Soleh Agus

Agar Rumah Tampak Tetap Bersih dan Rapi

Topik kita sekarang yaitu agar rumah tampak tetap bersih dan rapi. Membuat agar rumah tampak tetap bersih dan rapi merupakan tugas yang relatif mudah, tetapi juga bisa menjadi berat bagi sebagian orang. Untuk lebih memudahkan Anda menjadikan rumah tampak bersih dan rapi ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan asah.

Agar Rumah Tampak Tetap Bersih dan Rapi

Beberapa hal yang harus menjadi kebiasaan yang Anda lakukan agar rumah bersih dan rapi yaitu sebagai berikut:

a. Selalu membersihkan

Anda tidak perlu menggosok lantai setiap hari, tetapi pertimbangkan untuk mengelap kabinet setiap setelah memasak. Anda juga bisa mengelap pancuran setelah menggunakannya, meletakkan dokumen langsung di tempat khusus, bukan di atas meja atau sembarang tempat, serta mencuci piring setiap setelah makan.

b. Meletakkan barang di tempatnya semula

Anda harus memastikan barang-barang sudah berada di tempatnya. Misalnya, kabinet terspu bersih dan baju kotor sudah di dalam keranjang. Tidak perlu memvakum lantai setiap pagi, namun Anda bisa menyapu bagian-bagian yang paling sering dilewati.

c. Meletakkan pembersih di dekat tempat yang paling kotor

Di dalam rumah ada titik-titik yang paling mudah dan cepat kotor. Pastikan untuk menyimpan peralatan atau perlengkapan kebersihan di titik yang mudah untuk dijangkau sehingga kegiatan membersihkan menjadi lebih mudah.

d. Membiarkan beberapa tempat berantakan

Tuntutan akan kesempurnaan dalam setiap inci dari rumah dapat menyebabkan Anda merasa tertekan. Ingatlah bahwa tidak ada yang mengharapkan Anda untuk menjaga setiap tempat dalam rumah dan hidup bersih selama 24 jam.

Oleh sebab itu, berikan kelonggaran pada beberapa khusus. Sebut saja tempat sampah kering yang berisi kertas-kertas. Anda tidak perlu mengosongkan dan membersihkannya setiap hari. Anda bisa menunggunya sampai penuh terlebih dahulu, sebelum dikosongkan.

e. Membeli perlengkapan rumah seperlunya

Hal ini merupakan tindakan yang tidak hanya rumah akan tertata rapi tetapi juga dapat menghemat uang belanja rumah tangga. Jadi sebaiknya apabila ingin membeli perlengkapan rumah harus dipikirkan terlebih dahulu, apakah barang ini sangat dibutuhkan? Gunakanlah rumus “kebutuhan” bukan “keinginan” dalam membeli peralatan maupun perlengkapan rumah.

Demikian tips tentang cara agar rumah tampak tetap bersih dan rapi, semoga bermanfaat.

Referensi: Menjadi Entrepreneur Serba Bisa

Exit mobile version