Kenali Polis Asuransi Mobil dan Fungsinya

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi nasabah asuransi mobil, sebaiknya kenali polis asuransi mobil / kendaraan terlebih dahulu.

Kenali Polis Asuransi Mobil

Polis Asuransi Kendaraan

Untuk mendapatkan perlindungan asuransi dari pihak penyedia asuransi, pemegang polis asuransi mobil wajib membayar sejumlah biaya premi yang telah disepakati.

Buat mengetahui mengenai polis asuransi mobil dan fungsinya, serta premi asuransi mobil berikut daftarnya, simak penjelasan singkat dalam pembahasan berikut!

Apa Itu Polis Asuransi Mobil?

Asuransi mobil adalah jaminan ganti rugi yang diberikan kepada nasabah apabila kendaraan mengalami kerusakan parah maupun lecet bahkan hilang.

Tidak hanya memberikan ganti rugi, pihak perusahaan asuransi juga akan memberikan manfaat tambahan seperti penggantian kerusakan akibat banjir, kerusuhan dan bencana alam. Manfaat tersebut dapat diperoleh apabila Anda membeli asuransi rider atau asuransi tambahan.

Sementara itu, polis merupakan dokumen legal yang mengikat nasabah dan perusahaan asuransi dalam perjanjian tertulis. Perjanjian tersebut memuat berbagai hal yang wajib dilakukan oleh kedua belah pihak, mulai dari syarat, hak dan kewajiban masing-masing.

Ketika membeli produk asuransi mobil Anda akan mendapatkan nomor polis yang terdiri dari kode unik sebagai identitas nasabah legal dan sah.

Fungsi Polis Asuransi Mobil

Pemahaman seluruh isi polis asuransi sangat penting guna menghindari kerugian nantinya. Apalagi masing-masing polis asuransi memiliki syarat, ketentuan, manfaat dan premi berbeda. Premi asuransi mobil berikut daftarnya harus dipahami dengan baik dan benar.

Inilah beberapa fungsi polis asuransi mobil bagi nasabah dan perusahaan asuransi :

1. Fungsi Polis Asuransi Mobil bagi Nasabah

Fungsi polis asuransi bagi nasabah atau pengguna asuransi atau tertanggung antara lain sebagai bukti tertulis pada jaminan penanggungan risiko dan penggantian kerugian yang mungkin akan terjadi pada nasabah.

Selain itu, polis asuransi juga dapat menjadi bukti pembayaran premi yang dibebankan kepada nasabah oleh pihak perusahaan asuransi mobil.

Polis asuransi dapat dijadikan sebagai bukti otentik yang sah apabila nasabah mengajukan tuntutan terhadap perusahaan. Hal itu biasanya terjadi akibat kelalaian perusahaan dalam memenuhi jaminan yang menjadi hak nasabah.

2. Fungsi Polis Asuransi Mobil bagi Perusahaan Asuransi

Fungsi polis asuransi kendaraan (mobil) bagi perusahaan atau penanggung adalah sebagai bukti tanda terima premi yang telah dibayar oleh tertanggung atau nasabah.

Lalu, fungsi polis juga sebagai bukti tertulis jaminan yang diberikan kepada nasabah dan bukti otentik penolakan tuntutan klaim oleh nasabah jika terjadi masalah.

Jenis Asuransi Mobil

Ada banyak jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi mobil. Perlu diingat bahwa masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan.

1. Asuransi Mobil TLO

TLO adalah Total Loss Only merupakan jenis asuransi kendaraan dengan jaminan yang diberikan hanya jika mobil hilang. Kehilangan tersebut dapat diakibatkan oleh kerusakan dengan nilai perbaikan setara dengan 75% dari harga mobil.

Jadi, apabila mobil Anda hanya mengalami baret ringan maka tidak bisa mengajukan klaim. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih jenis asuransi mobil yang tepat dengan memahami jenis asuransinya.

2. Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi All Risk untuk mobil merupakan asuransi yang aman untuk dipilih. Pasalnya, jaminan akan diberikan untuk semua jenis kerusakan, ringan maupun parah.

Kendaraan yang hilang juga akan diganti oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis. Asuransi ini cocok digunakan oleh Anda yang mengendarai mobil mewah agar saat terjadi kerusakan atau kehilangan tidak terlalu rugi.

3. Asuransi Mobil Gabungan

Jenis asuransi yang satu ini merupakan gabungan antara asuransi All Risk dan asuransi TLO. Polis ini hanya dapat diperoleh untuk mobil yang masih dalam masa kredit.

Sistem kerjanya yakni tanggungan secara All Risk pada tahun pertama, lalu tanggungan TLO ketika Anda kehilangan unitnya.

4. Asuransi Mobil Perluasan

Asuransi ini merupakan manfaat tambahan yang diberikan kepada nasabah apabila terjadi banjir dan angin topan, gempa bumi dan tsunami serta kerusuhan.

Selain itu, ada perhitungan kondisi lainnya untuk mendapatkan asuransi ini. Intinya jenis asuransi ini akan diberikan kepada nasabah apabila mengalami kejadian selain kecelakaan atau hilang.

5. Asuransi Mobil Collision Coverage

Jenis asuransi ini diberikan sebagai biaya pengobatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi. Selain itu asuransi juga menanggung biaya kerusakan dan ganti rugi sesuai harga mobil yang dimiliki nasabah.

Baca juga : Asuransi Mobil All Risk dan Aspeknya

Sekian penjelasan seputar kenali polis asuransi mobil dan fungsinya. Semoga Anda bisa memilih polis dan jenis asuransi yang tepat sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan