Jenis Kelelawar Paling Unik dan Aneh di Dunia

Apakah ada jenis kelelawar paling unik di dunia? Ada beberapa spesies kelelawar unik yang ada di Indonesia. Mau tahu spesies kelelawar apa sajakah itu? Simak artikel fakta hewan sekitar kita (kelelawar) ini hingga selesai.

Jenis Kelelawar Paling Unik

Jenis Kelelawar paling Unik

Bila umumnya kelelawar yang kita lihat berwarna hitam, ternyata ada jenis kelelawar yang berwarna putih. Ada juga jenis kelelawar bernama kelelawar hantu, di hutan hujan tropis :

  • Meksiko,
  • Brazil, dan
  • Karibia.

Kelelawar hantu ini bertubuh putih dan umumnya hidup sendirian. Selain kelelawar hantu, ada juga jenis kelelawar lain yang tidak kalah unik yakni kelelawar pemancing. Kelelawar pemancing biasanya memakan ikan dan mereka menunggu mangsanya di atas permukaan air. Mereka menunggu ada calon mangsa yang mendekatinya.

Berikut ini jenis kelelawar paling unik dan aneh, yang mungkin belum pernah kita ketahui :

1. Kelelawar Pisang

Karena hewan ini sering orang temukan di perkebunan pisang makanya orang menyebutnya kelelawar pisang. Hewan ini merupakan spesies eksklusif wilayah Meksiko barat.

Kelelawar pisang memiliki keunikan tersendiri yaitu hewan ini memiliki moncong yang sangat panjang. Bahkan paling panjang daripada kelelawar lain pada umumnya.

Hewan ini nectarivorous yang artinya kelelawar ini memakan nektar. Di mana nektar merupakan penyerbuk penting dalam habitat hutan tropis.

2. Kelelawar Hantu

Berbeda dengan kelelawar pada umumnya yang berwarna hitam, kelelawar hantu punya warna putih. Hewan ini bisa kita temukan di hutan hujan tropis dari Meksiko hingga Brazil dan di Pulau Trinidad, Karibia.

Karena biasa hidup sendirian (berbeda dengan umumnya kelelawar yang biasa hidup berkelompok) makanya orang menyebutnya sebagai kelelawar hantu. Kelelawar ini umumnya menghabiskan siang harinya dengan bersarang di bawah pohon palem. Lalu terbang tinggi di malam hari untuk berburu ngengat atau serangga terbang lainnya.

3. Kelelawar Chapin’s

Kepala kelelawar ini punya bulu-bulu yang panjang sehingga menyerupai rambut. Dan yang jantan umumnya mengeluarkan bau yang aneh untuk menarik perhatian kelelawar betina selama musim kawin.

Kelelawar ini adalah satu-satunya kelelawar yang punya keunikan semacam itu. Kelelawar ini hidup di hutan hujan Afrika Tengah, dan umumnya memakan serangga.

4. Kelelawar Bermuka Kerutan

Hewan yang biasa memakan buah-buahan ini bisa kita temukan di Meksiko dan Amerika Tengah. Dan di sana kelelawar ini terkenal dengan nama murcielago viejito (kelelawar orang tua) atau murcielago zopilote (kelelawar kondor).

Disebut kelelawar bermuka kerutan karena hewan ini punya :

  • tubuh agak telanjang dan keriput; serta
  • lipatan besar kulit yang mereka pakai sebagai masker untuk menutupi wajah mereka saat tidur.
5. Kelelawar Bertelinga Besar

Kelelawar ini punya telinga yang besar dan lebih besar daripada kelelawar biasanya. Dengan telinganya yang besar, kelelawar ini pun memiliki kemampuan pendengaran yang lebih baik daripada kelelawar yang telinganya lebih kecil.

Salah satu jenis kelelawar paling unik ini memiliki generasi yang beragam dan bisa kita temukan di banyak bagian dunia. Mereka biasa memangsa serangga terbang.

6. Kelelawar Pemancing

Karena kebanyakan hewan ini memakan ikan makanya orang menyebutnya kelelawar pemancing. Mereka punya kaki yang panjang dan bercakar yang kelelawar ini gunakan untuk menunggu mangsanya di permukaan air.

Saat ada ikan yang mendekati permukaan air, kelelawar ini akan mencengkeramnya dengan kakinya yang bercakar, lalu menyantapnya. Sementara beberapa spesies kelelawar yang lebih kecil biasa memakan serangga air.

Kelelawar pemancing biasanya hidup di :

  • Meksiko,
  • Amerika Tengah, dan
  • Amerika Selatan.
7. Kelelawar Bermuka Hantu

Jenis kelelawar ini banyak tersebar di dunia. Dan paling banyak terdapat di :

  • Peru,
  • Amerika Serikat, dan
  • Amerika Selatan.

Disebut kelelawar bermuka hantu, karena :

  • nyaris bermuka rata,
  • tidak memiliki hidung,
  • wajah mereka berhiaskan noda yang aneh sekaligus keras, serta
  • dahi yang menonjol.

Keseluruhan penampilannya itu menjadikannya tampak sangat aneh. Hewan kelelawar ini umumnya keluar pada malam hari dan memakan serangga.

8. Kelelawar Kaki Pengisap

Kelelawar ini bisa bergelantungan di mana pun (termasuk di daun-daun palem), bahkan di tempat yang halus sekalipun. Hewan kelelawar kaki pengisap merupakan endemik Madagaskar.

Semula, kelelawar ini memakai kakinya untuk mengisap daun palem atau permukaan halus lainnya saat butuh bergelantungan. Namun kemudian kita ketahui kalau ternyata kelelawar ini dapat bergelantungan dengan mudah.

Hal tersebut karena mereka bisa menghasilkan zat lengket yang berfungsi semacam lem. Karena itu, kelelawar ini juga bisa bergelantungan di mana saja.

9. Kelelawar Berhidung Tabung

Ini adalah salah satu kelelawar yang punya wajah sangat aneh di antara mamalia lainnya. Kelelawar ini bisa kita temukan di hutan hujan Filipina. Dan kelelawar ini memiliki :

  • telinga gelap dengan bintik kuning,
  • mata berwarna jingga, dan
  • hidung yang mirip tabung.

Karena itulah hewan ini dinamakan kelelawar berhidung tabung. Sekilas, penampilannya mirip tokoh-tokoh dalam film kartun. Kebanyakan kelelawar berhidung tabung memakan buah ara dan buah-buahan lainnya, namun dalam keadaan tertentu mereka pun makan serangga.

10. Kelelawar Berkepala Palu

Hewan kelelawar berkepala palu adalah spesies kelelawar berukuran besar yang bisa kita temukan di hutan hujan Afrika. Kelelawar yang jantan memiliki bentuk kepala yang besar sekaligus aneh dan mirip palu.

Sebagian besar toraks di kepala kelelawar berkepala palu yang jantan merupakan ruang untuk beresonansi. Sehingga bisa menghasilkan suara yang sangat keras untuk menarik perhatian kelelawar betina. Karena itu hewan ini orang-orang sebut sebagai kelelawar berkepala palu. Mereka biasa memakan buah-buahan, tapi terkadang juga memakan hewan lain.

Baca juga : Ras Kelinci paling Populer di Dunia

Demikian info berkaitan dengan jenis kelelawar paling unik dan aneh di dunia, semoga artikel kali ini mencerahkan kalian. Tolong postingan fakta hewan ini kalian viralkan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi : Planet Fauna

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan