Desa Sawarna Wisata Andalan di Banten

Topik kita kali ini adalah Desa Sawarna Wisata Andalan di Banten. Wisata desa memberikan pengalaman baru atau pun kunjungan sebagai nostalgia bagi mereka yang berasal dari kampung halaman dengan segala keramahannya. Desa Sawarna merupakan kawasan wisata dengan berbagai pesona alam dari pantai, gua, dan lebih dekatnya adalah suasana wilayahnya.

Desa Sawarna Wisata Andalan

Desa Sawarna Wisata Andalan di Banten

Kabupaten Lebak merupakan tempat tujuan wisata di Provinsi Banten, salah satu yang menjadi tujuannya adalah Desa Wisata Sawarna dengan suasana alam pedesaan beserta kekayaan agrarisnya. Julukan sebagai desa primadona layak disandingkan Desa Sawarna. Keindahan alam yang mempesona, menyimpan beberapa destinasi yang mampu menarik hati wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.

Secara administratif, Desa Wisata Sawarna masuk dalam wilayah Kampung Gendol, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terkenal sebagai desa wisata yang mempunyai berbagai destinasi, seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. Sejak tahun 2000, Desa Sawarna menjadi desa binaan Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Banten dan pada tahun 2004, pemerintah Provinsi Banten meresmikannya sebagai desa wisata.

Sejarah Desa Sawarna

Menurut sejarahnya, pada zamat kolonial Belanda, Desa Sawarna merupakan sentra perkebunan kelapa untuk diolah menjadi kopra dan minyak kelapa. Ketika Jepang berkuasa di Indonesia, Desa Sawarna dijadikan lokasi penambangan emas dengan bukti adanya lubang-lubang bekas penggalian. Nama Sawarna sendiri diambil dari nama seorang anak yang pertama tinggal di Desa Sawarna dengan gelar Raden Sawarna.

Menurut versi lain menyebutkan bahwa nama Sawarna berasal dari kata serapan yang diambil saat beberapa kampung mengadakan hajatan dan membekali diri dengan berbagai macam kue berwarna-warni. Keberagaman warna kue inilah yang kemudian dijadikan satu warna dengan sebutan nama Sawarna.

Wisata Desa Sawarna

Destinasi wisata Desa Sawarna sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, pada saat itu hanya terkenal di kalangan peselancar mancanegara yang senang berpetualang mencari ombak terbaik. Sejak tahun 90-an, yaitu pada saat peselancar dari mancanegara mengarungi lautan demi mencari ombak yang sempurna dari Pelabuhan Ratu sampai ke Selatan. Berawal dari mulut ke mulut, wisata Desa Sawarna mulai ramai dan terus bertambah kunjungan wisatawannya, baik lokal maupun mancanegara.

Memasuki Desa Sawarna, pengunjung akan dimanjakan oleh hijaunya persawahan yang terbentang dan juga sejuknya udara beserta asrinya panorama kampung. Berbagai tawaran kegiatan dengan kesan berbeda ketika berlibur di desa ini, seperti :

  • kegiatan agrowisata di areal persawahan,
  • mencari batu-batu hias yang banyak terdapat di Sungai Cisawarna,
  • mengunjungi tempat pelelangan ikan,
  • melakukan olahraga panjat tebing, atau
  • melihat kekayaan flora dan fauna hutan suaka alam yang terletak di sebelah timur desa.

Selain itu, pelancong dapat mengunjungi sentra pembuat gula kelapa, sentra pengrajin gitar dan biola, makam Jean Louis Van Gought, Tapak Sikabayan, dan lain sebagainya.

Wisata Gua Lalay

Bagi pecinta gua, Desa Sawarna merupakan pilihan yang tepat, sebab banyaknya gua di kawasan ini, Gua Lalay menjadi tempat paling sering dikunjungi. Gua Lalay merupakan gua batu gamping (karst) yang memiliki stalagmit dan stalaktit mempesona yang terbentuk akibat tetesan air dalam kurun waktu yang lama.

Stalagmit yaitu susunan batu kapur berbentuk kerucut berdiri tegak di lantai gua. Sedangkan stalaktit adalah batangan kapur yang terdapat pada langit-langit gua dengan ujung yang meruncing ke bawah. Gua yang dasarnya terendam air dan memiliki kedalaman hingga puluhan kilometer ini, dinamakan Gua Lalay karena di langit-langit gua terdapat banyak kelelawar, yang dalam bahasa Sunda disebut lalay.

Saat senja menyapa, kesempurnaan matahari tenggelam dapat ditemukan di Pantai Tanjung Layar. Keindahannya tidak hanya dari perpaduan warna merah dan kuning khas tenggelamnya matahari, tapi tebing yang menjulang tinggi menyerupai layar perahu, menjadi hiasan menakjubkan untuk dilihat. Pantai ini terkenal dengan pesona air lautnya yang jernih, sehingga melalui celah-celah cekungan karang, dapat terlihat secara kasat mata terumbu karang, rumput laut, dan ikan warna-warni yang berenang bergerombolan.

Pantai Karang Bereum

Selain itu, terdapat Pantai Karang Bereum yang merupakan lokasi terbaik untuk bertemu sang fajar dari ufuk timur dengan menikmati perubahan karang ketika terkena sinar matahari. Pantai ini beralaskan hamparan pasir putih bersih yang lembut serta ombaknya cenderung aman. Wisata pantai terbaik lainnya adalah Pantai Ciantir, atau yang juga populer dengan nama Pantai Sawarna.

Pantai perawan yang terletak di sebelah selatan desa memiliki ombak yang bergulung-gulung, layaknya ombak laut selatan pada umumnya, tepat sekali dipilih wisatawan yang ingin memacu andrenalin atau menyalurkan hobi berselancar. Desa Sawarna menyediakan wisata telusur gua dengan pantai yang landai di Pantai Gua Langir. Gua di sini dihiasi dengan bebatuan stalagtit yang menyerupai stupa di Candi Borobudur.

Demikian info mengenai Desa Sawarna Wisata Andalan di Banten, semoga postingan ini membantu teman-teman semua. Mohon artikel ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Desa Wisata di Banten

web hosting berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Digital Marketing

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Mengenal Agrobisnis dan jenis peluang usahanya
Mengenal Agrobisnis dan Jenis Peluang Usahanya
bisnis katering makanan
Bisnis Katering Makanan untuk Mahasiswa dan Karyawan
Punya bisnis laundry sendiri
Punya Bisnis Laundry Sendiri dengan Prospek Cerah
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
theme wordpress responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna Iptek Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
cara mengusir tikus dan celurut
Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah
Tips untuk Kolektor Sepak Bola
Tips untuk Kolektor Sepak Bola
Tips Menyelamatkan Diri di Gedung Tinggi
Tips Menyelamatkan Diri di Gedung Tinggi Saat Bahaya
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen Jawa Timur
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang