Tips Sukses untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis Franchise

Kali ini kami akan jelaskan mengenai Tips Sukses untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis Franchise. Mencari ide bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan? Coba bisnis franchise. Simak tips sukses berbisnis waralaba untuk Anda yang baru saja ingin memulainya.

Pasukan Synergy
Memulai Bisnis Franchise

Tips Sukses untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis Franchise

Bisnis franchise atau yang juga dikenal dengan waralaba belakangan sedang naik daun, terutama yang bergerak di bidang kuliner. Namun, Anda perlu tahu bahwa dibutuhkan banyak hal untuk bisa berhasil sebagai pengusaha bisnis waralaba. Pasalnya, Anda harus cermat dan teliti ketika memutuskan untuk menggeluti bisnis ini. Salah dalam perhitungan dan langkah akan membuat Anda masuk ke dalam kerugian dengan jumlah yang tidak sedikit.

Jadi, jangan pernah terlena dengan hasil akhirnya. Memang, keuntungan dari berbisnis waralaba terbilang cukup menjanjikan. Meski begitu, proses yang harus Anda lalui juga panjang, dan dibutuhkan keuletan juga pantang menyerah untuk bisa mencapai kesuksesan kala menjalani prosesnya. Mereka yang telah sukses pun pasti pernah mengalami pasang surut, kerugian, dan berbagai masalah lainnya. Nah, berikut tips sukses untuk Anda yang ingin memulai bisnis waralaba.

1. Pilih Jenis Waralaba yang Tepat

Pertama, Anda harus menentukan jenis waralaba yang akan dipilih. Pasalnya, beda jenisnya, beda pula modal yang harus Anda siapkan. Seperti misalnya, Anda memilih untuk menggeluti waralaba minimarket. Setidaknya, Anda membutuhkan modal hingga ratusan juta rupiah untuk bisa membelinya. Tidak hanya lahan, Anda juga perlu membeli etalase, segala peralatan kasir, juga produk yang akan dijual.

Pasukan Synergy

Berbeda jika Anda memilih atau memilih bisnis franchise kuliner kecil, seperti ayam goreng tepung krispi. Untuk mebuka bisnis ini, Anda membutuhkan modal antara Rp30 hingga Rp50 juta. Ingat, pastikan Anda menyukai waralaba ini, karena jika tidak, sudah bisa dibayangkan berapa kerugian yang akan Anda tanggung. Jadi, pikirkan dengan cermat sebelum memutuskan pilihan.

2. Ikuti Sistem yang Sudah Ditentukan

Bisnis waralaba sering kali mengubah sistem yang sudah ada jika terlihat progres yang menjanjikan, seperti menambah atau memodifikasi produk yang sudah ada, meningkatkan kualitas pelayanan, hingga jam operasional. Tentu saja, ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat konsumen, sehingga akan lebih banyak pelanggan yang pastinya berujung pada angka keuntungan yang menjanjikan.

Selalu usahakan Anda mengikuti dan tidak melanggar sistem yang sudah ditentukan oleh pemilik utama bisnis waralaba ini. Hindari membuat perubahan sendiri, terutama di hari-hari awal Anda berbisnis, karena bisa mengancam kepemilikan waralaba yang telah dibeli. Mengikuti sistem yang telah disepakati artinya Anda turut melestarikan brand sekaligus melindungi investasi milik Anda sendiri pada bisnis ini.

3. Manajemen dan Strategi yang Baik

Bagian menarik dari bisnis franchise adalah dukungan dari pemilik waralaba. Meski begitu, keberhasilan atau kegagalan dalam proses operasionalnya adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sebagai pembeli waralaba. Pemilik akan memberikan latihan terkait sistem yang berlaku, sekaligus membekali Anda dengan berbagai sarana untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Namun, selalu ingat bahwa Andalah yang akan mengoperasikan bisnis ini nantinya. Anda bisa menghubungi pemilik waralaba dan bertanya apabila menemui kendala atau masalah dalam keseharian, tetapi keputusan akhir tetap berada di tangan Anda sebagai pelaku bisnis. Jadi, pastikan Anda memiliki manajemen dan strategi bisnis yang baik.

4. Buat Rencana Bisnis

Apapun bisnis yang Anda lakukan, pastikan buat rencana bisnisnya sebagai tolok ukur target yang akan dicapai, tak terkecuali bisnis waralaba. Bagi pemula, membuat rencana bisnis mungkin menjadi suatu kendala, karena kerumitan poin yang harus dicantumkan. Meski begitu, sebenarnya tidak perlu dibuat demikian. Cukup tetapkan beberapa target sederhana dan lakukan proyeksi keuangan untuk tahun berikutnya. Jika ragu, tanyakan pada pemilik waralaba atau rekan sesama pembeli bisnis ini untuk mendapatkan solusi terbaik.

5. Rekrut Karyawan

Jika Anda tidak bisa menjual atau tidak ahli dalam melakukannya, tidak ada salahnya untuk mempekerjakan seseorang yang bisa melakukannya. Beberapa pebisnis mungkin tidak suka aktivitas jual beli, tetapi proses ini tidak akan pernah bisa dihindari. Jadi, jika Anda tidak nyaman melakukannya, carilah seseorang yang bisa menggantikan tugas itu untuk Anda. Mintalah saran pada rekan yang memiliki staf penjualan. Pastikan Anda mencari seseorang yang ahli, bukan yang Anda senangi.

Semua bisnis akan berujung pada kesuksesan jika dilakukan dengan cara yang benar, gigih, dan konsisten, termasuk pula bisnis franchise. Selalu ingat bahwa tidak ada bisnis yang bisa menuai keuntungan dalam waktu singkat, karena setiap hal selalu ada prosesnya. Pun, tidak ada bisnis yang mudah, karena semua selalu diikuti dengan risikonya. Selamat mencoba!

Sekian informasi terkait dengan Tips Sukses untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis Franchise, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk Anda. Mohon postingan ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Bisnis dan Entrepreneur

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
info menakjubkan produk synergy worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Penghasilan Online

Jualan Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli yang perlu dipahami
cara berkomunikasi dengan pembeli
Cara Berkomunikasi dengan Pembeli Berdasarkan Sifat Dasarnya
memulai bisnis tas
Memulai Bisnis Tas dengan Untung yang Menggiurkan
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling

Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
cara memproteksi keuangan akibat risiko
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko yang Tidak bisa Dihindarkan
membersihkan aneka macam noda
Membersihkan Aneka Macam Noda secara Praktis
alasan tidak mempersiapkan dana masa depan
Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Ziarah ke Makam KH Abdurrahman Wahid
Ziarah ke Makam KH Abdurrahman Wahid seorang Tokoh Perdamaian
tradisi motong kebo andilan
Tradisi Motong Kebo Andilan Orang Betawi saat Lebaran
kesenian reog ponorogo
Kesenian Reog Ponorogo yang Mengagumkan