Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko yang Tidak bisa Dihindarkan

Pembahasan kita kali ini yaitu cara memproteksi keuangan akibat risiko yang tidak bisa dihindarkan. Proteksi adalah perlindungan bila terjadi satu risiko pada keluarga Anda. Apa yang diproteksi? Apa yang dilindungi? Keuangannya!

Memproteksi Keuangan

Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko

Risiko yang mungkin bisa terjadi pada kehidupan Anda antara lain adalah:

  1. Kematian
  2. Kecelakaan
  3. Sakit
  4. Musibah pada rumah
  5. Musibah pada kendaraan
  6. Pemutusan Hubungan Kerja

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memproteksi keuangan kita akibat risiko-risiko di atas :

a. Asuransi

Kata asuransi mungkin akan lewat di kepala Anda bila mendengar kata “proteksi”. Kata “proteksi” memang selalu dikaitkan dengan asuransi. Dengan memiliki asuransi, akibat-akibat yang muncul bila terjadi risiko pada keluarga Anda bisa diantisipasi. Ada tiga jenis jasa asuransi yang umumnya dikenal untuk memproteksi keuangan dan lainnya.

1. Asuransi Jiwa

Dengan asuransi ini, bila terjadi risiko kematian pada diri Anda, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang yang biasa disebut Uang Pertanggungan kepada ahli waris Anda. Uang Pertanggungan inilah yang nanti diharapkan bisa dikelola oleh ahli waris Anda. Ada bermacam-macam asuransi jiwa, ada yang konvensional, ada juga yang modern.

Untuk mendapatkan produk asuransi jiwa gampang. Datang saja ke perusahaan asuransi yang biasanya mempunyai nama diakhiri dengan kata “jiwa” atau “life”. Misalnya Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera misalnya, Manulife, atau Sunlife. Allianz Life juga. Ada pula Prudential.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah program asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan yang sifatnya untuk penyembuhan (sekali lagi, penyembuhan, bukan pemeliharaan). Biaya kesehatan itu terbagi atas : Perawatan, dan Penyembuhan Sakit.

Perawatan, misalnya membeli vitamin atau check up rutin. Penyembuhan sakit contohnya untuk biaya dokter, berobat, operasi, bahkan biaya rumah sakit. Harus kemanakah Anda kalau ingin mencari produk asuransi kesehatan?

Di Indonesia, produk-produk asuransi kesehatan banyak dijual oleh Perusahaan Asuransi Jiwa, baik sebagai produk utama yang berdiri sendiri atau sebagai produk yang ditempelkan pada Asuransi Jiwa.

3. Asuransi Kerugian

Asuransi ini biasanya memberikan uang pertanggungan kalau-kalau properti atau barang-barang Anda (seperti rumah atau kendaraan) kena musibah.

Contohnya, kebakaran rumah atau kecelakaan kendaraan di jalan raya. Jadi, dengan membeli produk asuransi kerugian, Anda sebetulnya sudah memproteksi keuangan. Hal tersebut untuk berjaga-jaga kalau terjadi sesuatu pada rumah Anda misalnya.

Kalau terjadi kebakaran di rumah Anda, sebetulnya Anda mengalami kerugian sebesar nilai bangunan dan isinya. Mengapa “tanah” tidak dihitung?

Oleh karena, tanah tidak kena risiko fatal. Kalaupun terjadi, paling banter tanah itujadi empang. Jadi, kalau Anda ingin mengasuransikan rumah dan isinya, sebetulnya yang diasuransikan itu adalah bangunan dan isinya.

Dana cadangan

Cara memproteksi keuangan selain dengan asuransi adalah dengan melakukan dana cadangan. Sebagai seorang karyawan, apakah Anda terus-menerus tidak pernah memiliki uang tunai di rekening tabungan Anda?

Kalau jawabannya IYA, then you’re in a dangerous situation. Guna dana cadangan adalah untuk membayar pengeluaran-pengeluaran Anda selama belum mendapatkan pekerjaan.

Seberapa besar jumlah dana cadangan yang sebaiknya dimiliki? Dana cadangan seharusnya sebesar pengeluaran keluarga selama beberapa bulan. Anggap saja bila Anda di-PHK, Anda akan hidup dari dana cadangan untuk beberapa bulan sebelum akhirnya mendapatkan pekerjaan kembali.

Berapa jumlahnya? Idealnya sekitar tiga, enam hingga dua belas bulan pengeluaran keluarga Anda. Jadi, kalau pengeluaran keluarga Anda saat ini Rp 1 jua per bulan, berarti Anda harus mempunyai dana cadangan sebesar Rp 3 juta, 6 juta hingga 12 juta. Anggap saja Rp 6 juta.

Ini berarti, kalau Anda di-PHK hari ini juga dan tidak mendapatkan uang pesangon, Anda masih mempunyai uang untuk membayar pengeluaran-pengeluaran keluarga selama enam bulan ke depan walaupun Anda tidak digaji lagi.

Jadi, tunggu apa lagi? Miliki dana cadangan sekarang juga! Jangan sampai Anda harus di-PHK dan tidak mendapatkan uang pesangon, Anda sengsara.

Baca juga : Membersihkan Aneka Macam Noda Secara Praktis

Demikian info mengenai cara memproteksi keuangan akibat risiko yang tidak bisa dihindarkan, semoga artikel ini membantu kawan-kawan semua. Kami berharap postingan tips dan trik ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya, Safir Senduk

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan