Cara Melahirkan Customer Advocate yang Paling Baik

Ternak Website

Topik kita kali ini yaitu Cara Melahirkan Customer Advocate yang Paling Baik. Sebagai pemilik perusahaan, Anda pasti ingin agar semua pelanggan yang pernah melakukan transaksi mau datang kembali. Lebih baik lagi jika mereka bisa menjadi pelanggan setia (loyal customer) yang fanatik menggunakan produk / jasa perusahaan Anda.

Cara Melahirkan Customer Advocate

Sebenarnya, ada satu tingkatan lagi yang berada di atas loyal customer yang sering disebut customer advocate. Ciri dari customer advocate adalah mereka mau berbagi cerita baik tentang perusahaan Anda. Tentunya ini adalah impian semua pemilik perusahaan agar bisnisnya tetap eksis dan bisa berkembang dengan lebih baik lagi.

Kelompok customer advocate biasanya terbentuk secara otomatis karena mereka puas dengan produk/jasa yang dibeli dari perusahaan. Mereka dilayani dengan sangat baik sesuai dengan harapan/ekspektasinya (service exellence). Kelompok customer advocate cenderung setia dan biasanya akan membeli lebih banyak dari waktu ke waktu. Kelompok ini juga secara spontan akan membela perusahaan Anda karena inisiatif / keinginannya sendiri.

Pentingnya Customer Advocate

Ada cerita menarik yang bisa dijadikan motivasi dan inspirasi. Ada seorang pebisnis yang memiliki sebuah resto di Jakarta. Pebisnis tersebut mendidik semua karyawannya dengan baik dan menganggap semua karyawan sebagai aset yang sangat berharga.

Pebisnis ini membangun manusia melalui bisnis dan bukan membangun bisnis melalui manusia. Hal ini berakibat semua karyawannya sangat jujur dan bisa dipercaya. Tentu saja ini menimbulkan efek positif bagi customer. Semua barang yang tertinggal di resto tersebut selalu disimpan dengan baik sehingga tidak ada barang customer yang hilang.

Suatu hari di milis resto tersebut, ada seorang ibu yang menulis tentang kehilangan handphonenya. Tidak lama setelah email ibu tadi masuk ada sekitar 2-3 customer yang menanggapi bahwa tidak mungkin handpbone tersebut hilang di resto tersebut karena barang-barang mereka juga pernah tertinggal, namun semuanya tidak hilang. Mereka menyebutkan beberapa barang berharga yang pernah tertinggal.

Komunitas SB1M

Dari cerita di atas Anda bisa melihat betapa luar biasanya beberapa pelanggan yang ikut membela perusahaan dengan cerita-cerita baiknya. Mereka inilah yang disebut sebagai customer advocate. Dengan kesadarannya sendiri, mereka membela perusahaan. Kami yakin dan percaya bahwa selama ini mereka punya banyak pengalaman baik, tidak sekedar karena barangnya yang hilang bisa kembali.

Cara Melahirkan Customer Advocate yang Paling Baik

Untuk dapat melahirkan customer advocate, perusahaan harus mampu membentuk komunitas yang kuat. Semua anggota dalam komunitas harus berinteraksi satu dengan lainnya agar saling menguatkan satu sama lain dan semakin mendorong penjualan produ / jasa. Perusahaan hanya menyediakan sarananya saja. Selanjutnya mereka yang akan membuat keramaian yang positif.

Anda pasti sangat mengenal brand ‘Apple’, sebuah perusahaan yang banyak melahirkan produk-produk inovatif. Apple memiliki komunitas yang sangat kuat dan saling membantu satu sama lain. Ketika ada satu orang membeli produk Apple, maka pengguna Apple lainnya merasa senang karena mereka merasa mendapatkan satu orang baru dalam komunitasnya.

Lihat saja pengguna Apple di Genius Bar yang ada di Apple Store di seluruh dunia, bagaimana mereka secara sukarela berbagi ilmu dan pengalaman dalam menggunakan produk-prouk Apple.

Dalam komunitas virtual/ online di situs https://discussions.apple.com/welcome, Anda juga bisa melihat bagaimana mereka saling berinteraksi dan membantu tanpa diminta oleh manajemen Apple. Sehingga tidak mengherankan, antrian panjang calon pembeli selalu menghiasi peluncuran produk terbaru Apple.

Belajar dari Apple yang sangat pandai membangun komunitas baik physical maupun vitual/online, maka Anda juga harus berupaya sekuat tenaga untuk membangun komunitas serupa, agar ke depannya terbentuk kelompok customer advocate yang akan berjuang bersama perusahaan Anda. Semakin banyak customer advocate, maka perusahaan Anda akan memenangkan persaingan dan menjadi juara.

Demikian informasi terkait dengan Cara Melahirkan Customer Advocate yang Paling Baik, kami harap artikel kali ini mencerahkan sahabat semua. Tolong artikel ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Bisnis Menguntungkan

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
web hosting berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Digital Marketing

Domain Hosting Jasa Online Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Investasi Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Pola Membangun Tim Reseller yang Gila Closing
Pola Membangun Tim Reseller yang Gila Closing
No Preview
Bisnis Souvenir Unik dari Bahan Alami
No Preview
Cara Meyakinkan Calon Pembeli dengan Kata-Kata yang Menarik
Workshop dan Privat Beternak Website
Workshop dan Privat Beternak Website
Jasa Pembuatan Artikel LBO
Jasa Pembuatan Artikel LBO SEO Friendly
Jasa Backlink dan Pasang Banner
Jasa Backlink dan Pasang Banner Terpercaya
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Iptek Planet Fauna Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Resiko
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko yang Tidak bisa Dihindarkan
Membersihkan Aneka Macam Noda
Membersihkan Aneka Macam Noda secara Praktis
alasan tidak mempersiapkan dana masa depan
Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Menikmati Zaman Prasejarah di Kampung Primitif
Menikmati Zaman Prasejarah di Kampung Primitif Banyuwangi
Wisata Menawan di Banyuwangi
Wisata Menawan di Banyuwangi untuk Para Pelancong
Upaya Menjaga Usaha Batik Jetis
Upaya Menjaga Usaha Batik Jetis Sidoarjo