Air Terjun Terindah di Indonesia yang Mesti Anda Kunjungi

Sekarang kami akan jelaskan berkaitan dengan Air Terjun Terindah di Indonesia yang Mesti Anda Kunjungi. Pengertian Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mana mengalami erosi dan jatuh dari ketinggian. Air terjun bisa berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi sering kali terjadi.

Air Terjun Terindah di Indonesia

Air Terjun Terindah di Indonesia

Ada beberapa air terjun di Indonesia yang tidak kalah menawan dari air terjun-air terjun yang ada di dunia. Berikut beberapa air terjun paling indah di negara kita Indonesia :

1. Air Terjun Bissapu

Air terjun Bissapu terletak di Desa Bonto Salluang, sekitar 5 km dari kota Bantaeng, Sulawesi Selatan. Deru air yang kadang membiaskan warna-warni pelangi ini menyembul di antara gugusan tebing terjal di sekitarnya. Jika ingin berkunjung, pagi hari adalah saat yang paling tepat. Air terjun Bissapu terbentuk dari aliran sungai di Kecamatan Sinoa.

2. Air Terjun Cibeureum

Cibeureum terletak di antara lereng-lereng curam di kawasan Kebun Raya Cibodas. Jaraknya sekitar 2,6 km atau satu dengan berjalan kaki dari gerbang masuk Taman Nasional. Perjalanan untuk mencapai air terjun Cibeureum ini tidak seberat dan sesulit yang dibayangkan. Pada beberapa bagian yang dulunya berlumpur atau curam, sudah dibangun jembatan kayu.

3. Air Terjun Bantimurung

Air terjun yang berada di Maros (Sulawesi Selatan) ini menjadi tujuan favorit wisatawan. Tidak seperti air terjun lain, air terjun Bantimurung memang lebih landai. Namun, lereng yang menjadi jalan air sungai yang tak kunjung surut ini, tampak unik dan mengagumkan. Lebar air terjun ini kurang lebih 20 m dengan ketinggian 15 m.

Selain menawarkan keindahan air terjun, di sini juga ada Gua Mimpi dengan stalaktit dan stalagmit; Gua ini berjarak sekitar 8 ratus meter dan dapat dicapai melalui tangga di sisi kiri air terjun. Kawasan wisata air terjun Bantimurung juga menjadi habitat berbagai spesies kupu-kupu sehingga penjajah Belanda pernah menjuluki tempat ini sebagai Kingdom of Butterfly.

4. Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun Sipiso-piso di Sumatra Utara ini menderu hingga 120 m dan menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 120 m, suara tetesan air terdengar keras sampai di bawah bukit. Nama Sipiso-piso konon berasal dari kata piso atau pisau. Air ini langsung mengalir ke Danau Toba.

5. Air Terjun Gitgit

Air terjun di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, setinggi 45 m ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Bali. Pemandangan di sekitar air terjun ini sangat asri dan menyejukkan. Deburan air terjun dan kicauan burung, serta hamparan sawah dan perkebunan menyuguhkan suasana hijau, damai, dan alami.

6. Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun di kaki Gunung Rinjani, Desa Senaru, Lombok, ini sangat indah. Tempat ini berjarak kurang lebih 2,5 jam dari kota Mataram, Lombok. Sebelum mencapai Tiu Kelep, kita dapat berkunjung ke air terjun Sendang Gile yang letaknya lebih dekat dengan pintu masuk Tiu Kelep.

Air terjun Tiu Kelep terletak di ketinggian 600 m dpl. Untuk mencapai air terjun ini memang tidak mudah. Medan yang dilalui cukup licin karena harus menyeberang sungai dan berjalan di antara bebatuan dan batang-batang, serta akar pohon.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, tanpa sadar pengunjung diberi ‘wahana’ alam yang memacu adrenalin, yaitu jembatan air tua yang berlubang besar di tengah tanpa pagar di salah satu sisi dan terowongan air yang beraliran deras tanpa penerangan. Terowongan ini berakhir di dekat pintu masuk wisata Tiu Kelep dan biasanya menjadi jalan saat kita pulang.

7. Air Terjun Kali

Desa Kali, Manado, ini menjadi tempat wisata favorit. Tiga tahapan menarik tampak pada objek wisata ini. Sebelum air terjun, di atasnya tampak seperti luncuran air yang mengalir deras di atas bebatuan yang menyerupai papan. Dari situ, air tertampung pada kolam yang berbentuk air pusar, lalu dari ketinggian 60 m, air akan jatuh. Air terjun ini tidak jauh dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 10 km.

Sekian informasi berkaitan dengan Air Terjun Terindah di Indonesia yang Mesti Anda Kunjungi, semoga artikel kali ini berguna untuk sahabat semua. Mohon postingan ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Air Terjun di Indonesia

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Aplikasi Penghasil Uang Investasi Online Jualan Online Sumber Lain

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Kisah Entrepreneur MSI Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Agrobisnis
Mengenal Agrobisnis dan Jenis Peluang Usahanya
Bisnis Katering Makanan
Bisnis Katering Makanan untuk Mahasiswa dan Karyawan
Punya Bisnis Laundry
Punya Bisnis Laundry Sendiri dengan Prospek Cerah
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna IPTEK Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak sesuai Kebutuhan
Mengusir Tikus dan Celurut
Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda