Mengenal Cincau China dan Cincau Rambat

Di pasaran beredar cincau china dan juga cincau rambat. Oleh karena itu, kita harus lebih mengenal cincau china dan cincau rambat agar tahu seluk beluk tentang kedua cincau itu. Cincau china disebut juga cincau minyak atau Stephania hernandiifolia (Willd).

Mengenal Cincau China dan Cincau Rambat

Mengenal Cincau China dan Cincau Rambat

Meskipun sama-sama merambat, cincau china memang beda dengan cincau rambat (Cyclea barbata Miers). Daun cincau china berbentuk jorong dengan ujung tumpul, berwarna hijau gelap dan tidak berbulu. Daun cincau rambat biasa berbentuk jantung, dengan ujung runcing, berwarna hijau terang dan permukaan daun berbulu halus.

Meskipun disebut cincau china, sebaran tumbuhan ini mulai dari Afrika, India, Indonesia sampai ke daratan China. Belum diketahui hingga kini mengapa jenis cincau ini disebut sebagai cincau minyak. Yang jelas, cincau yang berasal dari daun cincau china diklaim lebih padat dibandingkan dengan cincau rambat biasa. Selama ini, di masyarakat dikenal dua jenis cincau yaitu cincau hijau dan cincau hitam.

Cincau hijau yang berada di pasaran tidak pernah dibuat dari cincau rambat. Sebab, populasi dan produktifitas cincau jenis ini sangat rendah. Maka para produsen cincau hijau memilih jenis cincau perdu (Premna oblongifolia Merr) yang populasinya tanamannya banyak dan produktivitas daunnya tinggi.

Cincau hitam terbuat dari daun jenggelan atau Platostoma palustre (Blume) A.J.Paton yaitu terna menjalar, yang hanya hidup di dataran tinggi. Hingga sebenarnya cincau rambat biasa maupun cincau china, hanya merupakan tanaman koleksi para penggemar tanaman, bukan tanaman untuk memproduksi cincau guna dipasarkan secara komersial. Meskipun cincau rambat biasa bisa diperbanyak dari biji, akan tetapi perkecambahan bijinya relatif sulit.

Perbanyakan Cincau

Demikian pula dengan perbanyakan melalui pemecahan umbi (rimpang) yang berada dalam tanah. Cincau hijau perdu lebih mudah diperbanyak melalui steak batang dan cabang. Produktivitas daun juga cukup tinggi. Maka jenis cincau ini yang dipilih untuk dibudidayakan secara komersial guna menghasilkan cincau hijau.

Tetapi kelemahan cincau hijau perdu yaitu rasanya agak langu dan tidak seenak cincau rambat. Produksi cincau hijau berbahan baku cincau rambat, masih tidak mungkin sebab bahan bakunya tidak tersedia.

Kelemahan cincau rambat inilah yang diharapkan bisa diatasi oleh cincau china. Karena cincau china mudah diperbanyak melalui steak sulur. Meskipun sebenarnya, cincau china juga menghasilkan biji di kawasan sub tropis. Akan tetapi di Indonesia, belum diketahui apakah jenis cincau ini juga mampu berbunga dan menghasilkan buah seperti halnya cincau rambat biasa.

Meskipun tidak bisa berbuah, perbanyakan cincau rambat china lebih mudah dibandingkan dengan cincau rambat biasa. Produktivitas daunnya juga tampak lebih tinggi dari cincau rambat biasa. Sampai sekarang ini, populasi cincau china masih sangat terbatas. Harga benih tanaman ini juga masih dua kali lipat dari harga cincau rambat biasa.

Sekian informasi mengenai mengenal cincau china dan cincau rambat, semoga artikel kali ini membantu Anda. Tolong postingan ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan