Masjid Tertua di Dunia Sepanjang Sejarah Islam

Apakah kalian tahu ada beberapa masjid yang dinobatkan sebagai masjid tertua di dunia? Masjid apa sajakah itu? Simak artikel tentang wisata religi (masjid) / sejarah di Dunia ini hingga selesai.

Masjid Tertua di Dunia

Fungsi Masjid

Masjid merupakan rumah tempat ibadahnya umat Islam atau orang Muslim. Dari segi arti masjid atau mesjid artinya tempat sujud. Selain masjid masih ada nama lain dari tempat ibadahnya umat Islam khususnya di Indonesia yaitu musholla, langgar atau surau.

Sebenarnya istilah tersebut ada hanya karena ukuran bangunan dan sekelilingnya serta penggunaannya. Untuk penyebutan masjid karena kita gunakan untuk Shalat Jum’at. Sedangkan mushollah, langgar atau surau tidak kita gunakan untuk shalat Jum’at dan umumnya berukuran kecil.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an pelaksanaannya sering di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Masjid Tertua di Dunia

Ada beberapa masjid yang dibuat di masa lampau dan masih ada sampai sekarang. Berikut di antara masjid tertua di dunia yaitu :

1. Masjid Quba di Arab Saudi

Pembangunan Masjid Quba (Quba Mosque) terjadi pada tahun 622 M dan menjadi masjid tertua di dunia. Konon batu pertamanya diposisikan oleh Nabi Muhammad ﷺ, saat beliau hijrah dari Mekah ke Madinah. Masjid Quba berada di lingkungan terpencil Madinah, Arab Saudi.

2. Al Masjid al-Nabawi di Arab Saudi

Al-Masjid al-Nabawi terletak di kota Madinah, Arab Saudi dengan nama lain masjid nabi. Pembangunan masjid ini terjadi pada tahun 622 M. Masjid Nabawi (Nabawi Mosque) merupakan tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad ﷺ.

Umat Islam menganggap masjid ini jadi tempat paling suci kedua. Tempat suci yang pertama adalah Masjid al-Haram di Mekah. Masjid ini berada di bawah kendali penjaga dua masjid suci.

3. Masjid al-Qiblatain di Arab Saudi

Masjid al-Qiblatain (Qiblatain Mosque) artinya masjid dua kiblat. Pembangunan masjid ini terjadi pada tahun 623 M dan jadi salah satu masjid terkenal di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini mula-mula terkenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena pembangunan masjid berada di bekas rumah Bani Salamah.

Masjid ini secara historis penting bagi umat Islam. Karena masjid ini merupakan tempat Nabi Muhammad ﷺ Allah perintahkan untuk mengubah arah shalat (kiblat) dari Yerusalem ke Mekah. Letaknya di tepi jalan menuju kampus Universitas Madinah di dekat istana raja ke jurusan Wadi Aqiq. Atau di atas sebuah bukit kecil di utara Harrah Wabrah, Madinah.

4. Masjid Al-Zaytun di Tunisia

Masjid al-Zaytuna (Al-Zaytuna Mosque) atau ez-Zitouna atau Ezzitouna. Pembangunan masjid ini terjadi pada tahun 709 M. Dan merupakan masjid besar di Tunis, Tunisia, dekat pantai utara Afrika.

5. Masjid Jawatha di Arab Saudi

Jawatha Mosque (atau salah eja al-Jawana) terletak di Desa al-Kilabiyah, sekitar 12 km timur laut Hofuf, al-Ahsa, Arab Saudi. Pembangunan Masjid Jawatha (Jawatha Mosque) terjadi pada tahun 629 M. Masjid Jawatha ini merupakan masjid pertama di Arabia timur dan sebagian besar struktur asli di reruntuhan.

6. Masjid al-Haram di Arab Saudi

Pembangunan Masjid al-Haram (Al-Haram Mosque) terjadi pada tahun 638 M. Masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini terletak di kota Mekah, Arab Saudi, dan mengelilingi Kakbah. Nama lain Masjidil Haram yaitu masjid agung.

7. Masjid Agung Kufa di Irak

Pembangunan Masjid Agung Kufah atau masjid al-Kufah atau masjid-al-Azam terjadi pada tahun 639 M. Masjid Agung Kufa (Great Mosque of Kufa) terletak di Kufah; Irak. Salah satu masjid paling awal dalam Islam. Sekarang, masjid ini memiliki areal seluas 11 ribu m2.

8. Masjid Uqba di Tunisia

Masjid Uqba atau Masjid Agung Kairouan merupakan salah satu masjid terpenting di Tunisia yang terletak di kota warisan dunia UNESCO, Kairouan. Pembangunan Masjid Uqba (Mosque of Uqba) terjadi pada tahun 670 M.

9. Masjid Imam Hussain di Irak

Masjid Imam Hussain (Imam Hussain Mosque) merupakan salah satu masjid tertua. Selain itu masjid ini juga merupakan salah satu tempat suci Syiah Islam di kota Karbala, Irak. Lokasi pendirian masjid ini berada di lokasi makam Husain bin Ali, cucu kedua Nabi Muhammad ﷺ.

Dan dekat dengan tempat di mana ia terbunuh saat Pertempuran Karbala (680 Masehi). Makam Husain bin Ali adalah salah satu tempat paling suci untuk Syiah di luar Mekah dan Madinah.

10. Masjid Al-Aqsa di Palestina

Masjid Al-Aqsa adalah salah satu tempat suci agama Islam dan menjadi bagian dari kompleks bangunan suci di Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur). Pembangunan Masjid Al-Aqsa (Al-Aqsa Mosque) terjadi pada tahun 705 M. Kompleks masjid ini termasuk Kubah Batu, yang umat Islam kenal dengan sebutan Al-Haram Asy-Syarif atau tanah suci yang mulia.

Umat Yahudi dan Kristen mengenal tempat ini dengan sebutan Bait Suci. Tempat suci yang umumnya umat Yahudi percayai (menurut agama Yahudi) merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua pernah berdiri.

Masjid Al-Aqsa merupakan tempat suci ketiga oleh umat Islam. Umat muslim percaya bahwa Nabi Muhammad ﷺ diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini. Di mana sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra Mikraj.

Baca juga : Taman Nasional paling Cantik di Dunia

Demikian info seputar masjid tertua di dunia sepanjang sejarah islam, semoga postingan ini bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Tolong post bangunan paling ini kalian viralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi : Super Wisata

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan