Jenis Dinosaurus yang Pernah Hidup Menurut Para Peneliti

Apa saja dinosaurus yang pernah ada? Ada beberapa jenis dinosaurus yang pernah hidup menurut para peneliti. Mau tahu dinosaurus apa sajakah itu? Simak artikel fakta hewan fantastis (hewan purba) ini hingga selesai.

Jenis Dinosaurus yang Pernah Hidup

Asal Kata Dinosauarus

Banyak orang percaya bahwa dinosaurus merupakan hewan yang lamban, tetapi pada kenyataannya beberapa dari mereka merupakan dinosaurus yang sangat cepat. Para ilmuwan percaya bahwa orhithomimid, spesies yang menyerupai burung unta, dapat berlari lebih cepat daripada burung unta yang ada sekarang ini.

Kata “dinosaurus” berasal dari bahasa Latin dan Yunani yang berarti “kadal yang mengerikan”. Semua pengetahuan yang kita tahu tentang jenis dinosaurus berasal dari fosil. Saat hewan prasejarah mati, dagingnya akan membusuk dengan cepat. Lapisan lumpur akan menutupi kerangka tubuhnya secara bertahap, bahkan dapat mengubur fosil tersebut.

Beban pada lapisan lumpur bagian atas menekan lapisan bawah ke batuan di mana mineral akan menggantikan tulang dari kerangka dan menghasilkan bentuk yang sama dari kerangka tersebut. Inilah yang kita sebut sebagai fosil.

Abad Dinosaurus

Dinosaurus hidup antara 215 sampai 65 juta tahun lalu. Selama mereka hidup, mereka mendominasi kehidupan di Bumi. Kemudian, dengan cepat, berbagai jenis dinosaurus punah. Sebagian besar penyebab kepunahannya adalah perubahan iklim dunia yang ekstrim.

Tidak ada seorang pun yang mengetahui dengan pasti apa warna dinosaurus. Tampaknya, warna mereka yang beragam dipengaruhi oleh daerah tempat mereka tinggal, sama seperti binatang yang hidup kini.

Telur dinosaurus terbesar yang pernah orang temukan adalah telur hipselosaurus yang hidup 80 juta tahun lalu. Telur tersebut, yang berukuran 300 x 255 mm (11 x 10 inci), orang temukan di selatan Prancis tahun 1961.

Tidak semua jenis dinosaurus merupakan pemakan daging, banyak dari mereka yang merupakan pemakan tumbuhan. Para ilmuwan dapat mengatakan mana yang merupakan pemakan tumbuhan dan mana yang merupakan pemakan daging dengan memeriksa fosil gigi dan kukunya.

Pemakan daging memiliki gigi panjang yang tajam untuk mengoyak daging, sementara pemakan tumbuhan memiliki ukuran gigi yang lebih kecil untuk mengunyah daun dan ranting.

Beberapa jenis dinosaurus pemakan tumbuhan memiliki ukuran yang cukup besar. Pemakan daging iguanodon memiliki panjang 9,5 m (31 kaki). Pemakan tumbuhan terbesar adalah diplodocus yang panjangnya mencapai lebih dari 23 m (75 kaki) dari hidung hingga ekornya.

Jenis Dinosaurus yang Pernah Ada

Berikut beberapa jenis dinosaurus yang orang temukan pernah ada dan hidup di bumi ratusan tahun yang lalu :

1. Brachiosaurus

Satu dari dinosaurus terbesar adalah brachiosaurus yang hidup 140 – 165 juta tahun yang lalu. Perkiraan dinosaurus ini berukuran panjang 21 m (69 kaki) dan beratnya dapat mencapai 78 ton (170.000 pon). Pemakan tumbuhan ini dapat memakan kira-kira 400 kg (882 pon) makanan sehari!

2. Compsognathus

Dinosaurus terkecil yang pernah orang temukan adalah compsognathus. Yang panjangnya hanya 60 cm (kira-kira 2 kaki) dari kepala hingga ekornya.

3. Tiranosaurus

Hewan pemakan daging terbesar yang pernah orang temukan adalah tiranosaurus yang hidup kira-kira 70 juta tahun lalu. Beratnya mencapai lebih dari 12.000 kg (26.400 pon) dan panjangnya kira-kira 15 m (50 kaki) dari kepala hingga kakinya.

4. Proterosuchus

Proterosuchus memiliki kesamaan dengan keturunannya yang ada di masa modern ini yaitu buaya. Ukuran dinosaurus ini memiliki panjang kira-kira 1,5 m (4,9 kaki), memiliki rahang yang kuat dan ekor yang panjang.

Proterosuchus juga memiliki kaki belakang yang kuat. Hewan ini merupakan cikal bakal hewan yang berkembang memiliki kemampuan untuk berjalan menggunakan kaki belakang.

5. Dimetrodon

Dimetrodon adalah kadal tenaga surya. Dinosaurus jenis ini memiliki sirip besar pada bagian belakang tubuhnya yang mereka gunakan untuk menyerap panas Matahari. Sama seperti panel surya yang ada sekarang ini.

Karena tubuhnya lebih hangat daripada kadal jenis lain, dimetrodon menjadi lebih aktif daripada beberapa spesies kadal lainnya. Panjang kadal ini kira-kira 3 m (10 kaki) dan memiliki gigi yang panjang untuk menyerang dan membunuh mangsanya.

6. Megalosaurus

Megalosaurus pemakan daging merupakan dinosaurus pertama yang para ilmuwan identifikasi. Fosilnya mereka temukan pada tahun 1677, tetapi pada masa itu tidak ada seorang pun yang mengetahui fosil apakah itu.

Selanjutnya, banyak fosil peneliti temukan pada tahun 1818. Tetapi tidak sampai enam tahun kemudian, pada tahun 1824 wujud sebenarnya telah terbentuk sempurna.

7. Triceratop

Triceratop memiliki tiga buah tanduk, satu tanduk berada di atas masing-masing matanya dan satu tanduk lagi terletak di hidungnya. Walaupun tinggi rata-ratanya mencapai 6 m (20 kaki) dan beratnya adalah dua kali lipat berat gajah dewasa, triceratop hanya memakan tumbuhan.

8. Stegosaurus

Stegosaurus memiliki otak terkecil daripada semua otak dinosaurus. Hewan ini panjangnya kira-kira 6 m (20 kaki). Ia juga memiliki pelat tulang besar di sepanjang tubuhnya dan duri berukuran panjang satu meter di bagian ujung ekornya, otaknya hanya seukuran buah kenari.

Baca juga : Keajaiban Alam yang Indah dan juga Misterius

Sekian info tentang jenis dinosaurus yang pernah hidup menurut para peneliti, kami harap postingan kali ini membantu Anda. Kami berharap artikel fakta yang fantastis ini kalian bagikan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan