Kuil Terindah di Dunia yang Perlu Diketahui

Tahukah Anda bila ada beberapa kuil indah yang ada di Dunia! Mau tahu apa saja kuil terindah di dunia? Simak artikel tentang wisata religi / sejarah di Dunia ini hingga selesai.

Kuil Terindah di Dunia

Kuil Terindah di Dunia

Kuil adalah bangunan tempat memuja atau menyembah para dewa. Kata kuil merupakan serapan dari bahasa tamil yaitu koil. Kuil ini digunakan untuk aktivitas keagamaan atau spiritual seperti berdoa dan lain-lain.

Kuil yang ada di dunia saat ini seperti:

  • Kuil Hindu atau tempat suci umat Hindu,
  • Kuil Bulguk
  • Kuil Buddha
  • Kuil Yunani
  • dll

Ada beberapa kuil di dunia yang memiliki bangunan terindah dan termegah. Berikut daftar kuil terindah di dunia yang bisa jadi tempat wisata untuk menambah wawasan.

a. Candi Prambanan di Indonesia

Kompleks candi Hindu terbesar di Jawa Tengah, Indonesia, ini terletak sekitar 18 km sebelah timur kota Yogyakarta. Candi setinggi 47 m ini menjadi situs warisan dunia UNESCO dan salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Arsitekturnya yang tinggi dan runcing menunjukkan arsitektur khas candi Hindu.

b. Kuil Taktshang di Bhutan

Kuil terindah dan paling terkenal di Bhutan. Bisa jadi salah satunya karena keunikan lokasi kuil ini yang berada di bibir jurang setinggi 3.120 m, sebagian berada di 700 m di atas lembah Paro, dan 10 km dari kota Kabupaten Paro.

Biara ini memiliki tujuh candi yang dapat wisatawan kunjungi. Salah satu cara mencapai biara ini adalah dengan mendaki bukit karang.

c. Candi Buddha Wat Rong Khun di Thailand

Perancang candi ini adalah Chalermchai Kositpipat. Wat Rong Khun berbeda dari candi lain di Thailand. Karena kuil terindah ini dirancang dengan warna putih dan di beberapa bagiannya menggunakan kaca berwarna putih.

Warna putih melambangkan kesucian Buddha dan kaca berwarna putih melambangkan kebijaksanaan Sang Buddha yang menyinari seluruh muka bumi dan segala isinya.

d. Pagoda Shwedagon (Golden Pagoda) di Myanmar

Berada di Yangon, Myanmar. Stupa setinggi 98 m ini disepuh dengan warna keemasan. Candi yang terletak di barat Danau Kandawgyi, Singuttara Hill, tampak mencolok di kaki langit kota.

e. Chion’in Bait di Higashiyama-ku di Kyoto, Jepang

Pendiri dari pusat dari Jodo Shu (Tanah Murni Sect) ini adalah Honen (1133 – 1212). Di ruang Chion yang sangat luas, Honen menyampaikan ajarannya sampai akhir hayatnya.

f. Angkor Wat (Angkor Vat) di Kamboja

Pembangunan candi ini adalah untuk Raja Suryavarman II yang terjadi di awal abad ke-12. Candi ini terletak di kompleks Angkor, Kampuchea. Raja Suryavarman II menjadikan candi ini sebagai pusat pemerintahan dan ibu kota. Candi ini menjadi pusat agama Hindu sejak pertama kali pendiriannya.

Candi yang dibangun dengan gaya klasik arsitektur Khmer ini didedikasikan untuk Wishnu, Sang Buddha. Bangunan candi ini menjadi simbol Kampuchea karena gambar candi tertera pada bendera kebangsaan Kampuchea. Angkor Wat menjadi salah satu daya tarik turis untuk berkunjung ke negara ini.

g. Sri Ranganathaswamy Temple (Srirangam) di India

Candi yang menempati area seluas 631.000 m2 ini menjadi salah satu candi terbesar di India dan salah satu kompleks keagamaan terbesar di dunia. Candi ini tertutup oleh tujuh dinding setinggi 9.934 m atau lebih dari 9,66 km.

Dinding-dinding ini tertutup 21 gopurams (menara). Penyebutan Hall of 1000 pilars karena banyak pilar di dalamnya (meski sebenarnya hanya 953 pilar).

h. Sri Harmandir Sahib (Darbar Sahib)

Nama lain dari kuil ini yaitu The Golden Temple atau Bait Allah. Di sinilah tempat ibadah terpenting dari kaum Sikh dan salah satu kuil tertua Sikh gurdwaras. Kuil terindah ini terletak di kota Amritsar. Dan pendirinya adalah Guru Ram Das atau “Guru Di Nagri”. Di mana artinya adalah kota Guru sikh.

i. Temple of Heaven

Secara harfiah berarti altar surga adalah sebuah kompleks bangunan Tao yang terletak di tenggara kota Beijing, Kabupaten Xuanwu. Setiap tahun Kaisar Ming dan kaisar dari Dinasti Qing mengunjungi kompleks candi ini untuk mengikuti upacara syukur atas panen yang baik.

Banyak pengunjung yang menganggap candi ini sebagai candi Tao. Meskipun yang datang ke sini bukan hanya pemeluk agama Tao, terutama raja-raja yang memerintah sebelum Taoisme masuk.

Baca juga : Tempat Wisata Eksotis di Indonesia

Demikian info perihal kuil terindah di dunia yang perlu kita ketahui, semoga post ini mencerahkan Anda. Kami berharap postingan objek wisata sejarah ini kalian sebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Super Wisata

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan