Jenis Serangga Paling Beracun dan Mematikan di Dunia

Karena ukurannya yang relatif kecil, serangga selintas tak terlihat berbahaya, khususnya jika dibanding hewan-hewan besar atau ular berbisa. Namun, ada jenis-jenis serangga paling beracun atau memiliki racun sehingga keberadaannya juga dapat membahayakan manusia. Gigitan dari serangga beracun itu bahkan tidak jarang mengakibatkan kematian.

Serangga Paling Beracun

Jenis Serangga Paling Beracun di Dunia

Berikut ini adalah beberapa jenis serangga paling beracun di dunia.

a. Fire Ants

Di antara semut lain, fire ants adalah semut paling berbahaya karena gigitannya dapat menyebabkan kematian. Korban yang tersengat racunnya biasanya akan mengalami panas seperti terkena luka bakar, pembengkakan, reaksi alergi, hingga kematian. Semut ini dapat ditemukan di Asia, Amerika, dan Eropa.

b. Killer Bee

Jika nyamuk dianggap serangga pembunuh nomor satu, maka killer bee adalah serangga nomor dua dalam hal jumlah korban kematian. Diperkirakan ada 600 korban kematian manusia per tahun di dunia, dengan 100 orang di wilayah Amerika.

Sengatan lebah yang sangat agresif ini dapat mengakibatkan pembengkakan, reaksi alergi, sesak napas, hingga kematian. Salah satu jenis serangga paling beracun ini dapat ditemukan di Amerika Utara dan Amerika Selatan.

c. Yellow Jacket

Yellow jacket adalah tawon yang sangat agresif dan paling banyak mengakibatkan korban dibanding jenis tawon lain. Ketika menyerang manusia, sengatannya dapat mengakibatkan gatal-gatal, kemerahan, pembengkakan kulit, hingga alergi yang menyebabkan kematian. Serangga ini dapat ditemukan di Amerika Utara.

d. Centipede

Centipede adalah kelabang paling beracun di antara spesies kelabang lain. Gigitannya dapat menyebabkan gatal-gatal, pembengkakan, reaksi alergi, gagal ginjal, hingga penghentian denyut jantung yang mengakibatkan kematian. Hewan berbahaya ini dapat ditemukan di Amerika Selatan.

e. Western Honeybee

Lebah ini tidak terlalu agresif dan jarang menyerang. Namun ia merupakan lebah paling beracun di dunia. Jika terkena sengatannya, korban akan mengalami gatal-gatal, bengkak kemerahan, hingga alergi yang menyebabkan kematian. Western Honeybee sebagai salah satu jenis serangga paling beracun ini dapat ditemukan di Eropa.

f. Paper Wasp

Paper wasp adalah tawon paling beracun dan paling banyak menyebabkan kematian dibanding tawon lain. Korban yang terkena sengatannya biasanya akan mengalami :

  • gatal-gatal,
  • kulit kemerahan,
  • bengkak,
  • kadang juga terkena diare,
  • panas,
  • kejang-kejang,
  • gagal ginjal,
  • hingga kematian karena alergi.

Tawon ini dapat ditemukan di Amerika Utara dan Eropa.

g. Giant Japanese Hornet

Serangga bersayap ini sangat berbahaya, karena satu sengatannya dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan korbannya dapat menemui ajal karena ketidakmampuan bernapas atau alergi. Giant japanese hornet dapat ditemukan di Jepang, Korea, Cina, Taiwan, Sri Lanka, dan India.

h. Red Harvester

Semut berbahaya ini tidak terlalu agresif, namun memiliki racun yang mematikan. Satu kali gigitannya dapat menyebabkan pembengkakan yang diikuti rasa sakit teramat sangat, hingga kematian karena alergi. Semut beracun ini dapat ditemukan di Amerika.

i. Lonomia Caterpillar

Merupakan ulat paling berbisa di dunia, juga serangga yang sangat beracun. Sengatannya akan menyebabkan pembengkakan disertai rasa sakit, muntah-muntah, demam, pendarahan (termasuk pendarahan otak) dan gagal ginjal, yang mengakibatkan kematian. Ulat ini dapat ditemukan di Amerika Selatan.

j. Yellow Harvester Ant

Kadang disebut juga Maricopa harvester ant. Seperti semut lainnya, semut ini pun sangat kecil, namun sangat berbahaya karena racunnya yang mematikan. Satu kali sengatannya dapat membunuh sepuluh ekor tikus.

Pada manusia, gigitan semut ini dapat menyebabkan pembengkakan yang disertai rasa sakit. Alergi yang ditimbulkannya juga dapat menyebabkan kematian. Semut beracun ini dapat ditemukan di Arizona dan Amerika Serikat.

Baca juga : Jenis Serangga Paling Unik

Sekian informasi terkait dengan jenis serangga paling beracun dan mematikan di dunia, semoga artikel kali ini berguna buat sahabat semua. Mohon artikel fakta hewan paling ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi : Planet Fauna

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Nabi yang Diutus di Palestina
Nabi yang Diutus di Palestina Negeri Para Anbiya
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan