Kenali Investasi Obligasi agar Tidak Salah Pilih

Sekarang kami akan ulas seputarĀ kenali investasi obligasi agar tidak salah pilih. Kalau saham adalah bukti kepemilikan Anda terhadap perusahaan maka obligasi adalah bukti bahwa perusahaan memiliki hutang kepada Anda.

Kenali investasi obligasi agar tidak salah pilih

Jika diurut menurut kewajiban perusahaan seandainya perusahaan tersebut bubar (dilikuidasi) maka hak untuk mendapatkan pembayaran pertama adalah pemilik obligasi dan kemudian baru pemilik saham. Itu pun masih dibedakan apakah saham preferen atau saham biasa.

Cara Mendapatkan Dana Usaha

Untuk mendapatkan dana guna operasional atau pengembangan usaha, perusahaan dapat memperoleh dana dari berbagai sumber. Di antaranya adalah modal disetor pemilik (pendiri), laba yang ditahan, pinjaman bank, go public (saham), obligasi, dan sebagainya. Biasanya perusahaan akan meminjamnya dari bank. Meminjam ke bank, selain bunganya sangat tinggi, juga lebih sulit karena adanya prinsip 4C (Collateral, Capital, Cha- racter dan Condition).

Bank akan menyalurkan dananya jika ada jaminan (collateral) yang berupa asset. Kalau kredit yang diberikan macet atau bermasalah maka asset tersebut akan segera disita bank. Selain itu bank baru percaya usaha tersebut Anda jalankan dengan sungguh-sungguh jika dana (capital) yang Anda tanamkan dari uang pribadi minimal sebesar 30% dari total keperluan biaya usaha.

Sisanya, yang 70%, bank baru bersedia memberikan pinjaman, tentunya dengan prinsip jaminan tetap berlaku. Mengenai karakter (character) adalah penilaian psikologis atas perilaku si debitur apakah peminjaman dilatarbelakangi oleh niat baik atau jahat. Apakah calon debitur tersebut bisa dipercaya atau tidak, dan sebagainya.

Kondisi (condition) berbicara keadaan perekonomian secara menyeluruh. Kondisi ini yang paling sulit ditebak karena berdasarkan penilaian subjektif bank. Bank tidak akan menyalurkan kredit jika menurut mereka kondisi sedang tidak memungkinkan.

Selain meminjam melalui bank, perusahaan juga dapat menerbitkan saham (go public) untuk mendapatkan dana. Kalau perusahaan tersebut berskala kecil, saham yang mereka terbitkan cukup untuk kalangan terbatas dan tidak perlu melalui bursa atau izin Bapepam. Anda pasti pernah mendengar right issue atau stock split.

Ini adalah salah satu cara untuk menambah dana perusahaan dalam kaitannya dengan saham. Karena tidak ingin menambah saham baru seperti di awal permulaan go public (pasar perdana / initial public offering), perusahaan bisa melakukan right issue atau stock split.

Kenali investasi obligasi agar tidak salah pilih

Satu cara lagi untuk mendapatkan dana adalah dengan mengeluarkan obligasi. Obligasi sebenarnya agak mirip dengan saham, cuma obligasi yang diterbitkan harus dilunasi tepat pada waktunya berikut bunganya.

Jika masa waktu pelunasannya tiba dan perusahaan tidak mampu melunasi obligasi tersebut, seringkali perusahaan menerbitkan obligasi baru untuk melunasi obligasi lama (stapled bonds). Kalau hal ini terjadi maka investor sebaiknya lebih waspada karena perusahaan tersebut sedang menggali lubang untuk menutupi lubang.

Bunga obligasi sudah pasti lebih tinggi dari deposito bank. Kalau tidak tentunya orang lebih suka mendepositokan uangnya di bank yang relatif aman dan likuid. Kalau Anda membeli obligasi sebuah perusahaan, Anda tidak memiliki hak suara atas perusahaan tersebut seperti ketika memiliki saham. Jadi arah kebijakan perusahaan tidak bisa Anda kendalikan.

Rata-rata obligasi yang diperdagangkan aman dari risiko. Artinya pasti dilunasi pada waktunya, apalagi obligasi terbitan pemerintah. Namun tetap ada juga obligasi yang tidak mampu dibayar oleh perusahaan. Jangankan bunganya, nilai nominal obligasi pun tak sanggup dibayar.

Berinvestasi di obligasi harus hati-hati karena ada berbagai jenis obligasi. Pilihlah obligasi yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah terlebih dahulu baru kemudian yang swasta. Selain itu pahami benar jenis obligasi, seperti obligasi tanpa bunga,floating coupon rate (bunga majemuk), fixed coupon rate (bunga tetap), dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai kenali investasi obligasi agar tidak salah pilih, semoga postingan ini membantu Anda. Kami berharap post ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

  • Membaca Saham, Ali Arifin
  • Bisnis dan Investasi

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan