Investasi Emas dan Properti yang Perlu Kita Tahu

Pada kesempatan ini kami akan ulas tentang investasi emas dan properti yang perlu kita tahu. Dua investasi yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia yaitu Investasi Emas dan Investasi di Properti.

Investasi Emas dan Properti

Investasi Emas dan Properti

Berikut sedikit penjelasan tentang kedua sarana investasi tersebut :

Emas

Emas dikatakan sebagai salah satu sarana investasi karena emas pun bisa mendatangkan keuntungan; yang didapat dari perbedaan antara harga jual dengan harga beli, atau semacam capital gain dalam investasi saham. Selain itu investasi dalam emas merupakan investasi yang sangat likuid karena di negara mana pun emas diterima.

Jarang sekali ada orang yang benar-benar mau berinvestasi dalam bentuk emas. Kebanyakan orang masih melihat emas hanya sebagai tabungan. Artinya kalau ada uang lebih maka mereka membeli emas dengan harapan bila pada suatu saat tidak mempunyai uang maka emas itu bisa dijual kembali.

Tabungan emas ini kebanyakan sudah berupa perhiasan. Mereka belum memikirkan bahwa emas bisa memberikan hasil yang tinggi jika digunakan untuk investasi. Karena itu ketika emas tersebut mereka jual, mereka tidak mendapatkan keuntungan karena hasil penjualan mereka terpotong biaya pembuatan perhiasan.

Investasi emas sangat efektif dan memberikan hasil yang positif (menguntungkan) jika situasi perekonomian mengalami ketidakseimbangan. Beberapa saat lalu ketika krisis ekonomi keuangan sedang berada pada puncaknya, harga emas ikut melambung tinggi seiring dollar.

Dengan demikian benarlah kata pengamat bahwa emas identik dengan dollar. Sebenarnya bukan cuma emas, beberapa komoditi berprospek ekspor juga sama, seperti kopi, lada, timah, dan sebagainya.

Perhitungan Investasi Emas

Perhitungannya juga sederhana, ketika nilai dollar naik terhadap rupiah, harga barang-barang menjadi lebih murah diukur dengan dollar. Akibatnya, karena murah maka produk tersebut mengalami kelebihan permintaan. Permintaan yang banyak ini tentu saja mendorong harganya naik.

Sebagai contoh, misalnya di Indonesia satu kilogram lada seharga Rp 40.000 dengan kurs pertukaran US$ 1 Rp 10.000. Ini berarti harga lada tersebut adalah US$ 4 per kilogram. Tapi seandainya nilai tukar berubah menjadi US$ 1 Rp 20.000 maka lada tersebut berharga US$ 2, yaitu lebih murah dari harga yang pertama.

Dengan kurs yang kedua, lada lebih murah harganya untuk ekspor keluar negeri atau impor bagi Amerika. Permintaan barang tersebut menjadi tinggi. Tingginya permintaan akan mendongkrak harga jual. Ilustrasi ini juga bisa menggambarkan permintaan valuta asing yang terkait dengan naik-turunnya sebuah mata uang.

Properti

Jika saat ini Anda memiliki sebidang tanah atau bangunan, entah rumah, ruko, gedung perkantoran yang dihargai dengan harga tertentu, tahanlah beberapa lama dan jangan keburu dijual. Di masa yang akan datang harganya akan melonjak tajam, apalagi bila lokasinya ada di tengah perkotaan. Inilah sebabnya properti menjadi salah satu sarana investasi.

Untuk memahami mengapa properti harganya tiap tahun terus naik sangatlah sederhana. Karena hukum permintaan dan penawaran. Setiap hari selalu ada bayi yang lahir yang jumlahnya lebih banyak dari orang yang meninggal. Selain itu setiap hari ada saja orang yang menikah.

Kejadian-kejadian itu mengakibatkan populasi penduduk semakin padat sedangkan luas bumi tak pernah bertambah. Padahal setiap orang ingin mandiri, berkeluarga, memiliki anak dan memiliki rumah sendiri. Begitu seterusnya. Persediaan yang terbatas sementara permintaannya tak terbatas menyebabkan harga tanah dan bangunan akan melonjak tinggi setiap hari.

Pertanyaannya adalah apakah properti selalu naik harganya sepanjang tahun?

Jika keadaan normal, dalam arti situasi keamanan dan politik stabil, maka jawabannya ya. Harap diketahui bahwa ada beberapa jenis usaha yang justru booming ketika situasi keamanan dan politik tidak stabil.

Contohnya perusahaan penerbangan. Semakin kacau sebuah negara maka semakin banyak orang yang ingin mengungsi secepatnya. Tak heran ketika terjadi kerusuhan Mei 1998, banyak usaha penerbangan, termasuk tour and travel, panen uang.

Properti tidak selalu menjadi sarana investasi yang menguntungkan jika kestabilan politik dan keamanan tidak terjamin. Selain itu properti memiliki tingkat likuiditas yang rendah. Menjual sebuah rumah bukan hal yang mudah, apalagi yang harganya di atas ratusan juta. Likuiditasnya bisa ditingkatkan asal rumah itu dilepas dengan harga yang lebih murah alias jual rugi.

Demikian info mengenai investasi emas dan properti yang perlu kita tahu, semoga post kali ini mencerahkan kalian. Tolong post ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan