Kiat Berteman di Media Sosial yang Aman dan Nyaman

Di postingan ini kami akan jelaskan mengenai kiat berteman di media sosial yang aman dan nyaman. Sebagai generasi yang hidup di era komputer dan jaringan nirkabel, kita tentu cukup akrab dengan aneka media sosial. Seperti MySpace, Friendster, Facebook, Twitter, Googleplus, Instagram, dan sebagainya.

Berteman di Media Sosial

Media Sosial

Berteman di dunia maya memungkinkan pengguna media sosial mendapat teman baru, bahkan mungkin dari lintas negara, tanpa perlu memiliki visa dan paspor. Namun, interaksi yang terus-menerus hanya dilakukan melalui dunia maya, cenderung membuat pengguna jejaring sosial merasa asing dengan lingkungan sekitarnya di dunia nyata.

Sebagian pengguna sosial media yang sangat aktif bergelut di dunia maya bahkan seolah terisolasi dari kehidupan nyata di sekitarnya. Interaksi dunia maya hampir selalu berawal dari rasa penasaran. Sama seperti di dunia nyata, warga dunia maya umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai hal-hal yang menarik perhatian mereka.

Untuk menjawab rasa penasaran itu, atau juga untuk bergabung dengan suatu komunitas dalam dunia maya, pengguna media sosial umumnya berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya dalam komunitas tersebut.

Saat proses penyesuaian diri inilah, kadang terjadi gap dan adu argumen antarpengguna sosial media. Adu argumen yang sengit dapat berujung pada rasa tidak tenang, bahkan dapat menimbulkan perasaan terancam bila terjadi kesalahpahaman yang parah antara satu pengguna media sosial dengan pengguna lainnya.

Hal ini biasanya terlihat dari adanya aksi saling balas yang tak kunjung usai pada kolom komentar dari suatu kiriman di media sosial.

7 Kiat Berteman di Media Sosial

Mencermati kehidupan dunia maya tersebut, berikut beberapa kiat berteman di media sosial agar tetap aman dan nyaman dalam menggunakannya :

a. Berpikir Positif

Kiat berteman di media sosial yang pertama yakni berpikir positif. Ingat pepatah “Don’t judge a book by its cover”? Menilai orang lain tidak bisa hanya dari tampilan luar semata. Seseorang yang berpenampilan berantakan, belum tentu memiliki kepribadian yang buruk. Pun sebaliknya, seseorang yang selalu terlihat rapi dan bersih, belum tentu berkepribadian baik.

Mengenal lebih jauh tentang orang lain tidak bisa hanya dari melihat sekilas, tetapi penilaian itu juga tidak akan sepenuhnya berjalan dengan baik bila masih terdapat pikiran-pikiran buruk pada diri seseorang.

b. Berbaik sangka, tapi Tetap Waspada

Kiat berteman di media sosial yang kedua yaitu berbaik sangka. Meski seseorang yang baru kita kenal terlihat baik dan kita juga berbaik sangka terhadap orang tersebut. Waspada terhadap hal terburuk yang mungkin bisa dilakukan oleh orang itu tetap harus ada. Ingat, Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelaku, namun juga adanya kesempatan.

c. Ramah, tetapi Tegas

Kiat berteman di media sosial yang ketiga adalah ramah tapi tegas. Orang yang ramah tentu lebih disukai daripada orang yang terkesan cuek alias jutek. Namun, seramah-ramahnya kesan yang kita berikan kepada orang lain, tetaplah tegas dalam berprinsip. Jangan mudah goyah apalagi termakan bujuk rayu seseorang yang hanya kita kenal melalui dunia maya.

d. Percaya dan Bisa Dipercaya

Kiat berteman di media sosial yang keempat ialah percaya. Untuk menjadi seseorang yang bisa dipercaya bukan hanya dengan cara mengatakan bahwa kita bisa dipercaya. Bukan pula dengan menulis “percayalah padaku”.

Melainkan dengan membuktikan bahwa kita adalah orang yang memang benar-benar bisa dipercaya. Sehingga orang lain akan percaya kepada kita.

Seseorang yang hanya mengenal orang lain melalui media sosial biasanya tidak akan serta-merta menjadikan orang baru sebagai teman. Perlu rasa percaya (trust) yang cukup tinggi untuk membuat seseorang menerima orang lain sebagai teman baru.

e. Boleh Jaga Image Asal Tidak Berlebihan

Kiat berteman di media sosial yang kelima yaitu jaga image. Punya harga diri itu bisa dibilang wajib, namun meremehkan orang lain karena tingginya harga diri akan berimbas buruk bagi diri sendiri. Letakkan pride atau self-respect sesuai porsi, situasi, dan kondisi yang ada.

f. Boleh Blak-blakan, tapi Seperlunya Saja

Kiat berteman di media sosial yang keenam yakni blak-blakan seperlunya. Bicara apa adanya tentang diri sendiri itu sah-sah saja, tapi perlu diingat bahwa kenyataannya ada segelintir orang yang bisa memanfaatkan semua informasi tentang diri kita untuk kepentingan mereka pribadi.

Jadi, tetap terapkan batasan mengenai hal apa yang perlu diceritakan dan hal apa cukup disimpan pribadi.

g. Ikuti Kata Hati, tapi Tetap Libatkan Akal

Kiat berteman di media sosial yang ketujuh adalah ikuti kata hati dan akal. Mengikuti perasaan itu boleh, namun nalar harus tetap berjalan. Jika sekiranya permintaan si teman baru dari dunia maya mulai tidak masuk akal, abaikan saja.

Jika keesokan harinya teman baru tersebut menanyakan alasan kita tidak menuruti kemauan atau ajakannya, katakan saja bahwa kita lupa. Namun, jika memang sudah siap dengan segala risiko yang ada, sampaikan alasan penolakan atas permintaan itu sesegera mungkin.

Baca juga : Resep Menghemat Uang Saku

Demikian info seputar kiat berteman di media sosial yang aman dan nyaman, kami harap postingan kali ini berguna untuk Anda. Tolong artikel ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Triningsih Rahmawati

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan