Binatang yang Pandai Menyamar untuk Melindungi Diri

Topik kita kali ini adalah binatang yang pandai menyamar untuk melindungi diri. Banyak binatang atau hewan tidak memiliki alat pertahanan diri untuk melawan musuh mereka, sehingga mereka harus bersembunyi dari musuhnya. Beberapa jenis hewan menggali tanah untuk bersembunyi.

Binatang yang Pandai Menyamar

Binatang yang Pandai Menyamar

Hewan lain yang lebih pandai, menyamar untuk menyembunyikan diri mereka. Mereka mengubah rupa atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Berikut 12 binatang yang pandai menyamar demi keselamatan dirinya terhadap hewan pemangsa.

a. Ptarmigan

Ptarmigan adalah sejenis burung yang mengubah warnanya untuk menyesuaikan dirinya dengan musim. Pada musim panas, bulunya memiliki bintik untuk menyesuaikan dirinya dengan tanah dan rumput tempatnya tinggal. Akan tetapi pada musim dingin, burung ini akan kehilangan bulu bintiknya dan bulu berwarna putih akan tumbuh, sehingga burung ptarmigan akan lebih sulit ditemukan di salju.

b. Lalat Buah

Beberapa jenis lalat buah menutup sayapnya untuk menunjukkan daerah kekuasaannya kepada musuh utamanya, yaitu laba-laba peloncat. Laba-laba bodoh ini mengira lalat itu adalah temannya.

c. Kumbang Kepik

Kumbang kepik menghasilkan cairan yang rasanya tidak enak, sehingga tidak ada burung yang ingin memangsanya. Beberapa serangga jenis lain, yang rasanya agak lezat bagi burung-burung itu, menggunakan tanda yang sama dengan kumbang sebagai bentuk pertahanan atau perlindungan.

d. Ulat Raja Kupu-Kupu

Ulat raja kupu-kupu adalah salah satu binatang yang pandai menyamar. Binatang ini memiliki cara penyamaran yang tidak biasa; bentuknya mirip dengan kotoran burung.

e. Bunglon

Bunglon dapat mengubah warna tubuhnya dengan sangat cepat. Saat berada di permukaan tanah, tubuhnya berwarna hijau dengan bintik-bintik kuning dengan kaki berwarna kuning terang. Saat hewan ini berada di atas pohon maka ia akan mengubah menjadi hijau seluruhnya dan berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

f. Ikan Gepeng

Seperti pada beberapa jenis hewan lain, sejumlah ikan juga dapat mengubah warna tubuhnya. Ikan gepeng, seperti plaice dan flounder, dapat menyesuaikan warna tubuh mereka dengan warna permukaan dasar laut.

g. Ngengat

Ngengat memiliki sayap yang warnanya sama dengan warna ranting pohon tempatnya tinggal. Bahkan, untuk membuat dirinya lebih sulit lagi ditemukan, ngengat membungkus tubuhnya dengan sayapnya, sehingga menyerupai ranting patah.

h. Kupu-Kupu Raja

Banyak hewan yang mirip satu sama lain sebagai bentuk pertahanan diri. Kupu-kupu raja dari Amerika Utara diacuhkan oleh burung-burung karena rasanya yang tidak enak. Kupu-kupu raja muda memiliki tanda palsu seperti kupu-kupu raja untuk membuat burung-burung berpikir rasa kupu-kupu ini pasti tidak enak.

i. Serangga Tongkat

Serangga tongkat, disebut demikian karena bentuk serangga ini mirip tongkat. Hewan ini juga memiliki warna yang sama dengan tongkat, dan saat berada di ranting pohon, serangga ini hampir tidak mungkin untuk ditemukan.

j. Kupu-Kupu Daun Mati

Banyak serangga memiliki kesamaan bentuk dengan daun. Mereka memiliki warna tubuh yang sama dan sering kali memiliki bentuk yang sama dengan daun tempat mereka tinggal. Kupu-kupu daun mati dari Semenanjung Malaysia dinamai demikian karena saat melipat sayapnya, hanya bagian bawah tubuhnya saja yang tampak, sehingga menyerupai daun mati!

k. Lalat Hover

Lalat hover adalah binatang yang pandai menyamar dengan cara yang sama seperti tawon. Tawon dapat menyengat predatornya, jadi jika lalat hover mirip dengan tawon, musuhnya akan menghindarinya.

l. Naga Laut Berdaun

Makhluk lain yang menggunakan rumput laut sebagai bentuk penyamarannya adalah naga laut berdaun, sejenis kuda laut. Bentuknya mirip dengan rumput laut, tetapi ia juga bergantung pada rumput laut untuk membuat penyamarannya menjadi lebih meyakinkan. Untuk menyembunyikan dirinya dari musuhnya, kepiting, ia menutupi tubuhnya dengan rumput atau lumut.

Baca juga : 7 Benda yang tidak Dapat Dipindah ke Tempat Lain

Sekian info terkait dengan Binatang yang Pandai Menyamar untuk Melindungi Diri, semoga post kali ini bermanfaat buat Anda. Mohon post hewan fantastis ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Fakta Fantastis Dunia

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan