Teori Relativitas Sangat Bermanfaat dalam Kehidupan

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Teori relativitas pertama kali dikenalkan oleh Albert Einstein, seorang ilmuwan fisika yang juga dikenal sebagai penemu teori Persamaan Massa dan Energi (E = MC^2), fotoelektrik dan yang lainnya. Teori relativitas sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Teori relativitas menjelaskan tentang objek yang berkaitan dengan ruang, waktu, kecepatan dan cahaya.

Teori Relativitas Sangat Bermanfaat dalam Kehidupan

Teori relativitas terbagi menjadi 2, yaitu teori relativitas khusus dan teori relativitas umum. Teori relativitas khusus dikenalkan pada tahun 1905, sedangkan teori relativitas umum dicetuskan sepuluh tahun kemudian (1915). Dalam teori relativitas, Einsten menunjukkan bahwa kecepatan cahaya (objek tercepat di alam semesta) bersifat konstan atau tetap tidak bisa dirubah.

banner smart detox plus

Dalam bidang fisika, seandainya terdapat sebuah kendaraan biasa yang mampu berjalan dalam kecepatan setara cahaya, seketika kendaraan tersebut akan hancur lebur saat melaju. Namun, bilamana kendaraan tersebut mampu melakukan perjalanan dalam kecepatan cahaya, secara teori relativitas umum, waktu dalam ruang kendaraan tersebut akan melambat, atau bergerak lebih cepat, bergantung kecepatan kita. Hal ini seperti “ketika kita berada disini selama 1 detik maka di luar sana sama dengan 30 detik dalam waktu yang bersamaan. Tidak seperti teori lainnya, teori relativitas saat ini masih dalam tahap teori.

banner smart detox plus

Berikut ini beberapa contoh dari teori relativitas

Relativitas khusus
Teroi relativitas khusus merupakan teori yang terkait dengan cahaya, massa, rurang dan waktu. Contohnya kereta dengan kecepatan sangat tinggi mengakibatkan seseorang di dalamnya memiliki sepersekian detik waktu yang lebih lambat dari waktu yang dialami oleh seseorang yang berada di luar, hal ini disebut “Time Dilation“.

Relativitas umum
Teori relativitas umum merupakan teori yang terkait dengan gravitasi, cahaya, massa ruang dan waktu. Contohnya perbedaan waktu di Planet Bumi dan Planet Jupiter. Perbedaan ini dimana 1 hari di Planet Jupiter membutuhkan waktu sekitar 9 jam, jika terdapat 2 orang yang memiliki umur yang sama namun tinggal di Planet berbeda, si A tinggal di Planet Bumi dan si B tinggal di Planet Jupiter. Maka saat mereka bertemu beberapa tahun kemudian, si B yang tinggal di Planet Jupiter akan memiliki usia yang lebih muda dibandingkan si A yang tinggal di Planet Bumi. Hal ini dikarenakan gravitasi pada tiap planet berbeda sehingga massa (objek) akan mengikuti gaya tarik dari gravitasi yang dihuninya.

Demikian sekilas tentang teori relativitas sangat bermanfaat dalam kehidupan, semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      uptopromo.co.id jasa seo

      Dpt 450K Saat Anda Kluarkan150K IDR Mulai Beriklan Dgn Google Hari Ini!

      harga pagar brc surabaya

      Produksi Pagar BRC Galvanis. Pagar BRC Galvanis Harga Pabrikasi