Soleh Agus

Cara Mengatasi Berbagai Noda pada Pakaian Sehari-Hari

Pembahasan kita sekarang ialah Cara Mengatasi Berbagai Noda pada Pakaian Sehari-Hari. Satu hal yang sering membuat kita jengkel saat mencuci pakaian adalah ketika tahu ada noda yang membercaki pakaian. Baik itu noda lipstick, bekas jus, cokelat, minyak, tinta, karat, cat atau yang lain.

Cara Mengatasi Berbagai Noda pada Pakaian Sehari-Hari

Padahal kalau tahu caranya, kita tidak perlu terlalu pusing menghadapinya. Simak saja tips yang berikut ini cara untuk menghilangkan noda di pakaian yaitu :

1. Menghilangkan Noda Lipstik

Untuk menghilangkan noda lipstick, bubuhi bagian belakang kain yang terkena noda itu dengan bensin atau ammonia dan gosok secara berulang-ulang sampai nodanya hilang.

2. Menghilangkan Noda Hangus Kena Setrika

Jika hangus karena setrika, segera basahi bagian yang hangus itu dan taburi dengan bedak, lalu remas-remas bagian yang gosong dan bilas dengan air yang telah dicampuri jeruk nipis atau cuka, kemudian bilas beberapa kali sampai bersih.

3. Menghilangkan Noda Keringat

Jika pakaian Anda bau keringat dan apak, dengan warna yang kusam, segera rendam ke dalam air hangat yang dicampur dengan seperempat cangkir garam. Dengan cara mengatasi berbagai noda ini, keringat akan cepat memisah dan kusamnya pun segera hilang.

4. Menghilangkan Noda Larutan Yodium

Jika terkena larutan yodium, segera gosok pakaian yang terkena yodium tadi dengan irisan jeruk nipis, lalu cuci dengan air panas. Pasti tidak ada lagi sisa noda yodium.

5. Menghilangkan Noda Cat

Untuk pakaian yang terkena cipratan cat, segera rendam pakain dalam air yang dicampur dengan setengah cangkir amonia dan seperempat cangkir terpentin selama 20 menit. Kemudian, bilas dengan sabun sampai bersih.

6. Menghilangkan Noda Tinta Cina

Untuk pakaian yang terkena noda tinta cina, Anda bisa membersihkannya dengan bensin atau dengan lem cair jika noda itu masih baru.

7. Menghilangkan Noda Cokelat

Jika pakaian terkena noda cokelat, gunakan larutan boraks dalam air panas. Basahi kain yang ternoda itu dengan air dingin dan gosokkan borax pada noda itu, lalu cuci dan bilas seperti biasa.

Kiat Lain dalam Mengatasi Noda Pakaian

a. Menghilangkan Noda Permen Karet

Selain mengasyikkan untuk dinikmati, permen karet kadang membuat jengkel juga. Ini terjadi ketika noda permen karet menempel di baju atau pakaian kita. Rasanya susah sekali untuk menghilangkannya. Tapi, ternyata noda permen karet ini bisa dihilangkan. Mau tahu caranya?

Bila Anda atau anak Anda mengalami hal seperti ini, dan Anda mendapati ada noda permen karet di pakaian, jangan buru-buru jengkel. Ikuti saja tips mengatasi berbagai noda seperti noda permen karet berikut.

Masukkan pakaian yang terkena noda permen karet itu ke dalam lemari es kira-kira setengah jam. Kalau tidak ada lemari es, bisa pula dimasukkan ke dalam termos es yang diisi es batu secukupnya.

Setelah setengah jam, ambil dan keluarkan. Anda bisa membuktikan sendiri, noda permen karet yang menempel itu pun akan mudah dilepaskan dari pakaian. Selanjutnya, cuci pakaian seperti biasa, Mudah, kan?

b. Menghilangkan Noda Getah

Mungkin karena kurang hati-hati saat makan nangka atau mangga, pakaian yang Anda kenakan pun terkena getahnya. Getah yang melekat pada pakaian ini sering kali sulit dihilangkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi. Berikut tips untuk mengatasi berbagai noda seperti noda getah. Ambillah cuka, lalu teteskanlah pada bagian baju yang terkena getah tadi. Bilas sebentar, kemudian segera dicuci dengan air sabun. Getah itu pun akan hilang.

Perlu diingat, tetesan cuka pada baju ini jangan sampai terlalu lama dibiarkan karena kalau terlalu lama menempel pada kain justru akan merusak baju itu sendiri.

Baca juga : Kiat Mengusir Nyamuk yang Mengganggu

Demikian informasi berkaitan dengan Cara Mengatasi Berbagai Noda pada Pakaian Sehari-Hari, kami harap post ini bermanfaat buat teman-teman semua. Kami berharap post ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Seabrek Tips dan Kiat Praktis Sehari-hari, Inayati

Exit mobile version