Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan

Di artikel ini kami akan ulas berkaitan dengan harta karun kuliner Jakarta yang mulai terlupakan. Dalam sajian khas daerah biasanya mengandung banyak peristiwa menarik dari masa lampau. Keharmonisan sosial, ekologi hingga perubahan dalam masyarakat, menjadi bagian akan keberadaan olahan dari berbagai paduan kearifan lokal. Seperti adanya sayur babanci dalam suku Betawi.

Harta Karun Kuliner Jakarta

Harta Karun Kuliner Jakarta : Sayur Babanci

Sayur ini merupakan salah satu sajian khas atau harta karun kuliner Jakarta yang kini mulai langka. Makanan ini dahulunya menjadi primadona selain soto Betawi dan kerak telor. Menilik dari sejarahnya, sayur babanci merupakan makanan yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa atau menjadi hidangan dalam perayaan hari besar, seperti pernikahan, Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, hingga acara syukuran.

Penamaan babanci memiliki beberapa versi, pertama dari asal kata Babah-Enci yang disinyalir dulunya diolah oleh warga Betawi dan peranakan Tionghoa. Terdapat pula yang menyampaikan bahwa nama tersebut bertumpu pada kata panggilan khas Betawi yaitu Babeh-Encing.

Latar belakang nama yang paling populer adalah dari identitasnya yang tidak jelas sebab sayur bukan, gulai juga tidak, dengan rasa dan isi yang tanggung. Sajian ini dapat dikatakan sebagai perpaduan dari masakan gulai, kari, dan soto. Ketidakjelasannya ini menjadikan orang menyebutnya dengan babanci atau wari yang memiliki arti tidak jelas.

Kandungan dalam Sayur Babanci

Hidangan dalam semangkuk sayur babanci adalah harta karun kuliner Jakarta yang penuh dengan rempah dari Indonesia. Hampir semua bumbu masuk ke dalam olahan babanci yang ini menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya. Dalam pembuatan sayur ini, diperlukan setidaknya 21 jenis bumbu dan rempah seperti, jahe, serai, kapulaga, bunga bintang, cabe merah besar, asam jawa, kemiri, lengkuas, terasi, serundeng, petai, kelapa muda, dan lainnya.

Saat menyantap masakan ini, berbagai macam sensasi rasa dari berbagai kultur bangsa terasa nikmat dalam setiap suapan. Gulai santan dari pengaruh Melayu, bumbu adas yang menjadi budaya masakan Arab, serta cara merebus daging hingga penyajiannya serupa dengan teknik memasak ala Tionghoa.

Rasa sayur babanci ini gurih, sedikit pedas, segar sebab terdapat cita rasa asam jawa, dan harum dengan adanya petai serundeng serta terasi. Dalam sayur babanci, disertakan daging sapi dan disantap menggunakan potongan ketupat sehingga sering juga disebut ketupat babanci.

Kesulitan dalam Mencari Bahan Sayur Babanci

Menu khas Betawi dan jadi harta karun kuliner Jakarta ini mengalami masa kejayaan di era 1960-an. Namun, seiring banyaknya pembangunan di berbagai wilayah Jakarta, menjadikan beberapa bumbu dari resep leluhur tersebut sulit didapatkan, salah satunya adalah kedaung. Kedaung merupakan rempah dengan berwujud biji dengan kulit berwarna hitam dan isinya hijau.

Dalam cita rasa unik sayur babancian, terdapat pula rempah botor dan tai angin. Botor adalah kacang-kacangan yang berasal dari kecipir, dikenal sebagai kacang botol / kacang belingbing (Sumatra), jaat (Jawa Barat), kelongkang (Bali), dan biraro (Ternate). Sedangakan tai angin merupakan benalu berbentuk sulur dan berwarna kuning.

Lokasi Kulineran Sayur Babanci

Saat ini, hanya sebagian kecil di daerah pinggiran Jakarta saja yang masih mengolah sayur babanci dari daerah Cempaka Putih ini. Kebiasaan orang menyajikan sayur babanci saat hari raya juga turut membuatnya semakin ditinggalkan. Sehingga, tidak semua masyarakat Betawi memiliki keahlian dalam mengolah Sayur Babanci yang menuntut kesempurnaan rasa dan pengolahan.

Sayur Babanci merupakan salah satu pusaka serta harta karun kuliner Jakarta dan Indonesia yang harus dilestarikan keberadaannya sebab keunikan berupa bahannya yang menggunakan daging buah kelapa. Bagi mereka yang ingin mencoba makanan kuliner asli Betawi ini, dapat melakukan pemesanan kepada para pemilik warung di beberapa tempat yang dapat mengolahnya.

Selain itu, dapat pula mengunjungi sebuah restoran di kawasan Kota Tua, Jakarta barat. Di restoran tersebut, semangkuk sayur babanci dipatok harga sebesar Rp 47 ribu. Ini sangat sebanding dengan rasa dan segala bentuk rupa bahan dan bumbunya.

Demikian info seputar harta karun kuliner Jakarta yang mulai terlupakan, kami harap artikel kali ini membantu kalian. Tolong postingan wisata kuliner Betawi ini dishare agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan