Soleh Agus

Cara Memandikan Anjing Peliharaan di Rumah

Apakah Anda punya hewan kesayangan seperti anjing? Salah satu yang harus Anda lakukan ketika memiliki hewan peliharaan adalah memandikannya. Lalu apakah Anda tahu cara memandikan anjing peliharaan kesayangan? Simak artikel ini agar tahu caranya :

Cara Memandikan Anjing Peliharaan Anda

Kesenangan Anda bermain-main dengan anjing akan menjadi-jadi apabila anjing peliharaan Anda selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Untuk itu, anjing harus dimandikan secara rutin dan teratur, setidaknya dua kali dalam sebulan.

Dengan dimandikan secara rutin dan teratur ini, bulu anjing akan tumbuh subur, segar, dan menggemaskan. Berikut ini adalah tips dan cara memandikan anjing peliharaan secara benar :

Mula-­mula, bulu anjing disisir dengan sisir khusus. Maksudnya agar bulu yang tua dan kusut bisa terlepas. Kalau terlihat ada kutunya, ambilah kutu dengan menggunakan pinset.

Sebaiknya, anjing dirantai di bawah perutnya supaya mudah dikendalikan. Di kamar mandi, bulu anjing dibasahi dengan air hangat yang disemprotkan melalui selang pemancar air.

Bisa pula menggunakan kain pembasuh dan ember berisi air hangat bila selang tidak tersedia. Lipatlah telinga anjing ke bawah sewaktu menyiram bagian kepala agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Usapkan sampo khusus anjing sedikit demi sedikit dari kepala sampai ekornya. Lalu gosoklah dengan kecepatan yang tetap sehingga berbusa.

Selanjutnya, bulunya disikat secara berlawanan arah tumbuhnya dengan menggunakan sikat mandi agar kulit dan bulunya tercuci sempurna. Lakukanlah dengan hati-hati untuk mencegah busa sampo mengenai mata.

Setelah sampo diberikan secara merata, anjing disiram kembali hingga bersih. Apabila bulunya panjang dan kebetulan sangat kotor, sebaiknya anjing kembali diberi sampo dan dibilas sekali lagi.

Keringkanlah bulu anjing menggunakan handuk. Gantilah dengan handuk lain apabila handuk pertama sudah terlalu basah.

Tips Memandikan dan Mengeringkan Bulu Anjing

Berikut tips memandikan anjing peliharaan dan mengeringkannya. Keringkanlah bulu menggunakan pengering listrik dengan tingkat panas sedang. Sementara itu, anjing tetap dirantai pada bagian perutnya.

Sambil dikeringkan, sikatlah bulunya dan sisirlah secara berlawananan kusut bisa terlepas. dengan arah tumbuhnya bulu. Dengan cara ini, bulu anjing akan kering, tetapi tidak kusut.

Setelah bulu­-bulunya kering, telinga bagian dalam dibersihkan menggunakan kapas yang telah diolesi dengan baby oil. Sedangkan kuku yang terlalu panjang digunting menggunakan gunting kuku khusus.

Apabila bulunya akan dirapikan, pemotongan bulu dilakukan setelah semua tahapan ini selesai dilakukan.

Anjing berbulu panjang seperti jenis pudel, pomerian, atau shih tzu, dianjurkan agar selalu digunting bulunya setelah dimandikan agar tampak rapi. Bulu yang dipotong biasanya di bagian pergelangan kaki, ujung telinga, dan ujung ekor.

Setelah anjing terlihat rapi dan bersih, semprotkanlah sedikit parfum untuk menyempurnakan penampilannya.

Baca juga : Tips Memelihara Anjing Sebagai Hewan Peliharaan

Sekian informasi perihal cara memandikan anjing peliharaan di rumah, semoga postingan kali ini membantu Anda. Tolong postingan ini dishare supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Seabrek Tips dan Kiat Praktis Sehari-hari, Inayati

Exit mobile version