Melatih Kecakapan Emosi Diri

Topik kita kali ini adalah melatih kecakapan emosi diri. Alkisah, di Jepang ada seorang Samurai yang sangat suka bertarung dan menantang siapapun untuk menguji kemampuannya dalam bertarung.

melatih kecakapan emosi diri

Melatih Kecakapan Emosi

Pada suatu kesempatan samurai ini menantang seorang guru yaitu Guru Zen untuk menjelaskan kepadanya konsep surga dan neraka. Namun, Sang Guru menjawab dengan nada merendahkan, “Kau hanyalah orang bodoh yang tidak ada apa-apanya, aku tidak mau menyia-nyiakan waktuku hanya untuk orang seperti dirimu”.

Merasa harga dirinya direndahkan, Samurai itu naik pitam. Sambil menghunus pedangnya, ia berteriak, “Aku dapat membunuhmu karena kekurangajaranmu”. Sang Guru itu menjawab dengan sangat tenang, “Nah, Itulah Neraka”.

Takjub melihat kebenaran yang ditunjukkan oleh sang guru, amarah yang menguasai diri samurai tersebut menjadi tenang, kemudian dia menyarungkan pedangnya dan membungkuk sambil mengucapkan terima kasih pada Guru Zen atas penjelasannya. Kemudian sang Guru Zen berkata, “Itulah surga”.

Sahabat yang kreatif dan inovatif, ternyata salah satu kekuatan seseorang adalah kemampuannya dalam menguasai dirinya. Kelemahan diri yang belakangan itu banyak disampaikan dalam status pribadi di media sosial dengan kemarahan, frustasi dan mencak-mencak (omelan yang tidak berguna) menunjukkan tingkat kerapuhan pribadi seseorang.

Seorang Pemuda yang bisa menguasai kondisi ini akan terlihat dari ketenangannya mensikapi sesuatu. Ketenangan dapat memberikan energi baru yang membawa dampak positif ketika mengikuti ujian, tampil dalam satu kegiatan, presentasi dan negosiasi yang lancar dan sukses.

Seandainya para Pemuda (generasi muda) menyadari bahwa apa yang mereka sampaikan akan berdampak positif / negatif pada karir mereka di masa mendatang. Saat ini banyak perusahaan yang melihat kecerdasan emosi seorang calon pelamar lewat akun media sosial yang mereka miliki.

Update status yang mereka lakukan dalam seminggu cukup menunjukkan siapa mereka. Menahan diri dengan berempati dan berpikir logis serta memiliki kemampuan memotivasi diri adalah salah satu cara menguasai diri.

Kemampuan Motivasi

Menurut Goleman, ada empat kemampuan motivasi yang umumnya dimiliki oleh para Pemuda, yaitu :

Pertama dorongan berprestasi yaitu dorongan untuk meningkatkan standar keunggulan. Pemuda dengan kecakapan ini biasanya berorientasi pada hasil, dengan semangat juang tinggi untuk meraih tujuan. Mereka dapat menetapkan sasaran yang menantang dan berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan.

Kemampuan dalam mencari informasi sebanyak­banyaknya guna mengurangi ketidakpastian dan mencari cara yang lebih baik dan terus belajar untuk meningkatkan prestasi mereka akan membuat Pemuda ini memiliki dorongan kuat menghasilkan prestasi yang tinggi.

Kedua mempunyai Komitmen yaitu yang dapat menyelaraskan diri dengan tujuan organisasi. Pemuda dengan kecakapan ini akan siap berkorban dan merasakan dorongan semangat dalam misi yang besar. Dapat menggunakan nilai-nilai berorganisasi dalam memilih keputusan dan aktif dalam mencari peluang.

Ketiga memiliki Inisiatif kesiapan untuk memanfaatkan kesempatan yang datang padanya. Pemuda dengan kecakapan ini memiliki kemampuan siap memanfaatkan peluang yang datang. Mengejar sasaran lebih dari yang diharapkan dari mereka. Berani melanggar batas-batas yang tidak prinsip agar dapat melaksanakan tugas dan bisa mengajak orang lain melakukan sesuatu yang bernuansa petualangan.

Keempat punya rasa optimisme. Seorang pemuda dengan kecakapan ini tekun dalam mengejar sasaran kendati banyak halangan dan kegagalan. Berusaha dengan harapan untuk sukses dimasa depan, tidak takut gagal dan memandang kegagalan atau kemunduran sebagai situasi yang dapat dikendalikan dan tidak menganggap kegagalan sebagai kekurangan pribadi.

Sahabat yang kreatif dan inovatif, kecakapan emosi yang dimiliki para Pemuda akan menjadikan mereka sebagai pribadi kuat yang selalu memiliki energi positif dalam beraktivitas.

Demikian motivasi diri tentang melatih kecakapan emosi diri. Sehat, bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua.

Referensi :

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan