Menikmati Kelezatan Rujak Juhi yang Mulai Terlupakan

Di artikel ini kami akan bahas perihal Menikmati Kelezatan Rujak Juhi yang Mulai Terlupakan. Betawi merupakan suku asli di tanah Jakarta dengan perpaduan ragam budaya serta kekhasannya yang unik. Keunikan tersebut salah satunya berada pada kulinernya, yaitu Rujak Juhi.

Menikmati Kelezatan Rujak Juhi

Menikmati Kelezatan Rujak Juhi yang Mulai Terlupakan

Makanan ini menawarkan rasa yang gurih dibalut dengan bumbu kacang yang segar. Rujak Juhi merupakan makanan khas Betawi yang terinspirasi dari kuliner Tiongkok. Terdiri atas sotong kering, selada, mi telur, kentang goreng, dan saus kacang. Dalam sekali suap, akan didapati perpaduan asin dan pedas dengan renyah dan segarnya selada.

Rujak juhi menggunakan juhi sebagai bahan utamanya yang merupakan cumi-cumi yang telah melalui proses fermentasi dan dikeringkan. Nama juhi sendiri diberikan oleh orang-orang Tiongkok yang sangat menyukai jenis olahan ini.

Biasanya, orang Cina dan Jepang mengonsumsi juhi yang dipanggang dan rasanya tawar. Dahulu masyarakat Cina menyukai rujak juhi, kata juhi berasal dari bahasa Cina. Kemudian tradisi itu turun menurun menular dan disukai oleh orang-orang Batavia kala itu.

Bahan dan Penyajian Rujak Juhi

Rujak juhi menggunakan bahan-bahan yang sehat serta alami, seperti kol, kentang, selada, dan timun menjadi bahan pelengkap makanan ini. Saus atau bumbu yang digunakan pada sajian ini tidak menggunakan gula jawa dan cabai, melainkan saus kacang yang segar.

Untuk penyajiannya, bahan-bahan rujak juhi yang di dalamnya juga terdapat mi basah, ditempatkan dalam satu piring. Sebelum juhi ditaburkan, racikan itu diguyur bumbu kacang ditambah sambal cabai cair dan kucuran jeruk limo.

Setelah semuanya lengkap di piring, suwiran halus juhi ditaburkan ke permukaan bahan rujak. Tidak ketinggalan kerupuk mie kuning diremas dan ditaburkan ke atas rujak. Pemberian juhi dan kerupuk memberi sensasi kenyal garing pada rujak.

Penggunaan sotong pada makanan ini, tentu berbeda dengan cumi yang sering disandingkan dengan hewan laut ini. Sotong mempunyai banyak kesamaan dengan cumi-cumi. Mulai dari bentuk tubuh, jumlah lengan dan tentakel, letak ekor, cara bergerak serta makan.

Perbedaan kedua hewan ini terletak pada kemampuan khusus dan bentuk cangkangnya. Sotong tidak hanya bisa mengubah warna kulit. Ia juga bisa mengubah tekstur kulitnya. Tubuh sotong berbentuk memanjang dan agak pipih yang memiliki 10 buah tentakel.

Kandungan Gizi dalam Rujak Juhi

Ada banyak asupan gizi dalam semangkuk rujak juhi, seperti dalam sotong terdapat kandungan protein dan mineral. Selain itu, bahan-bahan lainnya seperti kentang. selada. ko1 terkandung di dalamnya berupa protein, karbohldrat, lemak, kalsium, fosfor vitamin A, vitamin B1 vitamin C, dan lainnya. Sehingga, keanekaragaman akan makanan tradisional ini, bukan hanya memberikan kelezatan pada lidah, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Salah satu penjual rujak juhi berada di seputaran Jembatan Dua hingga ke Jalan Toko Tiga Sebrang di Pancoran Glodok. Sejak 1948 hingga kini, Kwe Tjang setia berjualan dengan gerobak yang didorongnya.

Sejarah Rujak Juhi

Inspirasi menjual rujak juhi berasal dari kebiasaan orang Jepang di tahun 1940-an suka makan juhi panggang menggunakan cuka. Kemudian ia mencoba membuat inovasi dengan menggunakan bumbu kacang, ditambah kentang dan timun. Eksperimennya tersebut membuahkan hasil, saat orang lain diminta untuk mencoba, dirasakan oleh mereka sajian tersebut lezat.

Gerobak tua bertuliskan Rujak Juhi Asli Kwe Tjang itu berjejer di pinggir Kali Pancoran persis di sebelah gerobak pedagang martabak manis dan asin. Meski sangat sederhana, di setiap sore hari kala warga pulang kerja, antrean mengular akan terlihat memadati gerobaknya yang kebanyakan dari mereka menikmati olahan dari tangan terampil Kwe untuk dimakan di rumah.

Demikian informasi terkait dengan Menikmati Kelezatan Rujak Juhi yang Mulai Terlupakan, semoga postingan kali ini berguna untuk Anda. Mohon artikel wisata kuliner Betawi Jakarta ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Aplikasi Penghasil Uang Investasi Online Jualan Online Sumber Lain

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Agrobisnis
Mengenal Agrobisnis dan Jenis Peluang Usahanya
Bisnis Katering Makanan
Bisnis Katering Makanan untuk Mahasiswa dan Karyawan
Punya Bisnis Laundry
Punya Bisnis Laundry Sendiri dengan Prospek Cerah
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna IPTEK Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak sesuai Kebutuhan
Mengusir Tikus dan Celurut
Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda