Soleh Agus

Inti Bumi Terdiri dari Beberapa Lapisan yang Memiliki Kandungan Berbeda

Di postingan ini kami akan ulas perihal Inti Bumi Terdiri dari Beberapa Lapisan yang Memiliki Kandungan Berbeda. Bumi kita hidup dan sebagian nyawa bumi terdapat pada intinya. Ini kenapa bumi kita selalu bergerak (gempa), mengeluarkan lava di gunung berapi, memunculkan pulau ke permukaan dan sebagainya.

Inti Bumi Terdiri dari Beberapa Lapisan yang Memiliki Kandungan Berbeda

Bumi kita memiliki inti yang setiap hari di dalamnya terdapat berbagai reaksi-reaksi besar seperti ledakan bom atom. Planet bumi terdiri dari serangkaian lapisan yang berbeda dan masing-masing lapisan memiliki struktur dan material yang unik. Lapisan atas dikenal sebagai kerak, merupakan lapisan tipis dari bumi dengan ketebalan 30 km, kita hidup di lapisan paling atas di kerak ini.

Di bawah kerak, ada empat lapisan yang berbeda terdiri dari : mantel atas, mantel bawah dan inti luar dan inti dalam. Inti bumi berukuran sekitar 19 persen dari total Volume bumi. Suhu ini inti diperkirakan antara 4.000 – 8.000 derajat Celcius.

Bumi kita bisa berotasi atau berputar dan mengitari matahari, dikarenakan oleh inti bumi yang berperan seperti sumber mesin utama. Pada tahun 1997 percobaan pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa inti bumi berputar pada kecepatan yang sedikit lebih cepat dari bumi itu sendiri, hal ini seperti sebuah planet yang berputar di dalam sebuah planet.

Material terbanyak yang terdapat di inti (bumi) diperkirakan hanyalah logam dan besi cair panas. Sampai saat ini belum ada penelitian mendalam mengenai apa yang terdapat pada inti bumi, hal ini dikarenakan ruang lingkup yang sulit untuk di jelajahi.

Sebaliknya kita lebih banyak mengeksplorasi ruang angkasa. Inti bumi itu aktif, akan tetapi sumber yang membuat aktif inti dari bumi masih belum sepenuhnya dipelajari. Bumi kita lahir sekitar 4,5 Milyar tahun yang lalu. Jangan meremehkan bilangan 4,5 Milyar dan jangan pernah berhitung 1 sampai 4,5 Milyar, walaupun kita cekatan menghitung 2-4 angka dalam satu detik. Perhitungan kita seluruhnya akan memakan waktu sekitar 300 ratus tahun.

Anda pernah mendengar topik mengenai inti Matahari yang bisa mati, begitu juga sama dengan bumi. Manusia yang mencemarkan lingkungan berdampak negatif pada kondisi bumi, terutama penebangan liar pada hutan. Penebangan liar dipercaya dapat meningkatkan Global Warming (pemanasan global) pada bumi.

Demikian informasi terkait dengan Inti Bumi Terdiri dari Beberapa Lapisan yang Memiliki Kandungan Berbeda, kami harap artikel kali ini bermanfaat buat sahabat semua. Mohon post ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Pengetahuan dan Teknologi

Exit mobile version