Mengobati Radang Tenggorokan dengan Mudah dan Aman

Sekarang kami akan ulas terkait denganĀ mengobati radang tenggorokan dengan mudah dan aman. Meski penyakit radang tenggorokan termasuk penyakit sepele, namun kerap menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Tidak jarang penyakit ini diobati dengan bahan-bahan rumahan. Nenek moyang kita bahkan punya cara mengobati penyakit ini dengan resep-resep herbal yang bertahan dalam hitungan abad.

Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya merupakan istilah yang biasa digunakan orang awam uhtuk menyebut gejala sakit tenggorokan, padahal tidak semua kasus sakit tenggorokan bisa disebut radang. Radang tenggorokan biasanya lebih disebabkan karena infeksi bakteri Streptococcus atau tonsillitis, yaitu inflamasi yang disebabkan oleh infeksi virus.

Sebagian besar kasus radang tenggorokan merupakan gejala awal flu dan bisa disembuhkan dengan bahan alami dalam waktu relatif singkat. Namun beberapa lagi menunjukkan gejala yang lebih serius dan perlu penanganan medis profesional. Berikut ini kami tampilkan cara obati radang tenggorokan level ringan dan sedang menggunakan bahan-bahan alami.

Mengobati Radang Tenggorokan

Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan alami? Di bawah ini tampilkan beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Berkumur dengan air garam

Kumur-kumur dengan air hangat yang dilarutkan dengan garam dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang.

2. Minum teh lemon madu

Teh lemon dengan beberapa sendok madu juga baik untuk membantu menyamankan tenggorokan. Lemon dapat membantu memecah lendir dan air panas akan melemaskan otot tenggorokan. Sementara vitamin C dan madu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang.

3. Minum susu kunyit

Susu hangat dengan sejumput kunyit bubuk merupakan obat tradisional untuk melawan infeksi dan penyakit yang diperparah dengan lemahnya kekebalan tubuh, termasuk radang tenggorokan. Itu karena kunyit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi.

4. Minum banyak air mineral

Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan syarat untuk melawan infeksi. Karena itu pastikan kebutuhan cairan selalu tercukupi dengan air mineral. Selain itu cairan juga menjaga agar selaput lendir senantiasa lembap agar iritasi tenggorokan dan batuk tidak bertambah parah.

5. Konsumsi bawang putih mentah

Bawang putih merupakan antibiotik dan obat anti-inflamasi alami. Jadi kunyahlah sebutir untuk mendapatkan khasiatnya. Itulah cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami.

Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Sementara itu, sakit tenggorokan biasanya membuat anak kehilangan nafsu makan dan stamina. Walaupun begitu kita tidak bisa memberikan sembarang obat untuk mereka. Lalu bagaimana cara mengobati radang tenggorokan pada anak-anak secara tradisional? Berikut ini beberapa tipsnya

a. Kumur dengan larutan garam

Untuk anak-anak di atas 5 tahun, cobalah agar mereka mau berkumur dengan larutan garam. Tidak perlu terlalu pekat, larutkan saja 1/4 sendok makan garam dengan 250 ml air hangat.

b. Teh hangat dan madu

Selain itu, teh hangat dan madu. Teh encer yang masih hangat bisa menyamankan tenggorokan anak. Sementara madu akan meningkatkan sistem kekebalan mereka terhadap virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

c. Kaldi ayam kampung dan bawang putih

Kemudian, kaldu ayam kampung dan bawang putih. Sup encer yang dibuat dari kaldu ayam kampung dan bawang putih juga baik untuk radang tenggorokan. Zat besi dari ayam dan sifat anti-bakteri serta anti-inflamasi bawang putih akan membantu meredakan infeksi dan membersihkan saluran pernapasan.

Mengobati Radang Tenggorokan Akibat Influenza

Selain itu, radang tenggorokan kerap disertai batuk yang menyiksa. Entah itu batuk berdahak atau batuk kering yang membuat tenggorokan terasa semakin sakit. Keduanya merupakan gejala yang umum untuk influenza. Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan akibat influenza seperti ini? Berikut ini cara mengobati radang tenggorokan dan batuk yang disebabkan karena influenza.

1) Konsumsi bawang putih

Kunyah bawang putih di malam hari agar tenggorokan terasa lega keesokan harinya.

2) Minum air jahe

Jahe bisa membantu membunuh bakteri dan menyapu lendir yang membuat tenggorokan tidak nyaman.

3) Makan buah pisang

Pisang kaya akan vitamin, vitamin B6, kalium, dan kalsium yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab radang serta batuk.

4) Minum sesendok madu

Larutkan madu dengan air hangat atau konsumsi langsung untuk mengobati radang tenggorokan secara alami.

5) Minum jus kiwi

Kiwi kaya akan kandungan protein yang dapat menyingkirkan batuk kering akibat infeksi tenggorokan.

Mengobati Radang Tenggorokan pada Ibu Hamil

Sama seperti bayi dan anak-anah ibu hamil juga tidak bisa sembarangan meminum obat. Lebih baik jika sakit tenggorokan yang diderita oleh calon ibu dirawat dengan bahan-bahan alami yang ringan. Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan pada ibu hamil yang baik?

1. Konsumsi yogurt

Yogurt mudah dikonsumsi dan mengandung bakteri baik yang bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri jahat penyebab radang.

2. Minum jus wortel

Wortel dengan vitamin A dan vitamin C di dalamnya ampuh untuk meringankan sakit di tenggorokan.

3. Konsumsi jus pisang

Jus pisang akan membantu meredakan radang tenggorokan dan meningkatkan stamina pada ibu hamil.

4. Menghirup teh chamomile

Teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan menyejukkan tenggorokan. Selain itu aromanya juga bisa membuat ibu hamil lebih tenang. Sementara antioksidannya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara mengobati radang tenggorokan akut yang sudah parah

Menurut Dr Carol DerSarkissian, rasa sakit di tenggorokan biasanya merupakan gejala influenza dan cepat sembuh. Jika sakit tenggorokan berlangsung lama dan semakin parah, kemungkinan besar ini adalah strep throat, radang tenggorokan yang disebabkan bakteri streptococcus. Bisa juga gejala tonsillitis atau yang biasa disebut radang amandel.

Pertolongan pertama untuk sakit tenggorokan akut seperti ini adalah jahe atau kumur dengan larutan air garam. Tetapi kondisi seperti ini sebaiknya diserahkan kepada dokter agar bisa didiagnosis secara tepat dan mendapatkan pengobatan yang sesuai pula. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mengobati radang seperti ini.

Jangan coba-coba cara mengobati radang tenggorokan sendiri dengan meminum antibiotik tanpa resep dokter. Bisa saja ada risiko alergi terhadap salah satu jenis antibiotik yang tidak diketahui.

Demikian beberapa cara mengobati radang tenggorokan yang mudah dan aman serta bisa dicoba di rumah. Perlu diingat, bahan-bahan alami yang disarankan di atas hanya efektif untuk sakit tenggorokan level ringan sampai sedang.

Referensi:

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan