Kenikmatan Kuliner Nusantara di Rawa Belong Jakarta

Pada kesempatan ini kami akan bahas perihal kenikmatan kuliner nusantara di rawa belong jakarta. Rawa Belong terletak dekat dengan Palmerah dan Slipi dan juga bersisihan dengan wilayah Kebayoran Lama, Jakarta Setatan. Adanya kampus Binus, kawasan ini menjadi tempat kos para mahasiswa. Selain itu, banyaknya perkantoran menjadikan munculnya beberapa tempat makan sebagai upaya untuk memanjakan lidah konsumen.

Kenikmatan Kuliner Nusantara di Rawa Belong

Kenikmatan Kuliner Nusantara di Rawa Belong

Awalnya, daerah ini hanya terdapat kuliner khas Betawi serta warteg yang kemudian berkembang hingga terdapat juga menu masakan Indonesia lainnya, seperti seafood, steak, burger, varian pecet lele, aneka nasgor, hingga makanan tradisional daerah lain di antaranya gudeg, soto madura, pecel madiun dan lain-lain.

Kawasan Rawa Belong memberikan keuntungan akan destinasi kuliner pengunjung dengan adanya cabang dari beberapa kuliner ternama dan lebihnya lagi adalah sebagai tempat nongkrong anak muda selepas kuliah maupun bekerja. Walaupun terdapat gerai-gerai franchise, warung-warung makan di sekitarnya tetap hidup dan ramai pengunjung, bahkan semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Dalam penjagaan kekhasan akan makanan Betawi, sepanjang jalan Rawa Belong tersaji deretan warung makan dari lampu merah lalu belok kanan jika dari arah Palmerah, seperti nasi uduk, jeroan, jengkol, dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula mi ayam DKI dan Wong Deso. Salah satu sajian dari daerah lain yaitu warung nasi sayur Cirebon dan Semarang untuk pengunjung yang ingin mencari variasi dari warung tegal dan nasi sunda.

Nasi Uduk Khas Betawi

Penggemar kuliner nasi uduk, dapat mengunjungi Warung Nasi Uduk Bang Udin di Bilangan Rawa Belong ini. Sajian yang wajib untuk dicicipi adalah nasi uduk semur jengkol. Rasa pedas dari bumbu lada semur jengkol dan sambal kacang di piring, memberi kenikmatan tersendiri dalam kuliner khas Betawi ini.

Bau jengkol yang ditakuti oleh para penyantapnya tidak muncul dalam olahan milik Bang Udin. Empal goreng sebagai teman menyantap nasi uduk, terasa gurih sebab diolah dengan melalui proses perendaman bawang putih, garam, dan bumbu-bumbu lain.

Pembeli nasi uduk semur jengkol Bang Udin sendiri tidak hanya dari sekitar Jakarta. Semur jengkolnya bahkan pernah dibeli oleh orang luar negeri seperti Singapura dan Australia. Selain semur jengkol, pembeli bisa memilih semur telur, kentang, tempe, tahu; kari tempe, telur, dan tahu; juga rendang ati ampela dan telur. Terdapat pula pilihan pelengkap lainnya, seperti bakwan udang goreng, ayam goreng, pepes ikan teri, dan perkedel.

Kenikmatan Kuliner Nusantara Lainnya

Selain tersedia sajian khas Betawi yang telah melegenda, terdapat pula Bakso Cinta Rasa yang selalu ramai dipadati pembeli. Warung bakso ini tidak terlalu luas, tapi juga tidak terlalu sempit, sebab dapat menampung sekitar 20-30 orang. Semangkuk bakso yang disajikan, memberikan tampilan yang begitu menggoda. Salah satu menu yang berbeda, di sini disajikan juga menu Indomie bakso dan juga tersedia minuman dengan kisaran harga antara Rp 1.000 sampai dengan Rp 12.000.

Di ujung Jalan Berdikari di depan Kontan, terdapat sate ayam dan kambing serta olahan gulai lengkap dengan tongseng. Untuk penyuka pempek, dapat dengan leluasa memilih beberapa tempat makan yang meliputi sebelah warung sate, depan Indomaret Berdikari, dan Pempek Garuda tidak jauh dari Sevel Binus. Di Rawa Belong, terdapat pula beberapa angkringan yang 200 meter sebelum lampu merah Rawa Belong jika dari arah Palmerah.

Pasar Bandeng Dadakan

Rawa Belong yang terkenal dengan pasar bunga serta kulinernya ini, biasanya berubah ketika menjelang hari jelang Imlek atau Tahun Baru China. Dari ujung ke ujung, akan terlihat pedagang ikan bandeng berukuran jumbo dengan berat berkisar 1,3 – 10 kg. Bandeng tersebut bukanlah dari laut, melainkan berasal dari empang dengan pemeliharaan yang dapat mencapai tahunan.

Operasional pasar bandeng dadakan di Rawa Belong mulai dari pukul 05.00 subuh sampai pukul 22.00 malam. Malam adalah waktu paling ramai lapak para pedagang dikunjungi pembeli.

Bandeng jumbo yang dijual jelang Imlek ini berawal dari tradisi China. Namun, pembeli tidak hanya keturunan China, tetapi juga Betawi. Sebab dalam tradisi Betawi, ikan bandeng yang menjadi antaran bukanlah ikan yang sudah dimasak, melainkan satu ekor utuh yang masih segar.

Selain dikirimkan ke mertua, ikan bandeng juga dikirim ke kerabat lain atau teman. Selain itu, pembeli yang datang ke pasar dadakan dapat juga meminta tolong pedagang untuk membersihkan dan memotong ikan akan dijadikan antaran dengan uang jasa berkisar Rp 5.000.

Demikian informasi tentang kenikmatan kuliner nusantara di rawa belong jakarta, kami harap artikel ini bermanfaat buat kalian. Kami berharap postingan wisata kuliner Betawi ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Usaha Toko Kelontong
Membuka Usaha Toko Kelontong Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Tanaman Hias
Buka Bisnis Tanaman Hias secara Sederhana
Model Bisnis
3 Model Bisnis untuk Efisiensi Perusahaan

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Aplikasi Penghasil Uang Investasi Online Jualan Online Sumber Lain

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
MSI Online Bisnis SB1M Sharia Indonesia Synergy Worldwide
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Ion Silver MSI
Ion Silver MSI terbaru untuk Perawatan Wajah
Bueno Spray
Bueno Spray Penghilang Bau Badan yang Efektif
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Perencanaan Dana Pensiun
Perencanaan Dana Pensiun Anda di DPLK dan DPPK
Dana Pendidikan Anak
Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Cara Terbaik
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional