Terampil dalam Penguasaan Diri

Seminar Marketing Online

Terampil dalam Penguasaan Diri – Kisah Rudy Hartono, seorang atlit bulu tangkis Indonesia yang paling legendaris dengan delapan kali juara tunggal dan sampai saat ini belum ada yang mengalahkan dalam ajang kejuaraan All England. All England, Wimbledon, Inggris adalah arena bergengsi bagi atlit bulu tangkis. Atlit Indonesia yang mengukir nama emas di arena All England selain Rudy Hartono, ada Tan Joe Hok, Ferry Sonneville, Chun Chun, Johan Wahyudi, Ade Chandra, Liem Swie King, Kristian Hadinata dan Icuk Sugiarto. Rudy Hartono juga dikenal sebagai atlit yang memiliki semangat juang, disiplin tinggi dan selalu membuat para pelatihnya bangga.

Terampil dalam Penguasaan Diri

Dikisahkan Pada suatu kejuaraan All England, Rudy Hartono berhadapan dengan Sture Johnsson, juara Eropa yang berasal dari Swedia. Sture Johnsson hanya butuh satu poin lagi untuk menyelesaikan perlawanan Rudy Hartono dengan situasi yang kritis pada set kedua 14-0 dengan keunggulan Sture Johnsson. Sementara pada set pertama Sture Johnsson sudah menyelesaikannya dengan unggul 15-4. Semua pendengar RRI dan pemirsa TVRI hanya terdiam dan berharap karena satu angka lagi tamatlah perjuangan Rudy Hartono.

Alhamdulillah, teriak penyiar RRI, Shutlecock berpindah ke tangan Rudy. “Aku ingin satu angka saja” kata Rudy ketika memulai service, ternyata 1-14. “Aku ingin satu angka lagi”, dan terjadilah 2-14 (pada waktu itu perhitungan score masih menggunakan sistem lama yaitu sistem pemegang service dapat poin kalau bisa mematikan lawan saat service ditangan). Akhirnya 14-14 dan Rudy mengakhiri set kedua dengan 17-14. Sture Johnsson benar-benar heran, penonton Indonesia riuh rendah.

Pada set ketiga, Rudy lagi-lagi menyatakan, “Aku ingin satu angka lagi, aku ingin satu angka lagi”. Akhirnya set ketiga berakhir dengan 15-0 untuk Rudy Hartono. Rudy pun maju ke final melawan Spend Pri finalis dari Denmark. Punch Gunalan atlit Malaysia berkomentar “Jika melawan Rudy, sebelum tercapai angka 15, belum menang”.

Teman-teman yang kreatif, kita belajar dari kegigihan Rudy Hartono untuk meraih apa yang menjadi impinan membutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam menguasai diri. Bobbi DePorter mengatakan sangat sulit bagi remaja untuk memisahkan ego mereka dari kegagalan yang mereka alami. Remaja yang sedang mencari jati diri, biasanya terlalu menghayati kegagalan-kegagalan yang mereka alami. Mereka membuat kegagalan menjadi bagian dari diri mereka. Mereka mematikan upaya untuk mencoba lagi karena takut akan  kembali menerima resiko gagal.

smart detox

Goleman menuturkan ada lima keterampilan pengaturan diri yang dimiliki remaja, yaitu :

Pertama adalah Pengendalian diri. Pengendalian diri bertujuan menjaga agar emosi dan impuls yang merusak tetap terkendali. Remaja yang mampu dalam pengendalian diri akan dapat mengelola dengan baik perasaan-perasaan impulsif dan emosi-emosi yang menekan mereka. Tetap teguh, berfikir positif dan tidak goyah walaupun dalam situasi yang paling berat serta dapat berfikir dengan jernih dan tetap terfokus kendati dalam tekanan.

Kedua adalah Dapat dipercaya. Remaja yang dapat dipercaya menunjukkan mereka mempunyai kejujuran dan integritas. Mereka dapat bertindak menurut etika dan tidak pernah mempermalukan (membuli) orang lain. Remaja ini dapat membangun kepercayaan lewat kehandalan diri, mengakui kesalahan sendiri dan berani menegur perbuatan tidak etis orang lain serta berpegang pada prinsip secara teguh bahkan bila akibatnya adalah menjadi orang tidak disukai.

Ketiga adalah kehati-hatian. Kehati-hatian memberikan makna bahwa remaja ini dapat diandalkan dan bertanggungjawab dalam memenuhi kewajiban. Memenuhi komitmen dan mematuhi janji. Serta bertanggung jawab untuk memperjuangkan tujuan mereka, terorganisasi dan juga cermat dalam bekerja.

Keempat adalah Adaptabilitas. Remaja ini memiliki keluwesan dalam menangani perubahan dan tantangan. Remaja dengan kecakapan ini Terampil menangani beragamnya kebutuhan, bergesernya prioritas dan pesatnya perubahan. Serta siap mengubah tanggapan dan taktik untuk menyesuaikan diri dengan keadaan.

Kelima adalah Inovasi, yaitu bersikap terbuka terhadap gagasan dan pendekatan baru, serta informasi terkini. Remaja dengan kemampuan ini selalu mencari gagasan baru dari berbagai sumber. Mendahulukan solusi yang orisinal dalam pemecahan masalah serta menciptakan gagasan baru dengan mengubah cara pandang dan wawasan berpikir mereka.

smart detox

Teman-teman yang kreatif, remaja dengan ketrampilan penguasaan diri yang baik tidak akan mudah untuk menerima begitu saja label negatif yang diberikan orang lain kepada mereka. Mereka perlu mengungkapkan siapa diri mereka yang sesungguhnya. Sungguh mereka punya potensi hebat. Sehat dan sukses selalu untuk kita semua.

Demikian info tentang Terampil dalam Penguasaan Diri semoga bermanfaat.

Sumber: Erik Hadi Saputra

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Oke Theme Tools Sosmed Tools Website Website
insightzilla tools untuk para facebook marketer
InsightZilla Tools untuk Para Facebook Marketer
Plugin WP Affiliasi untuk Membuat Website Program Reseller dan Affilliate
Plugin WP Affiliasi untuk Membuat Website Program Reseller dan Affilliate
lapax theme solusi bagi website toko online
Lapax Theme Solusi Bagi Website Toko Online