Jenis Hiu Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah

Tidak semua hiu memiliki sifat ganas. Di antara 360 spesies hiu, beberapa dari mereka memang predator atau pemangsa, namun ada yang benar-benar jinak. Ukuran mereka pun bervariasi, ada jenis hiu terbesar, ada juga yang kecil.

Hiu Terbesar

Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Menyangkut ukuran, berikut ini adalah jenis-jenis hiu yang dianggap paling besar di dunia.

a. Whale Shark

Hiu paus atau Rhincodon typus adalah hiu terbesar yang hidup di planet ini. Ia dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 12 meter, dengan berat mencapai 15 ton. Namun, meski ukurannya sangat besar, hiu ini bukanlah hiu pemangsa. Mereka bahkan termasuk hiu yang berjalan lambat, dan hanya memakan phytoplankton atau hewan kecil yang hidup di laut.

Sama seperti hiu lainnya, hiu ini pun dapat ditemukan di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat. Spesies yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun.

b. Basking Shark

Hiu basking atau Cetorhinus maximus adalah hiu yang sangat besar, karena panjangnya mencapai sekitar 12 meter dengan berat hingga 19 ton. Namun, sebagaimana hiu paus, hiu basking juga bukan hewan pemangsa. Ia hiu yang berjalan lambat dan memakan makhluk-makhluk kecil di lautan.

c. Great White Shark

Selain memiliki ukuran tubuh besar, hiu ini juga dianggap sebagai salah satu hiu terganas di dunia. Great white shark atau Carcharodon carcharias dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 8 meter dengan berat hingga 2.267 kilogram. Hiu great white adalah hiu terakhir dari jenis spesies Carcharodon, dan dapat ditemukan di dekat pantai di semua lautan.

d. Tiger Shark

Hiu macan atau Galeocerdo cuvier dapat tumbuh hingga sepanjang 7 meter dan berbobot 907 kilogram. Sebagaimana hiu great white, hiu ini juga merupakan predator yang ganas.

Mereka tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, tetapi juga menyerang manusia. Hiu terbesar ini biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa, namun cenderung di sekitar perairan Pasifik.

e. Pacific Sleeper Shark

Hiu Pacific sleeper atau Somniosus pacificus dapat tumbuh sepanjang 7 meter, dengan berat mencapai 362 kilogram. Yang menarik dari hiu ini adalah karena mereka merupakan satu di antara sedikit jenis hiu yang ditemukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub).

Selain itu, mereka juga biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga sekitar 2000 meter di bawah permukaan laut.

f. Greenland Shark

Nama Latin hewan ini adalah Somniosus microcephalus. Namun hiu terbesar ini memiliki banyak nama selain greenland shark. Kadang disebut sleeper shark, gurry shark, ground shark, grey shark, atau inuit eqalussuaq.

Hiu besar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 6 meter ini dapat ditemukan di sekitar perairan Atlantik Utara, khususnya di dekat Greenland dan Iceland. Yang menakjubkan, mereka dapat hidup hingga 200 tahun. Karena itulah, mereka juga terkenal sebagai hewan bertulang punggung yang hidup paling lama.

Hiu ini biasa hidup di kedalaman 2000 meter di bawah permukaan laut, namun pernah tertangkap kamera di laut dangkal serendah 7 meter.

g. Great Hammerhead Shark

Great hammerhead atau Sphyma mokarran dapat tumbuh sepanjang 6 meter, dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Hiu terbesar ini dianggap pemalu dibanding hiu-hiu lainnya, karena lebih suka menghindari manusia. Hiu great hammerhead terbesar yang pernah ditangkap manusia adalah jenis betina dengan berat 580 kilogram.

h. Bigeye Thresher Shark

Hiu bigeye thresher atau Alopias superciliosus memiliki ciri khas berwarna abu keunguan, dan dapat tumbuh sepanjang 4,5 meter, dengan bobot mencapai 360 kilogram. Hiu ini dapat ditemukan di daerah laut khatulistiwa, dan biasanya hidup di kedalaman 500 meter di dasar laut.

i. Thresher Shark

Tidak jauh beda dengan bigeye thresher shark, hiu ini juga keturunan hiu besar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 5,5 meter. Hiu yang hidup di perairan khatulistiwa ini sering kali terlihat lebih ramping jika dibanding hiu-hiu lain, namun bobotnya dapat mencapai 498 kilogram.

j. Bluntnose Sixgill Shark

Hiu bluntnose sixgill atau Hexanchus griseus dikenal pula dengan sebutan hiu sapi. Warna jenis hiu terbesar ini bervariasi, dari warna keputihan, cokelat, hingga mendekati hitam.

Hiu ini dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 4,7 meter, namun yang lebih besar dari itu pernah terlihat. Hiu bluntnose sixgill adalah jenis dari famili Hexanchidae, namun kebanyakan jenis saudara hiu ini sudah punah.

Baca juga : Ikan Tercantik di Dunia

Demikian info tentang jenis hiu terbesar di dunia sepanjang sejarah, kami harap postingan ini mencerahkan sahabat semua. Kami berharap artikel hewan paling ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Planet Fauna

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan