Biografi Ibnu Sina Ilmuwan dan Dokter Islam

Siapa ilmuwan muslim abad pertengahan yang dijuluki sebagai “pangeran dan sheikh dari orang-orang yang terpelajar”? Jawabnya, Ibnu Sina yang merupakan ilmuwan dan dokter Islam. Berikut biografi ilmuwan Islam ini.

Ibnu Sina

Biografi Ibnu Sina (Abu Ali Al Husaini)

Nama lengkapnya adalah Abu Ali Al Husaini bin Abdullah Ibnu Sina. Beliau ilmuwan yang memiliki kemampuan yang setara atau sama baiknya dalam berbagai bidang ilmu, khususnya filsafat dan kedokteran.

Hal ini berbeda dengan Al Ghazali yang seringkali dikaitkan dengan teologi Islam atau Ibnu Rusyd yang lebih sering dihubungkan dengan filsafat, walaupun mereka berdua juga menguasai bidang-bidang ilmu lainnya.

Sebelum berlanjut lebih awal kepada pengaruh Ibnu Sina di bidang keilmuan, lebih baik kita telusuri riwayat hidupnya terlebih dahulu. Beliau dilahirkan di desa Afsyina tahun 980 M, dekat kota Bukhara (sekarang wilayah Uzbekistan). Kegigihannya dalam menimba ilmu telah terlihat dari kecil, sehingga Al Quran dapat dihafalkan saat ia berusia sekitar 10 tahun.

Pada masa remaja mulai tertarik dengan cara mengobati atau menyembuhkan orang. Tidak heran jika ia sangat menggemari pelajaran-pelajaran di bidang kedokteran. Walhasil. di usia yang masih sangat muda yaitu 16 tahun, ia dikabarkan dapat membuka tempat praktik kedokteran sendiri.

Tak puas dengan kedokteran, pada masa remajanya, ia juga dikenal menguasai bidang-bidang yang menjadi dasar dari ilmu filsafat yang akan dikembangkan olehnya, seperti logika dan metafisikanya Al Farabi mengenai uraian dari Aristoteles.

Karir Kedokteran Abu Ali Al Husaini

Kecemerlangannya sebagai seorang penyembuh, menggema di seantero negeri. Tak lama kemudian, yaitu setahun setelah ia membuka praktik, ia dipanggil ke istana oleh penguasa Bukhara yang sedang sakit.

Konon, telah banyak dokter yang diutus untuk menyembuhkannya, tapi belum ada yang berhasil. Kini giliran Abu Ali Al Husaini mencobanya. Dan ia berhasil.

Jasanya yang telah menyembuhkan penguasa Bukhara membuat Abu Ali Al Husaini mendapat kemudahan untuk belajar di perpustakaan penguasa yang memiliki beragam buku yang tentu saja sangat bernilai. Hal ini membuat Ibnu Sina dapat lebih memperdalam berbagai ilmu yang dikuasainya, juga mempelajari berbagai ilmu lainnya.

Salah satu faktor yang membuat Ibnu Sina lancar dalam menyerap ilmu adalah ia sangat percaya makna ketenangan dalam hidup pada jalan Allah. Setiap kali ia menemui masalah yang pelik, ia dikabarkan selalu pergi ke mesjid untuk i’tikaf, shalat, dan zikir.

Hal ini membuatnya lebih arif dalam mengamati berbagai kesulitan yang ada dan menemukan solusi dalam memecahkannya. Barangkali ada pihak yang skeptis mengenai penjelasan ini. Tapi Ibnu Sina telah membuktikannya dengan tindakan yang dilakukannya dan tidak hanya sekadar kata-kata.

Banyak kisah mengenai Abu Ali Al Husaini yang menarik untuk disimak. Di antaranya mengenai seorang pemuda yang tertimpa suatu penyakit yang tidak ada satu pun obat yang manjur. Ibnu Sina mengobatinya dengan memeriksa denyut jantung pasiennya seraya mengamati paras wajahnya.

Kemudian ia menyuruh asisten itu menyebutkan lingkungan-lingkungan dalam kota di mana pemuda itu tinggal. Ketika sampai disebut nama suatu lingkungan, bertambahlah denyutan jantung orang sakit.

Kemudian beliau menyuruh asistennya menyebutkan nama-nama kepala keluarga lingkungan itu. Pada waktu menyebutkan suatu keluarga tertentu, berubahlah wajah orang yang sakit itu.

Akhirnya Ibnu Sina berkesimpulan bahwa penyakit orang muda itu adalah jatuh cinta pada seorang wanita, dan penyembuhannya hanya dengan menikahkannya dengan seorang wanita dari keluarga yang menyebabkan wajahnya berubah ketika disebutkan namanya.

Kematian Abu Ali Al Husaini

Ibnu Sina juga memilliki jiwa petualangan yang besar. Sering ia mengadakan perjalanan keluar dari wilayah Bukhara. Hal ini dilakukannya selain untuk mengajarkan ilmu-ilmu yang telah dikuasainya, ia juga tertarik untuk mempelajari hal-hal yang belum dikuasainya.

Tidak heran jika di setiap negeri yang dikunjunginya, ia selalu mendapat penghormatan dan penghargaan. Ibnu Sina sendiri wafat saat ia melakukan perjalanan ke Hamadhan (sekarang wilayah Iran) di usianya yang ke-57.

Karya Abu Ali Al Husaini

Jumlah karya yang ditulis Ibnu Sina diperkirakan antara 100 sampai 250 buah judul. Berikut beberapa Karyanya yang sangat terkenal yaitu :

a. Karya dalam bidang Kedokteran

Sebagai seorang dokter, Ibnu Sina membuat satu karya cemerlang yaitu Qanun fi al Tibb (Peraturan tentang Pengobatan). Buku ini menjelaskan berbagai penjelasan otentik mengenai beragam penyakit seperti radang paru-paru dan daftar 760 macam obat yang disertai cara efektif untuk menggunakannya.

Tidak heran jika buku tersebut dijadikan sebagai buku teks dalam ilmu kedokteran Barat selama enam abad lamanya. Oleh para penulis Latin, Ibnu Sina lebih dikenal dengan nama Avicenna.

b. Karya dalam bidang Filsafat

Di bidang Filsafat, ia dikenal sebagai penggemar pemikiran Al Farabi, dan pernah menulis rasa respeknya kepada Al Farabi. Tapi, bukan berarti Ibnu Sina hanya dapat membeo pemikiran Al Farabi.

Karya filsafatnya sendiri juga dapat diacungi jempol dalam keunikan dan keorisinalitasan pemikirannya. Salah satunya adalah Kitab Syifa An Nafs (Buku Penyembuhan Jiwa), yang dikenal di abad pertengahan Eropa dengan nama Sulticietia.

Buku tersebut sering dikatakan sebagai pengaruh pemikiran Aristotelian, walaupun ia sendiri dalam bagian pembukaan menyatakan bahwa ia bukanlah seorang Aristotelian. Buku lainnya yang di mana ia lebih dikenal memberikan kontribusi personalnya kepada filsafat adalah Kitab al Isyarat wa al Tanbihat (Buku Isyarat dan Petunjuk).

c. Karya dalam bidang lainnya

Apakah dalam bidang ilmu lainnya juga terdapat bukti pengaruh Ibnu Sina di dalamnya? Tentu saja terdapat karya tulis beliau lainnya yang membicarakan geometri, astronomi, teologi, filologi dan seni.

Salah satu puisi terkenal yang dibuatnya adalah syair yang panjang mengenai “turunnya jiwa ke raga dari bidang yang lebih tinggi” yang masih dihafalkan oleh anak-anak sekolah di Timur Tengah.

Selain itu ada sejumlah esai, syair dan juga puisi terkenal dan terpenting karya Ibnu Sina yaitu :

  • Hayy ibn Yaqzhan
  • Risalah Ath-Thair
  • Risalah fi Sirr Al-Qadar
  • Risalah fi Al-‘Isyq
  • Tahshil As-Sa’adah
  • Al-Urjuzah fi Ath-Thibb
  • Al-Qasidah Al-Muzdawiyyah
  • Al-Qasidah Al-‘Ainiyyah

Baca juga : Al Battani Ilmuwan Islam Ahli Astronomi

Sekian informasi tentang biografi ibnu sina ilmuwan dan dokter islam, kami harap postingan ini mencerahkan kawan-kawan semua. Kami berharap artikel tokoh ilmuwan Islam ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Usaha Toko Kelontong
Membuka Usaha Toko Kelontong Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Tanaman Hias
Buka Bisnis Tanaman Hias secara Sederhana
Model Bisnis
3 Model Bisnis untuk Efisiensi Perusahaan

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Aplikasi Penghasil Uang Investasi Online Jualan Online Sumber Lain

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
MSI Online Bisnis SB1M Sharia Indonesia Synergy Worldwide
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Ion Silver MSI
Ion Silver MSI terbaru untuk Perawatan Wajah
Bueno Spray
Bueno Spray Penghilang Bau Badan yang Efektif
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Perencanaan Dana Pensiun
Perencanaan Dana Pensiun Anda di DPLK dan DPPK
Dana Pendidikan Anak
Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Cara Terbaik
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional