Binatang yang Pandai Menyamar untuk Melindungi Diri

Apakah ada makhluk yang pandai menyamar? Ada beberapa binatang yang pandai menyamar untuk melindungi diri. Mau tahu makhluk / binatang apa sajakah itu? Simak artikel fakta hewan fantastik ini hingga selesai.

Binatang yang Pandai Menyamar

Binatang yang Pandai Menyamar

Banyak binatang atau hewan tidak memiliki alat pertahanan diri untuk melawan musuh mereka, sehingga mereka harus bersembunyi dari musuhnya. Beberapa jenis hewan menggali tanah untuk bersembunyi.

Hewan lain yang lebih pandai, menyamar untuk menyembunyikan diri mereka. Mereka mengubah rupa atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Berikut 12 binatang yang pandai menyamar demi keselamatan dirinya terhadap hewan pemangsa.

1. Ptarmigan

Ptarmigan adalah sejenis burung yang mengubah warnanya untuk menyesuaikan dirinya dengan musim. Pada musim panas, bulunya memiliki bintik untuk menyesuaikan dirinya dengan tanah dan rumput tempatnya tinggal.

Akan tetapi pada musim dingin, burung ini akan kehilangan bulu bintiknya dan bulu berwarna putih akan tumbuh. Sehingga burung ptarmigan akan lebih sulit ditemukan di salju.

2. Lalat Buah

Beberapa jenis lalat buah menutup sayapnya untuk menunjukkan daerah kekuasaannya kepada musuh utamanya, yaitu laba-laba peloncat. Laba-laba bodoh ini mengira lalat itu adalah temannya.

3. Kumbang Kepik

Kumbang kepik menghasilkan cairan yang rasanya tidak enak, sehingga tidak ada burung yang ingin memangsanya. Beberapa serangga jenis lain, yang rasanya agak lezat bagi burung-burung itu, menggunakan tanda yang sama dengan kumbang sebagai bentuk pertahanan atau perlindungan.

4. Ulat Raja Kupu-Kupu

Ulat raja kupu-kupu adalah salah satu binatang yang pandai menyamar. Binatang ini memiliki cara penyamaran yang tidak biasa; bentuknya mirip dengan kotoran burung.

5. Bunglon

Bunglon dapat mengubah warna tubuhnya dengan sangat cepat. Saat berada di permukaan tanah, tubuhnya berwarna hijau dengan bintik-bintik kuning dengan kaki berwarna kuning terang. Saat hewan ini berada di atas pohon maka ia akan mengubah menjadi hijau seluruhnya dan berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

6. Ikan Gepeng

Seperti pada beberapa jenis hewan lain, sejumlah ikan juga dapat mengubah warna tubuhnya. Ikan gepeng, seperti plaice dan flounder, dapat menyesuaikan warna tubuh mereka dengan warna permukaan dasar laut.

7. Ngengat

Ngengat memiliki sayap yang warnanya sama dengan warna ranting pohon tempatnya tinggal. Bahkan, untuk membuat dirinya lebih sulit lagi ditemukan, ngengat membungkus tubuhnya dengan sayapnya, sehingga menyerupai ranting patah.

8. Kupu-Kupu Raja

Banyak hewan yang mirip satu sama lain sebagai bentuk pertahanan diri. Kupu-kupu raja dari Amerika Utara diacuhkan oleh burung-burung karena rasanya yang tidak enak. Kupu-kupu raja muda memiliki tanda palsu seperti kupu-kupu raja untuk membuat burung-burung berpikir rasa kupu-kupu ini pasti tidak enak.

9. Serangga Tongkat

Serangga tongkat, disebut demikian karena bentuk serangga ini mirip tongkat. Hewan ini juga memiliki warna yang sama dengan tongkat, dan saat berada di ranting pohon, serangga ini hampir tidak mungkin untuk ditemukan.

10. Kupu-Kupu Daun Mati

Banyak serangga memiliki kesamaan bentuk dengan daun. Mereka memiliki warna tubuh yang sama dan sering kali memiliki bentuk yang sama dengan daun tempat mereka tinggal. Kupu-kupu daun mati dari Semenanjung Malaysia dinamai demikian karena saat melipat sayapnya, hanya bagian bawah tubuhnya saja yang tampak, sehingga menyerupai daun mati!

11. Lalat Hover

Lalat hover adalah binatang yang pandai menyamar dengan cara yang sama seperti tawon. Tawon dapat menyengat predatornya, jadi jika lalat hover mirip dengan tawon, musuhnya akan menghindarinya.

12. Naga Laut Berdaun

Makhluk lain yang menggunakan rumput laut sebagai bentuk penyamarannya adalah naga laut berdaun, sejenis kuda laut.

Bentuknya mirip dengan rumput laut, tetapi ia juga bergantung pada rumput laut untuk membuat penyamarannya menjadi lebih meyakinkan. Untuk menyembunyikan dirinya dari musuhnya, kepiting, ia menutupi tubuhnya dengan rumput atau lumut.

Baca juga : Hewan yang Terancam Punah

Sekian info terkait dengan binatang yang pandai menyamar untuk melindungi diri, semoga post kali ini bermanfaat buat Anda. Mohon post fakta yang fantastis ini kalian bagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan