikap kritis. Kritis dalam mempelajari suatu hal baru hingga kritis dalam menyikapi sikap anak. Sebagai contoh, anak yang tidak pernah masuk kelas padahal berangkat ke sekolah dari rumah belum tentu kesalahan yang ia lakukan. Kesalahan itu bisa berasal dari semua orang terdekatnya. Kesalahan bisa berasal dari keluarga dan juga dari pendidik.

Evaluasi Seorang Pendidik

Pendidik harus evaluasi secara kritis, mengapa anak tersebut malas untuk masuk kelas. Bisa dikatakan ketika suatu akibat itu muncul karena ada sebab. Kritislah dalam menganalisis, seperti apakah anak tersebut tidak masuk karena tidak tertarik dengan pelajarannya, gurunya, gaya pengajarannya, atau memang lebih senang bergaul dengan teman-temannya di luar sekolah. Tentu saja analisis itu dapat dikritisi sampai hal terkecil yang menjadi penyebabnya.

Seorang pendidik harus paham dengan perilaku dan kebiasaan setiap siswanya. Tidak hanya bisa mengoreksi anak didiknya tapi juga kritis dalam mengoreksi diri dan cara mengajarnya. Jika seorang anak memang tidak tertarik masuk kelas karena cara mengajar pendidiknya yang tidak menyengkan maka seorang pendidik haruslah kritis dalam hal menciptakan cara belajar dan pola pendekatan pada anak tersebut.

Pendekatan pada siswa yang demikian juga haruslah dengan cara yang kritis. Pendekatan yang tidak membuat dirinya tersudut melainkan menemukan jalan keluar bersama yaug dapat membangun diri satu sama lain. Seorang pendidik bukanlah orang yang sempurna karena juga berasal dari ketidaktahuan, tetapi seorang pembelajar juga bukanlah seorang yang papa sehingga pendidik juga dapat kritis untuk mengambil berbagai ilmu untuk dipelajari dari anak didiknya.

Apabila semua pendidik menjadi seseorang yang kritis dalam hal apa pun tentunya tidak akan ada masalah karakter yang tidak baik dalam diri anak didik. Tidak akan ada pertumpahan darah maupun sikap yang tidak pada tempatnya. Maka, jadilah kritis untuk membangkitkan diri bukan menjatuhkan orang lain.

Sekian info mengenai menjadi pendidik yang kritis dalam berfikir dan bersikap, kami harap artikel ini berguna buat Anda. Kami berharap post ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Ilmu Parenting

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan