Fakta Menarik India Atau Hindustan

Tahukah Anda kalau India memiliki berbagai fakta unik dan menarik! Salah satunya adalah Taj Mahal simbol cinta abadi. Simak fakta menarik India lainnya hanya di artikel ini.

Fakta Menarik India

Taj Mahal di India Simbol Cinta Abadi

Walaupun tampak seperti masjid, Taj Mahal sebenarnya adalah sebuah makam. Taj Mahal dikenang sebagai lambang cinta Shah Jehan, kaisar kelima dari Dinasti Mughol, kepada istrinya, Mumtaz Mahal.

Pembangunan Taj Mahal terjadi pada tahun 1631 oleh Shah Jehan untuk makam Mumtaz. Nama aslinya Arjumand Begum, Putri Persia (Iran). Setelah menikah, Arjumand diberi nama Mumtaz Mahal, yang berarti Permata Istana.

Mumtaz terkenal karena kecantikan dan perhatiannya terhadap masyarakat miskin. Dia adalah idola rakyat. Mumtaz meninggal pada usia 39 tahun, ketika melahirkan anak ke-14, pada Juni 1631. Kematian sang permaisuri membuat Shah Jehan begitu berduka. Waktunya banyak ia gunakan untuk berdoa dan membaca Al-quran di makam sang istri.

Shah Jehan memulai pembangunan Taj Mahal enam bulan setelah kematian Mumtaz. Awalnya, Shah Jehan menyebut bangunan itu sebagai ‘masjid’ tempat berdoa untuk arwah permaisuri. Taj Mahal merupakan salah satu dari tujuh keajaiban di dunia. Sebanyak 28 jenis marmer terpilih dan 43 jenis permata digunakan untuk memperindah Taj Mahal.

Pembangunan Taj Mahal

Taj Mahal dibangun dengan simetris sehingga makam Mumtaz berada tepat di tengah bangunan. Satu-satunya yang tidak simetris adalah makam Shah Jehan yang terletak di sebelah makam Mumtaz karena makam ini tidak ada dalam rencana awal pembangunan.

Awalnya, Shah Jehan berniat mendirikan Taj Mahal versi hitam untuk :

  • menunjukkan kesedihannya pada dunia sepeninggal Mumtaz Mahal; dan
  • sebagai tempat peristirahatan terakhir untuk dirinya.

Namun rencana tersebut ini digagalkan putranya.

Tidak seperti makam Mughol lainnya, taman Taj Mahal berada di depan. Latar belakang Taj Mahal adalah langit sehingga bangunan megah itu terlihat begitu gemerlap dengan warna putih dari marmer. Komposisi bentuk dan garisnya pun simetris sempurna.

Fakta Unik India

Berikut ini beberapa fakta menarik dan nyata India yaitu :

  1. India adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia dengan jumlah populasi 1.166.079.217 jiwa. India adalah negara terbesar ketujuh di dunia dengan luas 3,29 juta km persegi.
  2. Deccan Traps di India merupakan bekas aliran lahar terbesar di Bumi. Panjang aliran laharnya mencapai lebih dari 2.000 km, menutupi area seluas 500.000 km persegi.
  3. Pusat ziarah Shravana Belagola terdapat patung seorang tokoh agama setinggi 17 meter. Patung ini sebagai patung dari bongkahan batu besar tertinggi di dunia.
  4. Katedral Se merupakan gereja Kristen terbesar di Asia, yang pembangunannya terjadi pada tahun 1619 di Goa Velha.
  5. Masjid terbesar di India adalah Masjid Jama di Delhi. Masjid ini dapat menampung lebih dari 25.000 jamaah.
  6. Koh-i-Noor, salah satu berlian yang paling terkenal di dunia yang berasal dari India, terdapat pada salah satu mahkota permata Inggris.
  7. Jawaharlal Nehru adalah perdana menteri pertama India. Putrinya, Indira Gandhi dan putranya, Rajiv Gandhi juga menjabat sebagai perdana menteri.
  8. Kecelakaan di sebuah pabrik kimia di Bhopal (1984) yang menyebarkan awan gas beracun menewaskan lebih dari 3.000 orang dan melukai 2.500 orang.
  9. Festival Kumbh Mela adalah festival besar Hindu yang berlangsung di India setiap 12 tahun. Pada tahun 2001, 60 juta orang menghadiri perayaan ini, memecahkan rekor untuk kumpulan massa terbesar di dunia. Massa sebanyak itu difoto dari luar angkasa oleh sebuah satelit.

Fakta Nyata India

Berikut ini beberapa fakta unik dan nyata India yaitu :

  • Membawa mata uang India (rupee) keluar dari India adalah perbuatan ilegal.
  • Lebih dari satu juta orang India tergolong miliuner, namun sebagian besar penduduknya hidup dengan penghasilan kurang dari dua dolar per hari. Data statistik memperkirakan 35% penduduk India hidup di bawah garis kemiskinan.
  • Sapi dapat kita temukan bebas berkeliaran di jalanan kota-kota di India karena orang India menganggapnya suci.
  • India adalah tempat kelahiran catur. Catur berasal dari bahasa Sanskerta, chaturanga, yang berarti “empat anggota pasukan”, terdiri atas gajah, kuda, kereta perang, dan tentara.
  • India memiliki jaringan pos terbesar di dunia, dengan 150.000 kantor pos tersebar ke seluruh wilayah.
  • Harimau bengal merupakan hewan nasional India. Dahulu hewan ini tersebar di seluruh negeri, tapi sekarang keberadaannya kurang dari 4.000 ekor.
  • Pendiri Sun Microsystems (Vinod Khosla), pencipta cip Pentium (Vinod Dahm), pendiri atau pencipta Hotmail (Sabeer Bhatia), dan General Manager Hewlett-Packard (Rajiv Gupta) adalah orang India.
  • Sekitar 80% orang India beragama Hindu. Meski demikian, India berpenduduk muslim terbesar ketiga di dunia, setelah Indonesia dan Pakistan.
  • India memiliki industri film terbesar di dunia yang berbasis di Kota Mumbai. Huruf B pada “Bollywood” berasal dari kata Bombay, nama terdahulu dari Mumbai. Hampir semua film-film Bollywood adalah film musikal.

Fakta Menarik India

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik India yaitu :

  1. Mumbai (Bombay) adalah kota terbesar di India, dengan populasi 15 juta jiwa.
  2. Kuil Lotus adalah salah satu kuil yang paling banyak orang kunjungi di dunia, dengan lebih dari 50 juta pengunjung per tahun.
  3. India membuat kontribusi yang signifikan terhadap ilmu matematika, terutama :
  • kalkulus,
  • trigonometri,
  • aljabar,
  • konsep nol, dan
  • sistem desimal (penemuannya pada 100 SM).
  1. Kebanyakan sejarawan mengakui bahwa catatan pertama tentang operasi plastik ditemukan dalam teks-teks India kuno berbahasa Sanskerta.
  2. India memiliki jaringan jalan terbesar ketiga di dunia, sepanjang 3 juta kilometer. India juga memiliki jaringan rel kereta api terbesar kedua di dunia dengan 16 juta pekerja atau terbanyak di dunia.
  3. Meskipun Sungai Ganga merupakan salah satu sungai terkotor di dunia, mandi di sungai ini orang percaya dapat menghapus semua dosa.
  4. Menurut legenda, setelah pembangunan Taj Mahal, untuk mencegah peniruan keindahan bangunan ini, tangan para pekeryanya dipotong.
  5. Peradaban pertama dan terbesar di India berkembang di sekitar lembah Sungai Indus (sekarang Pakistan) sekitar 3.000 SM. Peradaban Lembah Indus bahkan lebih besar daripada Mesir dan Mesopotamia.

Baca Juga : Fakta Menarik dan Unik Tidur

Sekian informasi terkait dengan fakta menarik india atau hindustan, kami harap artikel ini mencerahkan Anda. Kami berharap postingan fakta unik dan menarik tentang negara ini kalian viralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan