Soleh Agus

Fakta Unik Organ Pencernaan Manusia

Tahukah Anda kalau organ pencernaan memiliki berbagai fakta unik dan menarik! Simak fakta unik organ pencernaan manusia selengkapnya hanya di artikel ini.

Air Liur

Pernahkah terpikir mengapa kita memiliki air liur? Apa yang Terjadi jika Tidak Ada Air Liur? Ludah atau air liur bukan sekadar cairan di mulut yang kita anggap menjljikkan dan kotor.

Air liur berperan pada awal proses pencernaan untuk membasahi makanan supaya mudah kita kunyah dan turun melalui kerongkongan. Air liur juga merupakan zat kimia khusus yang mengubah zat pati menjadi gula.

Jika tidak ada air liur, kita tidak akan mampu menelan apa pun. Berbicara pun sulit karena mulut kering. Kita pun tidak akan mampu mengonsumsi makanan padat dan hanya meminum cairan. Itu fakta unik organ pencernaan manusia berupa air liut.

Lambung (Organ yang Mampu Mencerna Seng)

Lambung memegang peranan yang amat vital pada proses pencernaan makanan. Di sinilah makanan dihancurkan sebelum masuk ke dalam perut. Makanan yang masuk ke Lambung akan bercampur dengan getah Lambung yang bersifat asam.

Asam Lambung ini begitu kuat sehingga dapat mencerna semua makanan yang masuk, bahkan mampu untuk mencerna seng dan timah serta melubangi dinding lambung itu sendiri.

Lalu, mengapa lambung kita tidak berlubang?

Selama proses pencernaan, dinding lambung terlapisi oleh zat yang bernama mukus. Zat inilah yang melindungi Lambung dari asam. Selain itu, sel-sel pada dinding Lambung selalu tubuh perbarui secara cepat. Jadi, meski asam Lambung begitu kuat, dinding Lambung tidak akan rusak, apalagi berlubang.

Fakta Menarik dan Nyata Organ Pencernaan

Berikut ini beberapa fakta unik organ pencernaan atau sistem pencernaan manusia yang nyata dan menarik :

  1. Rata-rata manusia menyantap sekitar 500 kilogram makanan per tahun.
  2. Sebanyak setengah hingga satu setengah liter air liur tubuh kita produksi setiap hari.
  3. Walaupun kakimu di atas dan kepalamu di bawah, makanan yang kamu kunyah tetap dapat masuk ke perut.
  4. Organ yang membentuk saluran pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus kecil, usus besar (kolon), rektum dan anus.
  5. Organ yang membantu Pencernaan, tetapi bukan bagian dari saluran pencernaan adalah lidah, kelenjar air liur, pankreas, hati, dan kandung empedu.
  6. Kerongkongan orang dewasa panjangnya sekitar 25-35cm dengan diameter 2,5 cm.
  7. Setiap hari, sebanyak 8,5 liter makanan yang kita cerna mengalir melalui sistem pencernaan. Namun hanya 1 liter yang hilang sebagai feses atau kotoran.
  8. Di mulut, makanan kita dinginkan atau hangatkan agar suhunya sesuai dengan kondisi saluran pencernaan.
  9. Hanya untuk mencerna segelas susu kita perlu organ seperti :
  1. Perut orang dewasa dapat menyimpan sekitar 1,5 liter bahan makanan.

Fakta Unik Organ Pencernaan

Berikut ini beberapa fakta unik organ pencernaan manusia lainnya :

  1. Seorang laki-laki rata-rata memakan sekitar 50 ton makanan selama hidupnya hanya untuk mempertahankan 70 kilogram berat badan.
  2. Dalam usus besar terdapat lebih dari 400 spesies bakteri berbeda yang membusukkan sisa-sisa makanan yang tidak tercerna.
  3. Lambung rata-rata menghasilkan 2 liter asam klorida (HCl) setiap hari.
  4. Asam lambung cukup kuat untuk mencerna seng dan timah. Untungnya, sel-sel pada dinding Lambung diperbarui dengan sangat cepat sehingga Lambung tidak bolong.
  5. Butuh waktu 24 sampai 72 jam pada orang dewasa sehat untuk proses pencernaan lengkap setelah menyantap makanan.
  6. Hati adalah organ bagian dalam tubuh yang paling besar.
  7. Diameter usus halus hanya sekitar 3 sampai 5 cm, namun memiliki panjang mencapai 6,5 meter.
  8. Usus besar lebih gemuk daripada usus kecil, yaitu berdiameter 7 sampai 10 cm, namun lebih pendek daripada usus halus. Panjangnya sekitar 1,5 meter.
  9. Saluran pencernaan seperti selang panjang, dengan panjang mencapai 9 meter, mulai dari mulut dan berakhir di anus.
  10. Makanan berada di perut selama 2 sampai 3 jam.

Baca Juga : Fakta Menarik dan Unik Malaysia

Demikian info terkait dengan fakta unik organ pencernaan manusia, semoga artikel ini membantu Anda. Kami berharap postingan fakta unik dan menarik tentang manusia ini kalian sebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Exit mobile version