Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang

Ternak Website

Topik kita kali ini yaitu Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang, Jawa Timur. Di tengah munculnya berbagai makanan dengan macam jenisnya, makanan tradisional dari setiap daerah masih menjadi favorit di beberapa kalangan. Keunikan dan kearifan lokal yang melekat pada setiap sajian, membuat makanan khas daerah terus diburu.

Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang

Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang

Dalam hal ini, Jombang memiliki beberapa makanan khas asli daerah yang hingga kini masih terjaga lengkap dengan balutan kedaerahannya. Salah satu sajian mengenyangkan yang ditawarkan oleh Kota Santri ini adalah pecel rengkek.

Pecel bukan menjadi hal yang asing di telinga, khususnya orang Jawa. Beberapa daerah memiliki penyajian dengan mengedepankan kekhasannya masing-masing untuk memberi pembeda. Pecel rengkek merupakan salah satu dari list olahan berbahan dasar sayur rebus yang ini berasal dari tempat Gus Dur dimakamkan.

Asal Mula Nama Pecel Rengkek

Penamaan rengkek di belakang kata pecel, diambil dari asal penjualnya. Para penjual makanan ini secara umum adalah kaum ibu-ibu paruh baya yang membawa semacam boks yang terbuat dari kayu dan triplek. Orang-orang disana menyebutkan boks tempat aneka bahan pecel ini dengan nama ronjot.

Ronjot biasanya akan diletakkan di atas sepeda atau kendaraan bermotor. Selain diberi nama ronjot, ada pula yang menamakan tempat tersebut dengan rengkek. Rengkek yang selalu menjadi teman saat menjual pecel, dijadikan identitas dari sajian khas Jombang.

Pecel rengkek di Jombang tidak dijajakan sembarang waktu. Pecel ini memiliki waktu khusus untuk mudah mendapatkannya ketika pagi hari selepas waktu subuh hingga matahari mulai menampakkan sinar benderangnya. Para penjual biasanya menjajakan dagangnnya secara berkeliling di jalan-jalan protokol, komplek perumahan, serta jalan-jalan lainnya.

Banyak dari mereka yang dapat ditemui mangkal di tempat-tempat keramaian dan strategis, seperti di alun-alun, stasiun, perempatan yang lokasinya dekat dengan RSUD Jombang menyapa para olahragawan di GOR Jombang, dan lainnya.

Komunitas SB1M
Penikmat atau Penggemar Pecel Rengkek

Sederhana tapi sangat memberi kesan kepada para penikmatnya. Hal ini yang menjadi bagian tidak terelakkan ketika memakan satu porsi pecel rengkek, Jawa Timur yang memiliki beberapa variasi hidangan dari pecel ini, bukan menjadi halangan untuk pecel rengkek eksis hingga kini. Walaupun sudah tidak asing dan sangat mudah dijumpai, hidangan ini tidak pernah kehilangan penggemar saat para penjual menggelar lapaknya.

Kesederhaan yang menjadi identitas dari pecel rengkek menjadi ia dapat dinikmati berbagai kalangan. Penggemarnya mulai dari tukang becak, pekerja kantoran yang mengambil waktu paginya untuk lebih dahulu berangakat, para olahragawan yang melepas lelah, ataupun mereka yang memang sengaja untuk membeli sebagai sarapan pagi sebab tidak sempat memasak. Cakupan penikmat kuliner yang sangat luas ini, menjadikan mereka para pembeli harus rela antri untuk menunggu pesanannya jadi.

Keunikan Pecel Rengkek Jombang

Keunikan dari makanan ini dapat terlihat pertama kali dari penyajiannya. Bukan menggunakan piring atau mangkuk lainnya, tapi cukup dengan lembaran daun pisang dengan kertas koran atau kertas minyak saja. Pecel renggek akan dihidangkan dengan alas pincuk yang menjadi daya tarik sebab kesan tradisional masih melekat. Selain cara penyajian yang unik ini, rasa dari potongan aneka sayur dengan kuah bumbu kacang ini menjadi istimewa dari citarasa yang ditawarkan.

Dalam meracik bumbu untuk kuahnya, para pedagang pecel renggek akan mencampur semua bumbu ke dalam cobek untuk kemudian diulek. Bahan yang dibutuhkan berupa cabe, sedikit bawang putih, sedikit gula pasir, gula jawa atau gula kelapa, garam, dan tidak ketinggalan kencur dan daun jeruk purut. Perpaduan bumbu dengan komposisi yang sangat pas ini, menjadikan aroma pecel rengkek menjadi khas dan dikenal oleh seantero masyarakat Jawa Timur.

Harga Pecel Rengkek

Satu porsi Pecel Rengkek terdiri dari nasi, aneka sayur (kangkung, bayam, selada, irisan mentimun, daun pepaya, tauge dan lain-lain jenisnya, disesuaikan dengan musim), rempeyek kacang terkadang rempeyek ebi (udang kering), serundeng, telur ceplok, tempe goreng dan siraman sambal pecel.

Untuk menambah kelezatannya, penjual juga menyediakan sayur lodeh serta sambel tumpang sebagai teman makan. Makanan yang lengkap dengan gizi yang dapat mencukupi asupan untuk tubuh, memang sangat tepat sebagai hidangan sarapan pagi. Sepincuk pecel rengkek memiliki sumber karbohidrat, protein, lemak dan vitamin plus tingkat serat yang tinggi dalam paket hemat dengan harga Rp 5.000.

Sekian informasi perihal Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang Jawa Timur, kami harap artikel ini mencerahkan sahabat semua. Mohon post ini dibagikan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Wisata Kuliner dari Jombang Jawa Timur

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
web hosting berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Digital Marketing

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Marketing Online Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Investasi Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Bisnis Bebek Kremes
Bisnis Bebek Kremes Usaha Masa Depan yang Menguntungkan
Harumnya Rezeki Kerajinan Akar Wangi
Harumnya Rezeki Kerajinan Akar Wangi
Marketing Plan Bisnis MSI
Marketing Plan Bisnis MSI yang Perlu Diketahui
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
theme wordpress responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna Iptek Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Tips Merawat Perhiasan Perak
Tips Merawat Perhiasan Perak agar Kualitas Terjaga
Tips Ampuh Memelihara Tanaman Bonsai
Tips Ampuh Memelihara Tanaman Bonsai
Tips Ampuh untuk Kolektor Uang Kuno
Tips Ampuh untuk Kolektor Uang Kuno
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen Jawa Timur
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang