Kota Berdinding Menakjubkan di Dunia

Tahukah Anda bila ada beberapa kota berdinding menakjubkan di dunia! Mau tahu apa saja kota-kota tersebut? Simak artikel tentang wisata kota dan sejarah di dunia ini hingga selesai.

Kota Berdinding Menakjubkan

Kota Berdinding Menakjubkan

Ada beberapa kota yang memiliki dinding menakjubkan di muka bumi ini. Berikut beberapa kota dengan dinding yang menakjubkan di dunia yaitu :

1. Itchan Kala

Kota tua bertembok di Khiva, Uzbekistan ini memiliki banyak monumen bersejarah dan rumah-rumah tua yang berasal dari abad ke-18 atau ke-19. Fitur paling spektakuler di Itchan Kala adalah dinding bata dengan empat gerbang di tiap sisi benteng persegi. Tembok kota ini hancur beberapa kali, tetapi selalu dibangun kembali.

2. Avila

Kota abad pertengahan yang terletak di Spanyol barat ini dibangun di puncak bukit datar berbatu, yang seakan-akan muncul di tengah padang gurun. Avila memiliki tembok kota megah yang terawat dan mengelilingi seluruh kota tua.

Benteng ini memiliki sembilan pintu gerbang dan 88 menara yang di atasnya terdapat sarang bangau. Pembangunan tembok kota ini terjadi pada abad ke-11 dan ke-12.

3. Toledo

Toledo menjadi Ibu kota kekaisaran Spanyol sampai pertengahan 1500-an saat istana pindah ke Madrid. Sungai Tajo mengelilingi kota ini di tiga sisi pertengahan di sisi keempat.

4. Carcassone

Salah satu kota bertembok paling sempurna dari warisan dunia dan kota bertembok terbesar di Eropa. Benteng ini terdiri atas dua dinding luar dan menara. Bangunan tembok benteng yang termasuk UNESCO World Heritage Site ini merupakan bangunan di abad ke-11 – ke-13.

Pembangunan satu bagian kota ini terjadi pada zaman Romawi. Pembuatannya juga berbeda dari dinding abad pertengahan. Yaitu dengan lapisan bata merah dan atap ubin terakota.

Salah satu menara menjadi pusat agama Katolik di abad ke-13 dan masih orang Katolik kenal sebagai The Tower Inquitition. Salah satu bagian dari film ‘Robin Hood: Prince of Thieves’ (1991) diambil di sekitar Carcassone.

5. Obidos

Kota berdinding menakjubkan ini terletak di sebuah bukit dan dikelilingi tembok yang kokoh. Pada abad ke-8 orang Moor mendirikan benteng di atas bukit yang mereka ambil dari raja pertama Portugal, Afonso Henriques, tahun 1148. Abad ke-14 terjadi renovasi pada benteng Obidos dan dinding desa itu.

Dinding ini terbuat dari batu kapur lokal dan marmer. Desa itu juga diperbesar dan permukiman dibuat di luar tembok kota. Benteng besar ini menjadi daya tarik wisata populer di Portugal.

6. Xi’an

Xi’an merupakan salah satu kota tertua di Cina dengan sejarah lebih dari 3.100 tahun. Selama 1.000 tahun Xi’an jadi ibu kota dari 13 dinasti dan 73 kaisar. Xi’an sebagai ujung timur Jalan Sutra dan kembali ke Terracotta Army. Sebuah tembok kota yang terawat dan dibangun kembali pada abad ke-14 selama Dinasti Ming awal.

7. York

York didirikan tahun 71 Masehi oleh bangsa Romawi sebagai Eboracum (benteng dan kota). Setelah bangsa Anglia pindah ke York, kota ini bernama Eoferwic dan jadi pusat Kerajaan Northumbria. Tahun 866 Northumbria berada di tengah-tengah konflik internal Viking yang menyerbu dan menguasai York.

Saat Viking berkuasa, kota ini menjadi pelabuhan sungai utama, bagian dari rute perdagangan yang luas di seluruh Eropa utara. Kota York ini merupakan ibu kota historis Yorkshire.

8. Dubrovnik

Kota bertembok di pantai Laut Adriatik, selatan Kroasia, ini mendapat julukan Mutiara dari Adriatik. Dubrovnik menjadi salah satu tujuan wisata paling menonjol di Mediterania. Pembangunan dinding selama abad ke-12 – ke-17 ini mengelilingi kota tua yang terawat sampai sekarang.

9. Harar

Kota berdinding menakjubkan dan bertembok kuno ini berada di Etiopia timur. Selama berabad-abad, Harar menjadi pusat perdagangan utama antara Afrika dan Arab. Harar memiliki 82 masjid, tiga di antaranya berasal dari abad ke-10, dan 102 kuil ini merupakan kota terpenting bagi umat Islam.

Harar adalah bagian dari Kesultanan Adal, negara muslim abad pertengahan yang terletak di Tanduk Afrika. Pada abad ke-16 ada dinding yang mengelilingi kota ini termasuk lima gerbang. Dinding bernama Jugol ini masih utuh dan menjadi simbol kota.

10. Taroudant

Salah satu kota di Maroko yang menarik dan autentik di jantung lembah Souss dengan dinding kota yang terawat. Taroudant sering orang sebut sebagai Nenek dari Marrakech. Karena merupakan miniatur kota yang menyerupai kota sekitarnya. Pembangunan dinding ini terjadi pada abad ke-16 di bawah dinasti Saadi.

11. Pingyao

Kota kecil ini terkenal di Cina dengan dinding kotanya yang kuno dan terawat. Dinding megah yang meliputi enam pintu utama dan 72 menara pengawas mengelilingi sebuah kota tua dengan arsitektur yang sedikit berubah selama 300 tahun terakhir.

Tahun 2004 sebagian dari dinding selatan runtuh, tetapi direkonstruksi ulang. Sisa tembok kota sebagian besar masih utuh dan Pingyao menjadi salah satu kota bertembok terbaik sebagai warisan dunia.

12. Yerusalem

Kota suci untuk tiga agama, yaitu :

  • Yahudi,
  • Kristen, dan
  • Islam.

Yerusalem menjadi ibu kota modern negara Israel dan kota terbesar. Kota berdinding Yerusalem, sampai akhir abad ke-19 membentuk seluruh kota, yang sekarang bernama Kota Tua.

Tempat ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu :

  • The Quarters Armenia,
  • Kristen,
  • Yahudi, dan
  • Muslim.

Ada dinding yang mengelilingi Yerusalem untuk pertahanan sejak zaman kuno. Abad ke-16, pada masa pemerintahan imperium Utsmani, pihak pemerintah Utsmani memutuskan untuk membangun kembali tembok kota pada sisa-sisa tembok kuno.

Baca juga : Kepulauan Indah Tanpa Mobil

Sekian informasi terkait dengan kota berdinding menakjubkan di dunia, semoga artikel kali ini berguna buat kalian. Tolong artikel fakta bangunan paling dan objek wisata sejarah ini kalian sebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi : Super Wisata

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan