Teori Penciptaan Alam Semesta Paling Populer

Ledakan Besar adalah teori penciptaan Alam Semesta paling populer. Menurut teori ini, seluruh Alam Semesta diciptakan dalam satu per sekian detik dalam satu ledakan yang mahadahsyat. Semua materi termampatkan menjadi sebuah bola yang kecil, amat panas, padat yang lebih kecil dari sebuah atom. Bola itu berangsur-angsur membesar ketika menjadi lebih dingin, kemudian meledak, melepaskan energi dan materi ke segala penjuru.

teori penciptaan alam semesta paling populer

Kita tidak dapat melihat Ledakan Besar karena peristiwa ini terjadi beberapa miliar tahun yang lalu. Namun, kita dapat melihat bahwa Alam Semesta tetap tumbuh menjadi semakin besar. Semua galaksi bergerak menjauh dari galaksi yang lain ketika Alam Semesta semakin besar.

ElemenĀ Alam Semesta

Hampir seluruh Alam Semesta terbuat dari hidrogen dan helium. Ini adalah dua elemen yang paling ringan. Semua materi yang lain dalam Alam Semesta amat langka. Elemen seperti silikon, karbon, dan lain-lain terkonsentrasi dalam awan, bintang, dan planet. Alam Semesta disatukan oleh empat kekuatan yang tidak terlihat. Gravitasi dan elektromagnetisme adalah dua kekuatan yang sudah dikenal. Dua jenis kekuatan lain adalah nuklir kuat dan lemah. Semuanya ini beroperasi hanya di dalam inti atom yang amat kecil, menyatukan partikel-partikel kecil ini.

Umur Alam Semesta

Kita dapat menghitung perkiraan umur Alam Semesta dengan mengamati seberapa cepat galaksi yang ada di tempat jauh bergerak menjauh dari kita. Namun, kita tidak mungkin untuk membuat perhitungan ini secara akurat. Ilmuwan telah memperkirakan bahwa Alam Semesta berumur antara 13 miliar sampai 18 miliar tahun.

Bima Sakti

Bima sakti adalah massa gas dan bintang amat besar yang dapat dilihat sebagai pita cahaya yang melintang di langit malam. Bumi, dan segala sesuatu dalam Sistem Tata Surya, adalah bagian dari Bima Sakti. Ini dikenal sebagai Galaksi kita. Ukuran Galaksi ini amat besar sehingga cahaya memerlukan waktu hampir 100.000 tahun untuk bergerak dari satu sisi ke sisi yang Iain. Di tempat bintang berdekatan satu dengan yang lain Bima Sakti terlihat cerah, tetapi awan gas dan debu yang amat besar menghalangi cahaya dari bagian-bagian Iain dari Galaksi ini. Awan ini menghalangi ahli astronomi untuk mengamati seluruh Bima sakti.

Cara kerja gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya tarik antara setiap potong materi, bahkan partikel yang paling kecil. Semakin banyak materi yang ada dalam sesuatu, dan semakin dekat partikelnya termampatkan menjadi satu, semakin kuat gaya tariknya. Bintang adalah badan yang besar dan amat padat dan dengan demikian bintang mempunyai medan gravitasi yang kuat. Gaya gravitasi dari Matahari kita yang mempertahankan planet-planet tetap berada dalam orbitnya. Gravitasi Bumi mempertahankan Bulan dalam orbitnya. Objek kecil seperti Bulan mempunyai gravitasi yang amat Iemah. Keadaan ini menjelaskan mengapa astronaut di permukaan Bulan dapat melompat amat tinggi dengan usana yang amat kecil.

Super supernova

Kadang-kadang ada bintang yang tiba-tiba muncul di langit. Hal ini terjadi ketika ada sepasang bintang yang bergerak saling mengelilingi. Keduanya disebut biner, dan biasanya terdiri dari satu bintang besar yang disebut raksasa merah (= Red Giant), mengelilingi bintang yang lebih kecil, lebih panas. Nova terjadi ketika gas tertarik dari bintang raksasa merah ke dalam bintang yang lebih kecil. Di sini panas menyebabkan ledakan hebat dan memancarkan cahaya yang amat cemerlang.

Sebuah supernova terjadi bila sebuah bintang runtuh ketika kehabisan bahan bakar dan tiba-tiba meledak, menghasilkan energi cahaya yang amat cemerlang, dan meninggalkan inti neutron yang kecil, yang merupakan materi paling berat dalam Alam Semesta. Massa sebesar kepala jarum pentul dari neutron beratnya dapat mencapai beberapa ribu ton.

Demikian info tentangĀ Teori Penciptaan Alam Semesta Paling Populer semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
Sarana Investasi Perbankan
Sarana Investasi Perbankan dalam Bentuk Deposito dan Reksadana
kiat memisahkan urusan bisnis
Kiat Memisahkan Urusan Bisnis dan Keluarga
No Preview
Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
No Preview
Sapi Hewan yang Selalu Mengunyah Makanannya
fakta penguin
Fakta Penguin Empat Bulan Tanpa Makan
Fakta Unik Mata Kucing
Fakta Unik Mata Kucing yang dapat Bersinar
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin bila Ingin Bebas Finansial
Fungsi Garam untuk Makanan
Fungsi Garam untuk Makanan selain Sebagai Perasa
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Jejak Diplomasi Sarekat Islam
Jejak Diplomasi Sarekat Islam di Semarang
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta yang Artistik
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan