Tahapan Memulai Bisnis yang Menghasilkan

Seminar Marketing Online

Tahapan Memulai Bisnis yang Menghasilkan – Dalam memulai bisnis sedikitnya ada 9 tahapan agar bisnis tersebut menghasilkan. Jadi dalam memulai bisnis tidak perlu terburu-buru dan juga tidak boleh terlalu lambat. Yang paling penting adalah nikmati dari setiap tahap atau langkah Anda dalam memulai bisnis. Agar hasil yang didapatkan akan maksimal lakukan bisnis yang sesuai passion atau minat Anda.

tahapan memulai bisnis yang menghasilkan

Berikut sedikit penjelasan tentang 9 langkah memulai bisnis yang menghasilkan tersebut :

Tahap 1: Jangan Dibuat Ribet

Tahap pertama memulai bisnis yaitu Anda harus bulatkan tekad, kuatkan mental dan pegang prinsip “jangan dibuat ribet”. Ketika mulai bisnis harus mulai dari yang sederhana, mulai yang mudah dan mulai dari sekarang. Buat pemula, supaya tidak sulit saat memulai bisnis, harus punya pemahaman prinsip tersebut. Untuk mulai bisnis itu polanya sederhana. Tentukan kapan buka bisnis, sederhanakan dan jangan tunggu sempurna. Sempurnakan sambil jalan. Intinya harus segera dibuka bisnisnya agar tidak kelamaan jadi seonggok kertas ide bisnis.

Tahap 2: Persiapkan Ide Bisnis

Tahap selanjutnya adalah mulai persiapkan ide bisnis Anda. Mau itu jualan online atau offline tidak masalah. Intinya mulai dulu, nanti pasti akan mulai terasa mana yang lebih potensial. Ide bisnis itu banyak, ada produk barang ada juga jasa, ada bisnis offline ada bisnis online. Tentukan satu ide bisnis dulu, jangan langsung kebanyakan. Saat baru merintis, disarankan untuk fokus dulu sama satu bisnis.

Tahap 3: Latih Skill Jualan

Saat berencana buka bisnis, Anda harus mulai mempersiapkan satu skill penting. Skill tersebut merupakan skill paling dasar dan wajib dimiliki oleh pebisnis yang sedang merintis bisnis yaitu skill jualan. Kalau mau bisnisnya laris, Anda harus perlengkapi skill dengan skill jualan. Skill jualan sangat penting, karena mau bisnis apapun, ujungnya harus jualan. Walaupun Anda pemula dan juga awam, tetap Anda harus belajar ekstra agar belajar bagaimana punya kemampuan jualan seperti :

  • Skill bikin materi promosi
  • Skill buat ide copywriting
  • Skill jualan di medsos
  • Skill teknik closing

Ada banyak skill jualan yang wajib dimiliki, tapi at least perkuat skill jualan ini.

Tahap 4: Persiapkan Produknya

Setelah ide bisnisnya Anda tentukan, langkah berikutnya adalah mulai tentukan produknya. Mau jualan produk sendiri atau produk orang lain. Produk harus punya kelebihan misal lebih bagus, lebih murah, lebih menarik dll. Tentukan Harganya berapa, pastikan ada profit at least 40% untuk jasa, atau 15% untuk barang.

smart detox

Tentukan merek, jika punya produk sendiri Anda bisa tentukan merek untuk produk. Jika pakai produk orang lain, merek yang Anda buat bisa untuk toko atau toko online Anda. Gunakan kata yang simpel, mudah diingat dan pastikan belum ada merek ini sebelumnya. Intinya jangan dibuat ribet, jangan kelamaan di sini, nanti bisa dikembangkan.

Tahap 5: Persiapkan Amunisi Pendukung

Persiapkan hal-hal kecil tapi penting, contohnya nomor kontak WA, HP yang bisa dihubungi atau kalau ada yang beli bisa kontak kemana. Catatanya: Anda harus punya nomor kontak yang berbeda dengan kontak pribadi Anda. Ini kontak bisnis dan jualan jadi harus di fokuskan. Lalu persiapkan nomor rekening yang berbeda. Ingat! pisahkan rekening pribadi dan bisnis agar keuangan tidak tercampur dan ujungnya malah jadi kacau. Kalau sudah besar, persiapkan tim admin dan tim yang bantu packing. Tujuannya adalah agar tidak semua di handle oleh Anda.

smart detox

Tahap 6 : Mau Dijual Lewat Apa

Tentukan saluran channel jualannya. Mau dijual via apa? Misal buka toko sendiri (bisa mulai dari rumah), syaratnya lokasinya harus strategis. Bisa juga dengan via channel online. Bisa dari media sosial, toko online, marketplace. Bisa dengan konsinyasi, cara ini dengan menitip barang kita ke toko orang lain. Padukan juga dengan membangun tim reseller, sehingga penjualan Anda bisa terus menerus meningkat karena dibantu dengan pasukan penjualan.

Mana yang lebih bagus? Tergantung produk dan industrinya. Yang paling simpel, test dulu dalam sebulan pertama, mana yang paling menghasilkan.

Tahap 7: Cara Promosinya

Kalau mau ide bisnisnya menghasilkan, Anda perlu mempersiapkan promonya dengan baik. Kuncinya di persiapan. Tapi inget, yang simpel dulu tidak masalah, sambil bisa disempurnakan. Perbesar kolam prospek kalau mau jualan online. Bisa mulai dengan Pre Order. Buat penawaran yang menarik. Penawaran ini intinya adalah saat Anda jualan, kira-kira penawaran apa yang akan Anda berikan agar pembeli tertarik. Misal bonus, potongan harga khusus, free ongkir untuk pembeli awal.

Jangan lupa, terapkan teknik copywriting dalam membuat promosinya. Tujuannya agar banyak orang yang melirik, tertarik dan akhirnya closing produk Anda. Sebar promo yang Anda buat di media channel yang sudah disiapkan. Intinya buat banyak orang tahu tentang produk Anda. Bisa melalui brosur, online, medsos, bantu disebar dari reseller dll.

Tahap 8: Set Target

Membangun bisnis dari rumah tetap target harus jelas. Target ini tidak hanya target jualan, Anda harus punya target kerja, target working list. Tujuannya agar arah kerja jelas, arah target jelas dan target omzet jelas. Contohnya :

  • Target kapan produk baru di launch
  • Target closing per hari berapa
  • Target omzet per bulan berapa
  • Target rekrut reseller berapa
  • Target terjual berapa pcs
  • Target untung berapa
  • Target memperbesar kolam prospek berapa
  • Target kapan akan buat promo baru

Tahap 9: Kapan Dibuka

Langkah penting lainnya adalah giliran Anda tentukan tekad kuat untuk set kapan buka bisnisnya. Tahap ini penting untuk dilakukan agar ide Anda tidak hanya sebatas ide bisnis. Kuncinya ada di SET WAKTU kapan dibuka bisnisnya dan kapan konsumen bisa mulai beli produk Anda.

Cara praktisnya mulai coba buat postingan di akun Anda atau di grup WA teman-teman Anda. Infokan saja bahwa Anda akan mulai bisnis ini. Dari sini pasti akan ada feedback dan response. Meski belum lengkap semua persiapannya, tetapi Anda harus tetap buat set waktunya. Contoh: coming soon dibuka 30 hari lagi.

Demikian info tentang Tahapan Memulai Bisnis yang Menghasilkan semoga bermanfaat.

sumber: BDR, Hermas Puspito

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info SB1M Materi di SB1M Training SB1M
Webinar Komunitas Internet Marketing dan Bisnis Online SB1M
Webinar Komunitas Internet Marketing dan Bisnis Online SB1M
Sekolah Belajar Bisnis Online SB1M di Jakarta Pusat
Sekolah Belajar Bisnis Online SB1M di Jakarta Pusat
jurus personal branding di facebook
Jurus Personal Branding di Facebook
membuka bisnis laris jalur reseller
Membuka Bisnis Laris Jalur Reseller
cara cerdas memulai bisnis menjadi produsen
Cara Cerdas Membuka Bisnis Menjadi Produsen
Berani dan Optimis dalam Berbisnis
Berani dan Optimis dalam Berbisnis
Berani Optimis Jempol Orang Lain
Berani Optimis Jempol Orang Lain
tokoh ilmuwan hebat dari yunani kuno
Tokoh Ilmuwan Hebat dari Yunani Kuno
Momen indah abdurrahman bin auf bersama Rasulullah
Momen indah abdurrahman bin auf bersama Rasulullah
Karakter dan Keutamaan Abdurrahman Bin Auf dalam Islam
Karakter dan Kemuliaan Abdurrahman Bin Auf dalam Islam
sepenggal kisah perjalanan sahabat abdurrahman bin auf
Sepenggal Kisah Perjalanan Sahabat Abdurrahman bin Auf
Buku Oke Theme OSB Tools Sosmed Tools Website Website
Tembus 10 juta per bulan dari facebook
Tembus 10 Juta Per Bulan Dari Facebook Itu Tidak Sulit
Rahasia Membuat Promosi Yang Menjual dan Mudah Dilakukan
Rahasia Membuat Promosi Yang Menjual dan Mudah Dilakukan
kunci reseller jago jualan yang menghasilkan
Kunci Reseller Jago Jualan yang Menghasilkan