Fakta Menarik Kupu-Kupu yang Unik

Tahukah Anda kalau kupu-kupu cantik memiliki berbagai fakta unik dan menarik! Ingin tahu apa saja fakta menarik kupu-kupu yang unik? Simak artikel tentang fakta serangga ini hingga selesai.

Fakta Menarik Kupu-Kupu

Kupu-Kupu

Kupu-kupu merupakan hewan indah yang biasa kita saksikan di halaman dan lingkungan sekitar. Yang menakjubkan dari hewan ini yaitu kenyataan bahwa betapa keindahan yang dimilikinya tersebut berasal dari ulat yang bermetamorfosa.

Dalam bahasa Inggris, kupu-kupu disebut dengan butterfly. Sebenarnya, itu merupakan anagram untuk flutterby, nama yang sebelumnya dipakai untuk kupu-kupu.

Fakta Kupu-Kupu

Selain asal keindahan dan namanya yang unik, berikut ini beberapa fakta menarik kupu-kupu :

Kupu-Kupu Raksasa

Queen Alexandra Birdwing (Ornithoptera alexandrae) merupakan kupu-kupu terbesar di dunia dengan rentang sayap sekitar 30 cm. Dan kupu-kupu ini adalah salah satu kupu-kupu terlangka di dunia. Dan kupu-kupu ini hanya bisa kita temukan di hutan hujan Papua Nugini.

Kupu-kupu betina punya tubuh dan sayap berwarna cokelat dengan rentang sayap sekitar 28 – 31 cm. Kupu-kupu jantan umumnya lebih kecil, hanya punya rentang sayap 17 – 19 cm, namun jauh lebih berwarna.

Queen Alexandra Birdwing butuh sekitar 4 bulan untuk bermetamorfosis dari telur sampai kupu-kupu dewasa. Setelah itu, kupu-kupu raksasa ini akan hidup selama 3 bulan. Rentang hidup ini cukup lama, mengingat sebagian besar kupu-kupu hanya bisa hidup selama sebulan.

Anatomi Kupu

Berikut beberapa fakta anatomi tubuh kupu-kupu :

Mata

Bisa jadi, kupu-kupu merupakan makhluk yang punya indra penglihatan paling tajam di dunia. Mata hewan ini berbentuk seperti belahan bola yang membesar pada bagian atas kepala. Biasanya mata hewan ini disebut dengan mata majemuk.

Pada waktu memfokuskan pandangan pada objek yang dilihatnya, kupu-kupu akan memakai 6 sisi lensa mikroskopik. Di mana hal ini yang memungkinkan mereka melihat ke segala arah secara bersamaan. Kemampuan tersebut menjadikan pandangan kupu-kupu benar-benar tajam sekaligus terfokus.

Selain itu, kupu-kupu pun bisa melihat sinar ultraviolet, yang tak bisa dilihat manusia. Kelebihan itu akan membantu kupu-kupu dalam mencari nektar pada bunga.

Sayap

Yang paling menarik dari hewan kupu-kupu tentu saja sayapnya yang berwarna-warni seperti pelangi. Warna-warni pada sayap kupu-kupu terlihat terang.

Yang mungkin masih jarang diketahui oleh orang yaitu bahwa sebenarnya sayap tersebut transparan. Tapi, karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipisnya, sayap kupu-kupu jadi terlihat berwarna-warni.

Suhu Tubuh

Terkadang kita mendapati seekor kupu-kupu yang sayapnya masih terlihat utuh dan sehat, tapi tak dapat terbang. Ternyata, kupu-kupu tak akan dapat terbang bila suhu tubuhnya di bawah 30 oC. Sebab bisa jadi waktu itu ia sedang kedinginan sehingga tidak mampu terbang.

Kaki

Bila manusia dan sebagian besar hewan memakai lidah sebagai indra perasa, kupu-kupu memakai kakinya untuk fungsi tersebut. Saat akan mengisap madu, kaki kupu-kupu akan memberikan sinyal apakah madu tersebut layak dimakan atau tidak.

Hal tersebut berdasarkan indra perasanya. Selain itu, kupu-kupu merasakan makanannya lewat kaki-kakinya. Semua kupu-kupu punya 6 kaki.

Mulut

Kupu-kupu punya mulut panjang yang dipakai untuk mengisap makanan. Mulut khusus ini disebut dengan probosis.

Tapi, beberapa kupu-kupu ada yang tak pernah makan karena tak punya mulut. Kupu-kupu tersebut bertahan hidup hanya dengan energi yang dikumpulkan saat jadi kepompong.

Aktivitas Kupu-Kupu

Ini beberapa fakta aktivitas kupu-kupu :

Metamorfosis

Yang menjadikan kupu-kupu istimewa adalah karena mereka serangga holometabola yang mengalami metamorfosis sempurna. Berawal dari telur, lalu berubah jadi ulat, kemudian kepompong, dan terlahir jadi kupu-kupu.

Setelah menetas dari telur sampai jadi kupu-kupu, ulat mengalami peningkatan besar tubuh hingga 27 ribu kali. Ukuran kupu-kupu berkisar antara 1/8 inci hingga 12 inci.

Berdiri

Saat seekor kupu-kupu berdiri, sayapnya pun akan ikut berdiri tegak. Ini salah satu keunikan yang mungkin jarang kita perhatikan, meskipun mungkin kita sering melihatnya. Saat kupu-kupu hinggap di atas daun atau bunga, sayapnya akan berdiri.

Bila sayapnya terlihat mengembang atau terbentang, artinya dia belum menginjakkan kakinya pada daun atau bunga tersebut. Melainkan hanya terbang dengan jarak yang sangat dekat.

Migrasi

Kupu-kupu mampu bermigrasi sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat (tropis) saat musim dingin tiba. Dan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ke tempat asalnya saat musim semi tiba.

Fakta Menarik Kupu-Kupu

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik tapi nyata tentang kupu-kupu yaitu :

  • Indra perasa kupu-kupu tidak terdapat pada mulutnya, melainkan di bawah kakinya.
  • Ada sekitar 28 ribu spesies kupu-kupu di seluruh dunia.
  • Warna sayap kupu-kupu tidak berasal dari pigmen, melainkan dari pantulan sisik-sisik transparan sayapnya. Sisik-sisik transparan ini akan terhapus bila kita menyentuhnya.
  • Kupu-kupu tercepat yaitu Monarch dengan kecepatan terbang 27 km per jam.
  • Kupu-kupu bisa melihat warna merah, kuning, dan hijau.
  • Pola warna sayap kupu-kupu yang indah sebenernya sebagai kamuflase sehingga pemangsanya tidak mengetahui keberadaannya saat terbang di antara pohon, semak, atau bunga.
  • Tidak semua kupu-kupu menyukai nektar, Misalnya, kupu-kupu red admiral. Di mana kupu-kupu ini menyukai buah busuk dan kotoran hewan.

Baca juga : Fakta Unik Kelinci yang Menarik

Demikian informasi perihal fakta menarik kupu-kupu yang unik, kami harap postingan ini bermanfaat untuk Anda. Tolong artikel fakta unik dan menarik hewan ini kalian viralkan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi :

  • Planet Fauna
  • Sumber Lain

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Membuat Rencana Bisnis Internet Terbaik
Membuat Rencana Bisnis Internet Terbaik Anda
Memilih Niche untuk Bisnis Internet
Memilih Niche untuk Bisnis Internet Terbaik
Jenis Bisnis Internet
Jenis Bisnis Internet dan Cara Menjalankannya

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan