Ikan Paling Aneh dan Unik yang Ada di Dunia

Di kedalaman dasar laut, ada cukup banyak jenis ikan yang hidup. Kebanyakan mereka merupakan ikan paling aneh dan unik yang memiliki tampang dan penampilan aneh. Beberapa di antaranya memiliki keanehan pada tubuhnya, sebagian lain dianggap aneh karena kemampuan uniknya.

Ikan Paling Aneh

Ikan Paling Aneh dan Unik di Dunia

Karena hidup di laut dalam yang bertekanan tinggi, ikan-ikan itu pun umumnya memiliki penampilan yang mengerikan. Berikut ini adalah beberapa ikan khususnya ikan laut yang dianggap aneh, yang semuanya hidup di dasar laut.

a. Viper Fish

Ikan viper (Mesopelagic) memiliki tampilan yang tampak kejam, dengan mulut yang lebar dan gigi yang tajam. Ikan ini hidup di kedalaman 80 sampai 1.600 meter di bawah laut.

Seperti kebanyakan ikan yang ada di lautan dalam, ikan viper juga tidak memiliki warna kulit alias tembus pandang, dan organ tubuhnya menyala karena proses yang disebut bioluminescence.

Ikan paling aneh ini memiliki mata yang besar, yang digunakannya untuk mengumpulkan cahaya, meski dalam kondisi minim cahaya atau tak ada cahaya sama sekali. Yang paling mengerikan adalah mulutnya yang sangat lebar. Dengan mulutnya itu, ikan viper dapat menelan ikan lain secara utuh, meski ukurannya lebih besar dari dirinya.

Hal itu dimungkinkan karena perut ikan viper bersifat elastis, sehingga dapat mengembang. Ikan viper juga diketahui melakukan praktik kanibalisme, alias memakan sesamanya. Hal itu karena kehidupan di dasar laut yang minim makanan, sehingga tidak banyak hewan lain yang berkeliaran di sana.

b. Fangtooth Fish

Fangtooth (Anoplogaster cornuta) memiliki panjang tubuh yang hanya 6 inci, namun penampilannya sangat menyeramkan seperti monster. Ikan paling aneh ini memiliki tubuh yang pendek, dan kepala yang berukuran besar dibanding tubuhnya. Serta biasa hidup di kedalaman laut yang cukup ekstrem, yaitu pada kedalaman 1.600 kaki atau sekitar 487 meter.

Tekanan bawah laut yang tinggi, juga temperatur yang hampir membeku di sana, menjadikan makanan sulit ditemukan. Karenanya, ikan fangtooth hampir memakan semua yang dapat ditemukannya. Ikan ini dapat ditemukan di lautan tropikal seperti Australia.

c. Dragonfish

Dragonfish (Grammatostomias flagellibarba) biasa hidup di kedalaman 5.000 kaki atau sekitar 1.500 meter di bawah laut. Yang menjadikannya aneh, ikan paling aneh ini memiliki semacam belalai yang menyala, yang terhubung dengan dagunya.

Selain itu, bagian samping tubuhnya juga terdapat bagian yang menyala, yang digunakannya untuk memberi tanda pada ikan sesamanya selama musim kawin.

d. Gurita Fish

Ikan gurita (Architeuthis dux) adalah salah satu makhluk laut yang terbesar dan dapat tumbuh hingga sepanjang 60 kaki atau 18,3 meter. Hewan ini sangat misterius karena belum pernah ada yang menyaksikannya di alam liar. Kebanyakan yang dilihat orang adalah ketika hewan itu mati karena terperangkap dalam jaring nelayan.

Ikan paling aneh ini termasuk pemakan daging, dan mereka diperkirakan akan memangsa apa pun yang dapat ditemukannya. Uniknya, meski besar, ikan ini juga menjadi mangsa ikan paus karena pernah ditemukan di dalam tubuh ikan paus yang telah mati.

e. Angler Fish

Angler (Melanocetus johnsoni) memiliki tubuh yang dapat berkembang hingga 5 inci, dan menyerupai bola basket. Ikan paling aneh ini hidup pada kedalaman 3.000 kaki atau sekitar 914 meter di bawah permukaan laut.

Yang menjadikannya aneh, ikan ini memiliki semacam antena yang terletak di atas mulutnya. Antena itu mengeluarkan cahaya berwarna biru kehijauan, mirip kunang-kunang. Dengan cahaya itulah ikan ini memikat calon-calon mangsanya.

Di kedalaman laut, cahaya yang dikeluarkan ikan ini menarik perhatian hewan-hewan lain, termasuk ikan-ikan kecil. Angler kemudian akan memangsa mereka yang mendekat, dan langsung menelannya.

Uniknya, ikan ini juga dapat menelan utuh ikan lain yang tubuhnya lebih besar. Hal itu dimungkinkan karena tulang-tulang ikan ini sangat elastis, sehingga dapat mengembang.

f. Gulper Fish

Gulper (Eurypharynx pelecanoides) hidup di kedalaman 900 meter sampai 1800 meter di bawah laut, dan dapat tumbuh hingga sepanjang 60 centimeter sampai 2 meter. Yang mengerikan, ikan paling aneh ini memiliki mulut yang ukurannya lebih besar dibanding ukuran tubuhnya. Yaitu dengan rahang yang besar menjulur ke bawah.

Selain itu, mulut yang besar itu juga sangat lentur, sehingga dapat dibuka lebar dan siap memangsa serta menyantap apa pun yang ditemukannya. Di dasar laut, gulper termasuk predator yang sangat ditakuti. Ikan-ikan yang lebih besar sekalipun menjauh darinya, karena gulper dapat melahap mereka dengan mudah dengan mulutnya yang sangat besar.

g. Giant Isopod Fish

Giant isopod (Bathynomus giganteus) hidup di kedalaman 600 hingga 2100 meter di bawah permukaan laut, dan dapat tumbuh hingga sepanjang 14 sampai 16 inci. Spesies yang tergolong krustasea ini biasa mencari makanan di dasar laut yang gelap. Dan jika terpaksa ikan paling aneh ini dapat bertahan hidup tanpa makan hingga lebih dari 8 minggu.

Selain kemampuannya itu, yang menjadikan ikan ini juga aneh adalah “menu” makanannya. Giant isopod biasa memakan bangkai atau ikan mati di dasar laut. Kadang-kadang, hewan ini terperangkap dalam jaring nelayan. Namun, biasanya para nelayan akan membuangnya kembali karena merasa jijik untuk memakannya.

Baca juga : Berbagai Ikan Paling Unik dan Menarik

Demikian informasi terkait dengan ikan paling aneh dan unik yang ada di dunia, semoga artikel ini mencerahkan sahabat semua. Mohon artikel hewan paling ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Planet Fauna

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan