Digital Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari Kita

Apa yang Anda bayangkan saat mendengar istilah digital teknologi? Pasti benda yang sudah tak asing lagi yaitu komputer dan segala perangkat pendukungnya. Ternyata, hal itu kurang tepat. Karena mengingat komputer hanya salah satu hasil dari teknologi.

Digital Teknologi

Pengertian Teknologi Digital

Lalu sebenarnya apa pengertian dari digital teknologi itu sendiri? Teknologi digital yaitu suatu alat yang tak lagi memakai tenaga manusia secara manual, namun lebih pada sistem pengoperasian otomatis.

Sistem pengoperasian otomatis ini memakai sistem komputerisasi atau format yang bisa dibaca komputer. Pada dasarnya teknologi digital hanyalah suatu sistem penghitung yang sangat cepat.

Di mana sistem tersebut memproses semua bentuk informasi sebagai nilai numerik (kode digital). Sedangkan, teknologi komunikasi digital yaitu teknologi yang :

  • berbasis sinyal elektrik komputer,
  • sinyalnya bersifat terputus-putus, dan
  • menggunakan sistem bilangan biner.

Bilangan biner akan membentuk kode digital yaitu angka 1 dan 0. Hal tersebut berdasarkan adanya arus listrik atau tidak yang diatur oleh transistor.

Kode digital tersebut nantinya akan diolah oleh komputer. Contohnya gambar kamera video yang sudah diubah dari gelombang cahaya jadi bentuk digital dalam bentuk pixel.

Perbedaan Teknologi Digital dan Analog

Digital teknologi merupakan sistem penghitung sangat cepat dengan memproses informasi berupa kode digital atau nilai-nilai numerik (angka). Sebelum diproses, dibutuhkan sensor yang mengubah berbagai informasi nyata jadi kode digital.

Contohnya adalah kamera digital. Kode digital yang dikirim sensor barulah akan diolah oleh komputer atau mikroprosessor. Yang mana dalam tiap alat digital pasti ada. Dari hasil pengolahan data digital tersebut, maka informasi akan ditampilkan pada layar.

Teknologi analog merupakan alat sederhana dengan program tertentu dengan pengaturan tertentu, seperti pada komputer analog. Komputer analog adalah alat ukur yang umumnya dipakai pada mesin-mesin untuk memberikan sebuah informasi dan kendali otomatis.

Kelemahan dari teknologi analog yaitu tak bisa mengukur dengan teliti dan memerlukan waktu lama untuk memproses informasi. Teknologi analog bisa dikatakan sebagai teknologi peralihan (dari teknologi mekanis ke teknologi digital).

Di mana teknologi mekanis lebih mengedepankan sistem-sistem mekanis atau manual. Pada teknologi mekanis, tak dibutuhkan komputer (mikroprosessor) untuk mengatur dan mengoperasikannya. Sebab sudah punya sistem mekanikal yang terstruktur.

Kelemahan sistem mekanis ini yaitu pengaturannya terbatas dan terdiri dari banyak bagian mekanik yang membutuhkan perawatan khusus.

Contohnya telepon :

  • teknologi analog yaitu telepon biasa, bukan ponsel pintar atau smartphone.
  • teknologi digital yakni berupa telepon yang memakai sinyal internet.

Lalu kalau kita bisa pakai teknologi analog, kenapa harus ada digital teknologi? Bukannya hasilnya sama aja? Sebagai pengguna, mungkin kita merasa bahwa hasilnya sama saja, sama-sama bisa berkomunikasi lewat telepon.

Namun sebagai penyedia layanan telepon, ada perbedaan yang sangat signifikan, antara lain :

1. Jaringan Menjadi Lebih Efisien

Saat kita melakukan komunikasi jarak jauh, baik analog ataupun digital, tiap koneksi harus dikaitkan pada kanal terpisah. Pada telepon rumah / kantor, umumnya dalam bentuk kabel saja. Bayangkan, membutuhkan berapa kabel untuk membuat koneksi telepon di Indonesia?

Sementara pada komunikasi digital, jaringannya dapat dibuat lebih efisien. Jika ada 8 koneksi misalnya, koneksi tersebut dapat ditumpuk dalam 1 jalur tertentu namun diberi “tanda”.

Server dapat membedakan masing-masing koneksi tersebut milik siapa, sebab telah ada tanda dalam bentuk digital. Jika mau tahu lebih jauh, coba pelajari konsep Multiplexing, misalnya Time-Division Multiplexing. Ini hanya dapat dilakukan jika sinyalnya yaitu sinyal digital.

2. Backup Komunikasi Lebih Mudah

Berhubung komunikasi dilakukan dalam bentuk digital, maka data tersebut juga dapat disimpan dalam bentuk digital. Jumlah data yang dapat disimpan juga lebih banyak untuk besar fisik yang sama.

Sebagai contoh, dulu waktu kita masih memakai kaset yang memakai teknologi analog, paling dalam 1 kaset, hanya muat 10 lagu. Saat ini dengan CD atau DVD, dapat muat berapa lagu?

3. Memungkinkan Teknologi Smartphone

Saat telepon dibuat dengan memakai teknologi digital, ini mempercepat revolusi dunia komunikasi. Misalnya pada telepon seluler, perkembangan dari generasi ke generasi (1, 2, 3, 4, 5) itu cepat sekali.

Pada telepon analog, kita tidak mengenal teknologi SMS. Teknologi itu baru muncul pada 2G (generasi 2) telepon seluler. Sekarang ini jangankan SMS, dengan smartphone kita bisa :

  • chatting pakai LINE,
  • browsing artikel ini di internet,
  • video call menggunakan Facetime / Skype / dll,
  • memesan ojek pakai Gojek,
  • dan berbagai aplikasi lainnya.

Beberapa contoh di atas merupakan contoh keunggulan teknologi digital terhadap analog pada telepon. Pada perangkat lain, digital teknologi juga punya keunggulan yang serupa.

Sebagai contoh, pada efek gitar. Dengan memakai teknologi digital, sinyal gitar dapat diubah jadi simbol digital. Kemudian memakai komputer untuk memprosesnya.

Berikutnya pada kamera. Dengan memakai teknologi digital, gambar pada kamera dapat disimpan dalam bentuk digital. Jumlah gambar yang disimpan dapat jauh lebih banyak, dan dapat diproses dengan memakai komputer juga.

Perkembangan Teknologi Digital

Munculnya digital teknologi pada akhir dekade 70-an yang menandakan terjadinya sebuah revolusi teknologi. Istilah digital sendiri adalah lawan kata (antonim) dari istilah analog.

Di mana, teknologi digital merupakan bentuk pengembangan dari teknologi analog, namun berbeda dengan teknologi itu. Teknologi digital tak menyimpan informasi atau data dalam bentuk gambar dan suara.

Sedangkan penyimpaan data adalah proses menyimpan suatu data di dalam suatu media dengan tujuan untuk menjaga data tersebut. Hal tersebut supaya tak hilang saat akan dibuka dan diproses kembali di waktu mendatang.

Media penyimpanan seperti :

  • komputer,
  • hardisk,
  • flashdisk,
  • CD,
  • dan lain-lan.

Perkembangan teknologi digital membuka era digital. Secara garis besar perkembangan ini bisa dilihat pada 3 hal berikut yaitu lahirnya :

  • komputer tahun 1940 dan perkembangannya sejak saat itu hingga sekarang.
  • internet atau dikenal juga World Wide Web (WWW) di tahun 1989.
  • situs jejaring sosial atau social media di tahun 1997 dan maraknya penggunaan situs tersebut sejak tahun 2000-an.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari digital teknologi :

Kelebihan Teknologi Digital

Setiap jenis teknologi punya kelebihannya masing-masing. Berikut ini beberapa kelebihan dari teknologi digital :

  • Data yang dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain tak terpengaruh cuaca buruk dan noise. Sebab data yang ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital.
  • Berbagai tipe sistem komunikasi tersedia dan bisa dipakai.
  • Biaya perawatan lebih rendah sebab lebih praktis dan stabil.

Kekurangan Teknologi Digital

Selain punya keunggulan, tiap jenis teknologi punya efek samping yang ditimbulkan. Berikut ini beberapa kekurangan dari teknologi digital :

  • Kesalahan yang mungkin terjadi pada waktu mengubah sinyal analog ke digital (digitalisasi).
  • Kemungkinan tercurinya data digital yang penting seperti nomor rekening, data pekerjaan, dll oleh hacker maupun
  • Membuat ketergantungan yang berlebihan pada pemakainya, yang bisa menghambat kemampuan empati dan sosial secara nyata.

Pada dasarnya teknologi digital memproses semua bentuk informasi sebagai nilai numerik sehingga bisa dibaca oleh komputer. Salah satu contohnya telepon seluler.

Di mana ketika menelpon digit yang dikirimkan ke penerima di suatu tempat memakai gelombang radio. Telepon penerima lalu kembali melakukan konversi angka yang diterima tersebut jadi suara yang bisa didengar oleh penerima.

Transmisi Data

Transmisi data adalah suatu proses pengiriman data dari sumber data ke suatu penerima data memakai media komputer maupun elektronik. Adapun dalam transmisi data digital teknologi ini ada beberapa bagian penting yang ada di dalamnya yakni :

Sinyal dan Modulasi

Definisi sinyal adalah gelombang elektromagnetik yang dipakai untuk mentransmisikan data atau informasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Secara umum sinyal dikelompokkan jadi 2 yakni :

  • sinyal analog, dan
  • sinyal digital.

Sedangkan modulasi yaitu penggambungan bentuk sinyal data dan sinyal pembawa (carrier) untuk mentransmisikan informasi dengan tujuan :

  • efisiensi, dan
  • meminimalisir noise.

Media Transmisi Data (MTD)

MTD adalah media yang digunakan untuk mengirimkan data sehingga, dapat menghubungkan pengirim dengan penerima data tersebut. Media transmisi data berupa :

  • Guided Transmission yakni media yang memakai sistem kabel, dan
  • Unguided Transmission yakni media yang memakai sistem gelombang elektromagnetik.

Arah Transmisi Data (ATD)

ATD adalah proses yang menjelaskan bagaimana arah kontak transmisi data yang terjadi antara pengirim dan penerima. Arah transmisi data dibagi jadi 3 yakni :

  • simplex,
  • half duplex, dan
  • full duplex.

Mode Transmisi (MT)

MT adalah suatu proses atau metode dalam melakukan transmisi data dari suatu media atau alat menuju media atau alat lainnya. MT ini memengaruhi banyaknya jalur media transmisi yang dipakai.

Mode transmisi dibagi jadi 2 yakni :

  • serial transmission, dan
  • parallel transmission.

Pengaplikasian Digital Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknologi digital sudah banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Di mana keberadaannya berperan sebagai media atau alat bantu aktivitas di berbagai bidang.

Seperti pengaplikasian teknologi digital dalam bidang :

  • penelitian,
  • pendidikan,
  • bisnis,
  • sosial,
  • dan lain sebagainya.

Adapun beberapa pengaplikasian digital teknologi yang seringkali digunakan disini dan tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari adalah :

1. Komputer Menggantikan Mesin Ketik

Mesin ketik sendiri adalah salah satu cara revolusioner yang berhasil ditemukan manusia untuk menggantikan metode tulis tangan. Setelah adanya mesin ketik, ada revolusi baru yakni munculnya komputer.

Di mana komputer tak hanya membuat proses menulis jadi lebih mudah. Namun juga memungkinkan kita bisa mengubah tulisan secara langsung sebelum mencetaknya ke kertas.

Selain itu juga memungkinkan file disimpan dalam bentuk soft file yang lebih ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana.

2. Belanja Online Menggantikan Belanja Offline

Dulu, untuk beli barang, kita harus menyisihkan waktu dan tenaga untuk menemukan barang yang sesuai keinginan. Yaitu dengan cara memasuki toko per toko.

Bagi Anda yang sibuk, belanja offline seperti ini tentu sangat tidak efisien. Selain itu, kita masih harus berusahan untuk menemukan barang yang terbaik dengan membandingkan kualitas, harga, dll.

Untuk menjawab kebutuhan Anda yang serba cepat, maka hadirlah onlineshop dengan seluruh kemudahannya. Selain bisa memilih variasi produk yang banyak, Anda pun dapat menghemat waktu tanpa harus ke luar rumah.

Cukup buka smartphone atau PC, lalu klik produk yang Anda inginkan. Kemudian tunggu hingga kurir mengantarkannya ke depan rumah. Bukan hanya baju, buku, makanan sampai kebutuhan harian juga dapat Anda peroleh secara online.

Banyaknya diskon dan promo pun membuat belanja online makin digemari saat ini. Sebab belanja online dianggap lebih hemat ketimbang harus datang langsung ke toko.

3. Pesan Tiket Tanpa Harus Antre

Sebelum adanya layanan pemesanan tiket online, masa-masa menjelang mudik merupakan waktu yang paling mendebarkan. Untuk Anda yang harus pulang kampung (mudik), memesan tiket bisa jadi tantangan tersendiri.

Mulai dari memikirkan antrean hingga keterbatasan kursi. Jika tak kebagian, siap-siap saja gigit jari.

Kehadiran aplikasi pemesanan tiket perjalanan diakui sukses memangkas semua masalah sekaligus mengefisienkan waktu dan tenaga. Selain itu, cukup dengan gawai yang mumpuni dan koneksi internet memadai, Anda dapat berburu tiket apa saja dari rumah, mulai dari tiket untuk :

  • mudik (seperti tiket pesawat, kereta api sampai kapal laut)
  • menonton konser dan bioskop,
  • lihat pameran,
  • dll.
4. Beralihnya Televisi Analog ke Digital

Salah satu teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini yaitu pemakaian teknologi baru untuk televisi. Dulu hanya bisa menonton televisi dengan saluran analog yang memanfaatkan spektrum radio yang terbatas. Saat ini semua orang dapat menikmati tontonan serba digital.

Siaran analog punya kekurangan dari segi daya tangkapnya yang terbatas. Artinya, saat lokasi penerimaan jauh dari titik transmisi, maka gambar dan audio yang diterima pun tak maksimal.

Berbeda dengan televisi digital yang memakai sistem DVB-T2. Selain lebih stabil dalam penerimaan, kualitas gambar dan audio yang ditangkap oleh televisi digital pun lebih jernih dan jelas.

5. Munculnya Layanan Video on Demand

Kemunculan berbagai digital teknologi baru mau tak mau kita perlu mengubah pola konsumsi sebagai penikmatnya. Dulu, menonton televisi dianggap sebagai satu-satunya sarana hiburan. Namun makin tinggi kesibukan maka kesempatan untuk menonton televisi pun makin berkurang.

Di sinilah Anda membutuhkan media baru yang memungkinkan untuk menonton semua acara yang Anda suka. Kapanpun Anda mau tanpa harus bergantung pada jam tayang seperti televisi.

Kebutuhan ini lantas dijawab oleh penyedia layanan streaming Video On Demand atau VOD. Layanan yang tengah populer ini memfasilitasi para pengguna internet untuk memilih dan mengontrol apa saja yang mau mereka tonton.

Seperti layaknya video rental, Anda dapat memilih program mulai dari :

  • film,
  • serial televisi,
  • reality show,
  • dll.

Meski harus mengeluarkan dana ekstra dan memerlukan internet yang mumpuni, layanan VOD ini sangat digemari di tanah air. Salah satu buktinya yaitu dengan semakin banyak perusahaan penyedia jasa streaming yang muncul. Baik perusahaan lokal ataupun luar negeri.

6. Munculnya Smartphone

Hampir semua lapisan masyarakat bahkan tak memandang usia kini menjadikan Smartphone sebagai barang penting yang tak dapat ditinggalkan. Kemudahan ini sangat diperlukan oleh masyarakat modern dengan kegiatan yang makin padat.

Kemudahan tersebut dalam :

  • mengakses informasi,
  • mencari hiburan,
  • mempermudah pekerjaan,
  • dll.

Puncak paling tinggi dari perubahan gaya hidup saat ini terjadi setelah kemunculan ponsel pintar (smartphone). Teknologi yang satu ini sukses merangsang banyak sektor untuk go digital. Fungsi dari Smartphone itu sendiri tak hanya sebatas untuk melakukan komunikasi saja.

Tapi, sekarang hampir semua aktivitas mengambil peran smartphone dalam membantu melakukannya. Seperti jam, pemutar musik sampai GPS semua tersedia dalam satu perangkat (smartphone).

7. Aplikasi Chatting Menggantikan SMS

Cara bertukar pesan dan kabar telah mengalami revolusi berkali-kali. Mulai dari :

  • surat,
  • telegram,
  • faks,
  • email,
  • SMS,
  • dll.

Namun sekali lagi, teknologi memang selalu memiliki jawaban untuk memenuhi kebutuhan kita. Tak hanya pesan teks, kita memerlukan cara lain untuk bertukar gambar, pesan suara sampai video dengan cepat.

Misalnya aplikasi ChatAja. ChatAja hadir dengan beragam inovasi terbaru untuk memudahkan Anda bertukar beragam konten. Aplikasi perpesanan asli buatan anak negeri ini memakai teknologi penyimpanan berbasis cloud yang tak akan membuat memori ponsel Anda menjadi penuh.

8. Digital Marketing Mengganti Pemasaran Konvensional

Selain beberapa hal di atas sistem pemasaran saat ini juga sudah beralih ke digital. Saat ini aktivitas digital marketing juga sudah banyak diterapkan dalam pemasaran atau promosi produk.

Kami juga menyediakan jasa digital marketing online untuk menjalankan aktivitas pemasaran produk dan bisnis. Jasa ini bisa Anda terapkan bila belum atau kurang optimal dalam aktivitas pemasaran.

Order Jasa Digital Marketing

Untuk order jasa digital marketing online bisa klik link di atas atau tekan tombol di bawah :

Demikian informasi mengenai Digital Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari Kita, semoga post kali ini mencerahkan kalian. Kami berharap postingan seputar teknologi ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan