Soleh Agus

Memelihara Merpati Hias Menyenangkan dan Menguntungkan

Hobi memelihara merpati hias banyak ditemukan masyarakat. Tidak terkecuali jenis merpati hias dengan keindahan maupun keunikan bentuk badan serta warna bulu. Ketika bergabung dalam komunitas sesama penggemar merpati hias seperti Indonesia Fancy Pigeon Community (IFPC) bisa banyak menambah pengalaman dan persaudaraan.

Memelihara Merpati Hias Menyenangkan dan Menguntungkan

Dengan bergabung dengan komunitas Anda selain dapat menambah pengalaman dan persaudaraan juga bisa mengikuti kontes merpati hias tingkat nasional sampai ke beberapa daerah berangkat secara rombongan. Jadwal kontes tingkat nasional biasa digelar tiga bulan sekali sampai setahun sekali dengan tempat berpindah-pindah.

Jenis merpati hias yang dibudidayakan antara lain Indian fantail (IF) lokal atau persi, rever wing, frillback dan modena. Khususnya jenis persi banyak yang senang dengan merpati yang berwarna putih, abu-abu dan cokelat.

Ciri khasnya antara lain, bagian ekor mekar seperti kipas dan yang ujungnya keriting lebih bagus. Selain itu kaki-kakinya juga berbulu, semakin lebat dan panjang semakin bagus dan mahal harganya.

Jenis rever wing antara lain mempunyai ciri, badan lebih tinggi dibandingkan jenis lain dan bulu-bulu pada kaki panjang serta lebat. Kian unik mempunyai warna bulu berbeda dari leher sampai dekat sayap serta di bagian kepala dan biasa disebut marking.

Sedangkan merpati hias modena yang awalnya juga berasal dari luar negeri termasuk merpati kecil dengan ukuran panjang badan kisaran 25 cm, namun tampak buntek dan biasa bergaya anggun.

Dengan memelihara merpati hias ini tidak hanya untuk hobi untuk klangenan yang menyenangkan untuk dilihat saja tetapi juga untuk dijual ke pehobi merpati hias. Penjualan merpati hias ini juga relatif mudah.

Ketika dipasarkan lewat internet banyak yang ingin membeli. Belum lagi teman-teman sesama komunitas merpati hias maupun orang lain secara gethok tular.

Baca juga : Menangkarkan Derkuku Kelas Lomba

Sekian info terkait denganĀ memelihara merpati hias menyenangkan dan menguntungkan, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk sahabat semua. Kami berharap artikel ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Exit mobile version