Fakta Unik Penyu Reptil Berumur Panjang

Tahukah Anda kalau penyu memiliki berbagai fakta nyata! Ingin tahu apa saja fakta unik penyu si reptil berumur panjang? Simak artikel fakta reptil ini hingga selesai.

Fakta Unik Penyu

Reptil Penyu

Penyu adalah hewan laut yang tubuhnya menyerupai kura-kura. Hewan ini dapat kita temukan di semua samudera di dunia dan orang percaya menjadi penjaga keseimbangan ekosistem laut. Di mana orang temukan penyu, hampir dapat orang pastikan di sana akan orang temukan kekayaan alam laut yang melimpah.

Penyu sudah ada di bumi semenjak zaman Jura atau seusia dinosaurus. Zaman jura adalah zaman 145 hingga 208 juta tahun yang lalu. Mereka berevolusi sebelum :

  • ular,
  • kadal,
  • buaya,
  • burung,
  • mamalia,
  • dan lainnya.

Pada masa purba (zaman Jura) tersebut, penyu punya tubuh selebar 6 m dan disebut Cimochelys. Penyu dulu sudah berenang di laut, sebagaimana di zaman sekarang.

Fakta Unik Penyu

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik seputar reptil penyu yang layak kita ketahui :

Bayi Penyu

Saat muncul dari dalam telur, bayi penyu akan langsung berebut masuk ke dalam air. Sehingga mereka tak pernah berinteraksi dengan induk mereka. Penyu jantan bahkan tak pernah meninggalkan air setelah mereka masuk ke dalam air pada usia remaja.

Dan setelah menetas, bayi penyu bisa menemukan jalan ke dalam air. Namun mereka juga butuh waktu beberapa hari bagi mereka untuk sampai ke sana. Karena masih bayi, penyu berjalan dengan lambat, tapi yang jelas mereka akan menemukan air.

Kenyataan bagaimana penyu bisa tahu ke mana mereka harus pergi masih jadi misteri bagi banyak ilmuwan. Teori yang paling populer menyebutkan bahwa hal itu terjadi karena penyu punya preferensi magnetik di tubuh mereka yang mengusirnya dari daratan.

Selain itu, fakta unik lainnya dari penyu yaitu mereka akan membuat lingkaran penuh di sekitar sarang mereka lebih dahulu. Sebelum kemudian mereka bergerak dalam garis lurus ke arah air.

Penyu Jantan dan Betina

Terkadang sulit untuk bisa membedakan antara penyu jantan dan penyu betina. Karena mereka punya ukuran tubuh yang sama. Tapi, cara mudah untuk membedakan keduanya yaitu :

  • keberadaan ekor panjang pada penyu jantan, dan
  • tempat organ reproduksi mereka berada.
Menyelipkan Kepala

Tak semua penyu bisa menyelipkan kepala ke dalam cangkang mereka. Bila semua kura-kura darat bisa melakukannya tidak dengan penyu laut.

Penyu punya kelopak mata yang berfungsi untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari. Mereka juga bisa melihat dengan baik di dalam air. Namun tidak ketika penyu berada di darat. Selain itu, penyu juga buta warna.

Perenang Handal

Penyu merupakan perenang yang luar biasa. Dan mereka bisa melakukannya sampai berjam-jam tanpa kelelahan. Penyu bisa berenang dari 1 mil per jam hingga 5 mil per jam.

Saat akan berkembang biak, mereka juga melakukan hal ini. Yaitu mereka berenang dan melakukan perjalanan antara ratusan sampai seribu kilometer untuk mencapai tempat berkembang biak.

Hidup di Perairan Dangkal

Penyu menghabiskan sebagian besar waktunya di perairan dangkal. Tapi, saat akan mencari makanan, mereka bisa menyelam sampai kedalaman sekitar 300 meter.

Penyu merupakan hewan berdarah dingin. Sehingga mereka punya kemampuan untuk memperlambat metabolisme tubuhnya. Hal itu juga memungkinkan mereka mampu tak makan hingga beberapa bulan bila itu mereka butuhkan.

Penyu Terbesar

Penyu terbesar yang pernah orang temukan memiliki bobot sekitar 750 kg dan panjang 28 inci. Yang menakjubkan lagi, otot-otot tubuh mereka lebih kuat daripada otot manusia.

Kekuatan otot itu juga yang memungkinkan beberapa penyu bisa melakukan perjalanan hingga 1.300 mil dalam satu hari saat bermigrasi. Hal itu peneliti buktikan dengan perangkat penelitian pelacakan yang mereka tanamkan pada beberapa di antara mereka.

Ada spesies yang tak punya tulang punggung melekat pada bagian dalam cangkangnya. Spesies tersebut yaitu penyu belimbing yang juga termasuk dalam jenis penyu terbesar di dunia.

Fakta Lain
  1. Beberapa spesies penyu dapat hidup lebih dari 100
  2. Penyu bisa kita jumpai di setiap benua, kecuali Antartika.
  3. Ukuran penyu bervariasi, mulai dari :
  • penyu bog yang panjangnya hanya 10 cm,
  • penyu leathery yang berbobot 680 kg,
  • dan sebagainya.
  1. Cangkang penyu terdiri dari 60 tulang berbeda yang saling terhubung.
  2. Lin Chi Fa menemukan penyu berkepala 3 di dalam kolamnya pada tahun 1999 di Taiwan Selatan.
  3. Saat akan kawin, penyu betina akan memilih penyu jantan berdasarkan mana dari mereka yang bisa mengangkat lehernya paling tinggi.
  4. Penyu sering kali orang katakan bisa Tapi, sesungguhnya yang terjadi yaitu penyu mengeluarkan garam dari tubuh mereka lewat mata.
  5. Suhu inkubasi sarang penyu adalah faktor utama dalam penentuan jenis kelamin penyu laut. Bila suhunya lebih hangat, maka sebagian besar keturunannya dipastikan betina.
  6. Para peneliti sulit untuk memperkirakan usia penyu secara akurat. Tapi, bila hidup dengan kondisi yang tepat, banyak spesies penyu yang bisa hidup antara 50 hingga 80 tahun.
  7. Nenek moyang penyu punya gigi dan tak dapat memasukkan kepalanya ke dalam cangkang. Tapi, secara keseluruhan, bentuk penyu sekarang sangat mirip dengan nenek moyangnya.
  8. Beberapa penyu air bisa menyerap oksigen lewat kulit pada lehernya dan sekitar anus. Dengan kemampuannya itu, penyu bisa menyelam lebih lama, bahkan mampu beristirahat di dalam air.

Baca juga : Fakta Menarik dan Unik Beruang

Sekian info mengenai fakta unik penyu reptil berumur panjang, semoga artikel kali ini bermanfaat buat sahabat semua. Tolong postingan fakta unik dan menarik reptil ini kalian bagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Planet Fauna

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan