Kisah Kerak Telor Jakarta yang Hijau hingga Filosofinya

Ternak Website

Kali ini kami akan ulas perihalĀ kisah kerak telor jakarta yang hijau hingga filosofinya. Kerak telor merupakan salah satu makanan khas Betawi yang saat ini tidak hanya sebagai pengisi acara khusus di Jakarta. Tapi telah dapat ditemukan di beberapa acara di daerah lain, misalnya di Sekaten Yogyakarta. Makanan satu ini tidak hanya mengundang ketertarikan untuk menikmatinya. Kelihaian akan koki dalam mengolah ketan putih dengan segala bumbu dan pelengkapnya, mencuri perhatian pembeli.

kisah kerak telor jakarta

Makanan khas Betawi yang paling dicari dalam berbagai perhelatan kebudayaan adalah kerak telor. Kerak telor terbuat dari bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kecil) dan bawang merah goreng yang nantinya ditambah bumbu halus seperti cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa yang sudah disangrai.

Jenis Kerak Telor

Terdapat dua jenis kerak telor yang dikenal sampai sekarang, yaitu kerak telor ayam dan kerak telor bebek dengan topping yang sama. Makanan ini lebih cocok jika dibuat dan disajikan menggunakan telor bebek, karena ukuran lebih besar dan aromanya lebih cocok untuk santapan sebuah kerak telor.

Makanan ini bukan sebuah telor yang dimasak hingga menghitam alias gosong lalu jadi kerak, olahan ini terbuat dari beras ketan setengah matang dicampur dengan telor. Sejarah munculnya kerok telor pada awalnya sewaktu Indonesia masih dijajah Belanda. Kesusahan yang melanda menjadikan orang-orang Kemayoran tidak memiliki minyak untuk menggoreng, sehingga beras ketan yang ada selanjutnya dicampur dengan kelapa lalu digoreng tanpa minyak.

Kisah Kerak Telor Jakarta

Menurut pakar budaya Betawi, makanan Betawi ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia, ketika nama Jakarta masih bernama Batavia. Saat itu, Batavia masih banyak ditumbuhi pohon kelapa yang sebagian dimanfaatkan oleh warga masyarakat untuk keperluan. Warga Belanda saat itu menginginkan makanan yang memiliki kemiripan dengan omelet mi yang di campur dengan racikan masakan khas Betawi.

Warga Betawi mengangkat nilai higienis dalam pembuatan kerak telor. Akhirnya, masyarakat Betawi berhasil mengganti mi dengan beras ketan serta tambahan rempah-rempah yang merupakan salah satu hasil budaya Indonesia yang berhasil diekspor ke banyak negara di dunia.

Komunitas SB1M

Cara Membuat Kerak Telor

Selain kisah kerak telor Jakarta yang menari, cara pembuatan makanan ini pun juga unik. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerak telor tidaklah banyak. Hanya terdiri dari nasi, ketan aron setengah matang yang dicampurkan dengan telor ayam atau telor bebek beserta bumbunya.

Bahan-bahan tersebut dimasak diwajan dan ketika sudah setengah matang wajan akan dibalik dan dibiarkan terkena bara api, sehingga menjadi gosong. Itulah mengapa alasan disebut kerak telor. Setelah agak kering dan matang, barulah kerak telor disajikan dengan serundeng dari kelapa parut serta bawang goreng.

Filosofi dalam Kerak Telor

Keseluruhan rasa dari kerak telur ternyata mempunyai filosofi yang terkandung di dalamnya. Keberagaman bahan mengandung makna kepemimpinan yang sifatnya dikuatkan dengan kehadiran telur yang menyatukan.

Hal utama yang harus diperhatikan saat membuat kerak telor adalah waktu. Jika terlalu cepat ditelungkupkan, ketan dan telur belum terlalu matang sehingga akan hancur dan juga tidak terlalu lama. Makna yang yaitu terkandung di dalamnya yaitu perlunya persiapan cukup untuk menjadi pemimpin. Saat mengangkat bahan dari wajan, ibarat kata saat sudah cukup memimpin harus tahu waktu, tidak boleh egois atau konspirasi mempertahankan kepemimpinan.

Sementara tambahan bumbu lain dalam kerak telor melambangan cara pemimpin berdinamika. Beberapa elemen kepemimpinan dari Kerak Telur yaitu ketan yang memiliki tetstur kenyal dan memimpin seluruh rasa, dan telur yang menyatukan bahan-bahan lain. Aneka bumbu racikan mencerminkan strategi dan dinamika dalam memimpin. Misalnya, rasa pedas mewakili ketegasan tanpa kebablasan berdampak pada kesenjangan jabatan; gurih mewakili keramahan, bukan kemarahan atau pemimpin berjiwa pendendam.

Kerak Telor Saat Ini

Pada zaman kepemimpinan gubernur Ali Sadikin lah Kerak Telor mulai dihidupkan dan dipromosikan keberadaanya dan sampai pada kepemimpinan Gubernur saat ini, kerak telor selalu diutamakan jika terdapat event besar di Jakarta. Makanan satu ini tidak lagi hanya bisa dibuat oleh orang Betawi.

Saat ini, telah banyak yang dapat membuat kerak telor dari banyaknya versi resep yang beredar, mulai dari media cetak maupun daring. Selain itu, sudah banyak penjual dari luar Betawi yang menjajakan makanan tradisional ini, walau tidak lepas tetap dikenal sebagai identitas lekat dengan Jakarta. Makanan ini juga sudah ramai dijajakan di mancanegara, seperti di Malaysia, Amerika dan Arab Saudi.

Demikian informasi berkaitan dengan kisah kerak telor jakarta yang hijau hingga filosofinya, kami harap post ini bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Tolong postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Wisata Kuliner di Jakarta

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
web hosting berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Digital Marketing

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Marketing Online Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Investasi Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Bisnis Bebek Kremes
Bisnis Bebek Kremes Usaha Masa Depan yang Menguntungkan
Harumnya Rezeki Kerajinan Akar Wangi
Harumnya Rezeki Kerajinan Akar Wangi
Marketing Plan Bisnis MSI
Marketing Plan Bisnis MSI yang Perlu Diketahui
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
theme wordpress responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna Iptek Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Tips Merawat Perhiasan Perak
Tips Merawat Perhiasan Perak agar Kualitas Terjaga
Tips Ampuh Memelihara Tanaman Bonsai
Tips Ampuh Memelihara Tanaman Bonsai
Tips Ampuh untuk Kolektor Uang Kuno
Tips Ampuh untuk Kolektor Uang Kuno
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen Jawa Timur
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang