Jenis Hiu Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah

Ternak Website

Pembahasan kita kali ini yaitu jenis hiu terbesar di dunia sepanjang sejarah. Tidak semua hiu memiliki sifat ganas. Di antara 360 spesies hiu, beberapa dari mereka memang predator atau pemangsa, namun ada yang benar-benar jinak. Ukuran mereka pun bervariasi, ada yang besar, ada yang kecil.

Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Jenis Hiu Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah

Menyangkut ukuran, berikut ini adalah jenis-jenis hiu yang dianggap paling besar di dunia.

1. Whale Shark

Hiu paus atau Rhincodon typus adalah hiu terbesar yang hidup di planet ini. Ia dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 12 meter, dengan berat mencapai 15 ton. Namun, meski ukurannya sangat besar, hiu ini bukanlah hiu pemangsa. Mereka bahkan termasuk hiu yang berjalan lambat, dan hanya memakan phytoplankton atau hewan kecil yang hidup di laut.

Sama seperti hiu lainnya, hiu ini pun dapat ditemukan di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat. Spesies yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun.

2. Basking Shark

Hiu basking atau Cetorhinus maximus adalah hiu yang sangat besar, karena panjangnya mencapai sekitar 12 meter dengan berat hingga 19 ton. Namun, sebagaimana hiu paus, hiu basking juga bukan hewan pemangsa. Ia hiu yang berjalan lambat dan memakan makhluk-makhluk kecil di lautan.

3. Great White Shark

Selain memiliki ukuran tubuh besar, hiu ini juga dianggap sebagai salah satu hiu terganas di dunia. Great white shark atau Carcharodon carcharias dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 8 meter dengan berat hingga 2.267 kilogram. Hiu great white adalah hiu terakhir dari jenis spesies Carcharodon, dan dapat ditemukan di dekat pantai di semua lautan.

Komunitas SB1M
4. Tiger Shark

Hiu macan atau Galeocerdo cuvier dapat tumbuh hingga sepanjang 7 meter dan berbobot 907 kilogram. Sebagaimana hiu great white, hiu ini juga merupakan predator yang ganas. Mereka tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, tetapi juga menyerang manusia. Hiu ini biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa, namun cenderung di sekitar perairan Pasifik.

5. Pacific Sleeper Shark

Hiu Pacific sleeper atau Somniosus pacificus dapat tumbuh sepanjang 7 meter, dengan berat mencapai 362 kilogram. Yang menarik dari hiu ini adalah karena mereka merupakan satu di antara sedikit jenis hiu yang ditemukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub). Selain itu, mereka juga biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga sekitar 2000 meter di bawah permukaan laut.

6. Greenland Shark

Nama Latin hewan ini adalah Somniosus microcephalus, namun ia memiliki banyak nama selain greenland shark. Kadang disebut sleeper shark, gurry shark, ground shark, grey shark, atau inuit eqalussuaq.

Hiu besar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 6 meter ini dapat ditemukan di sekitar perairan Atlantik Utara, khususnya di dekat Greenland dan Iceland. Yang menakjubkan, mereka dapat hidup hingga 200 tahun. Karena itulah, mereka juga terkenal sebagai hewan bertulang punggung yang hidup paling lama.

Hiu ini biasa hidup di kedalaman 2000 meter di bawah permukaan laut, namun pernah tertangkap kamera di laut dangkal serendah 7 meter.

7. Great Hammerhead Shark

Great hammerhead atau Sphyma mokarran dapat tumbuh sepanjang 6 meter, dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Hiu ini dianggap pemalu dibanding hiu-hiu lainnya, karena lebih suka menghindari manusia. Hiu great hammerhead terbesar yang pernah ditangkap manusia adalah jenis betina dengan berat 580 kilogram.

8. Bigeye Thresher Shark

Hiu bigeye thresher atau Alopias superciliosus memiliki ciri khas berwarna abu keunguan, dan dapat tumbuh sepanjang 4,5 meter, dengan bobot mencapai 360 kilogram. Hiu ini dapat ditemukan di daerah laut khatulistiwa, dan biasanya hidup di kedalaman 500 meter di dasar laut.

9. Thresher Shark

Tidak jauh beda dengan bigeye thresher shark, hiu ini juga keturunan hiu besar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 5,5 meter. Hiu yang hidup di perairan khatulistiwa ini sering kali terlihat lebih ramping jika dibanding hiu-hiu lain, namun bobotnya dapat mencapai 498 kilogram.

10. Bluntnose Sixgill Shark

Hiu bluntnose sixgill atau Hexanchus griseus dikenal pula dengan sebutan hiu sapi. Warna jenis hiu ini bervariasi, dari warna keputihan, cokelat, hingga mendekati hitam. Hiu ini dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 4,7 meter, namun yang lebih besar dari itu pernah terlihat. Hiu bluntnose sixgill adalah jenis dari famili Hexanchidae, namun kebanyakan jenis saudara hiu ini sudah punah.

Demikian info tentang jenis hiu terbesar di dunia sepanjang sejarah, kami harap postingan ini mencerahkan sahabat semua. Kami berharap artikel ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Dunia Fauna

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
web hosting berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Digital Marketing

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Marketing Online Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Investasi Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Kerajinan Bunga Rotan
Kerajinan Bunga Rotan asli Cirebon
Bisnis Boneka dari Pelepah Pisang
Bisnis Boneka dari Pelepah Pisang
Pola Membangun Tim Reseller yang Gila Closing
Pola Membangun Tim Reseller yang Gila Closing
theme wordpress responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis
Workshop dan Privat Beternak Website
Workshop dan Privat Beternak Website
Jasa Pembuatan Artikel LBO
Jasa Pembuatan Artikel LBO SEO Friendly

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna Iptek Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Kiat Mengusir Nyamuk yang Mengganggu
Kiat Mengusir Nyamuk yang Mengganggu
Cara Praktis Melepas Perangko Surat dengan Mudah
Cara Praktis Melepas Perangko Surat dengan Mudah
Kiat Jitu Menata Buku agar Awet
Kiat Jitu Menata Buku agar Awet dan Tahan Lama
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang
Tradisi Kebo-Keboan Menjadi Kebanggaan Banyuwangi
Tradisi Kebo-Keboan Menjadi Kebanggaan Banyuwangi
Daditunggal Jombang Sejahtera dengan Social Entrepreneur
Daditunggal Jombang Sejahtera dengan Social Entrepreneur