Spesies Hewan yang Terancam Punah di Dunia

Seminar Marketing Online

Spesies Hewan yang Terancam Punah di Dunia – Karena manusia semakin banyak menggunakan lahan untuk membangun gedung, tempat bercocok tanam dan jalanan, tempat-tempat di mana hewan-hewan tinggal (habitatnya) menjadi semakin sempit. Hal ini berarti jumlah hewan di dunia menurun dengan cepat. Memburu hewan tertentu juga mengurangi jumlah hewan-hewan tersebut.

spesies hewan yang terancam punah di dunia

Jika kita tidak melakukan sesuatu untuk menghentikan ini semua, banyak spesies hewan yang akan hilang secara bersamaan. Beberapa hewan bahkan telah punah dan lebih banyak hewan terancam punah.

Gorilla

Hanya beberapa ribu gorilla gunung yang masih tinggal di Afrika. Walaupun ukuran tubuhnya besar dan kuat, gorila gunung adalah hewan pemalu dan tidak berbahaya kecuali berada dalam bahaya. Gorila jantan dewasa tingginya dapat mencapai dua meter (6,6 kaki) dan beratnya 200 kilogram (440 pon). Gorila ini memakan buah-buahan dan tumbuhan dan hidup berkelompok.

Solenodon

Hewan ini adalah hewan menyerupai tikus yang panjangnya mencapai 51 cm. Hewan ini memakan serangga, mamalia kecil, dan kadal. Hanya dua spesies solenodon yang tersisa yaitu solenodon Kuba dan solenodon Haiti. Kedua spesies ini terancam punah.

smart detox

Panda

Walaupun hewan ini menyerupai beruang, panda raksasa merupakan spesies rakun. Panda ini dapat ditemukan di hutan bambu di Cina barat daya, dan kini terancam punah. Penebangan pohon dan perburuan telah mengurangi jumlah panda sehingga kini hewan tersebut sangat dilindungi. Diperkirakan terdapat sekitar 1.500 panda yang masih hidup di alam liar, sebagian besar dari mereka tinggal di suaka margasatwa.

Musang Kaki Hitam

Mungkin musang kaki hitam merupakan hewan paling jarang di alam liar di Amerika Utara. Pada tahun 1982 kelompok terakhir musang kaki hitam yang bertahan hidup hanya terdiri atas 60 ekor. Dengan segera mereka mendapatkan perlindungan, dan pada tahun 1984  jumlah  hewan ini meningkat menjadi 129.

Sayangnya, setahun kemudian, sebagian besar dari mereka hampir mati karena penyakit. 31 ekor terakhir ditangkap dan ditempatkan di cagar alam. Saat ini jumlahnya  meningkat menjadi lebih dari 300 ekor, beberapa ekor dilepaskan kembali ke alam liar.

Salah satu alasan mengapa musang kaki hitam berjuang bertahan hidup adalah karena anjing padang rumput, salah satu sumber makanan utamanya, hampir dimusnahkan oleh pengusaha peternakan (yang mengganggap binatang tadi sebagai hama dan mengancam ternak mereka).

Badak

smart detox

Lima anggota keluarga badak terancam punah. Kelima spesies badak itu adalah badak Jawa, badak India, badak hitam, badak putih, dan badak Sumatra. Semua badak ini diburu untuk diambil tanduknya  (culanya) yang dipercaya beberapa orang mengandung obat atau khasiat tertentu. Tanduk badak terbuat dari serat menyerupai rambut yang disebut keratin.

Indri

Hewan ini adalah anggota spesies lemur terbesar yang hanya ditemukan di Pulau Madagaskar di Samudra India. Hewan ini hidup di hutan gunung dan memakan daun-daunan.

Harimau

Semua harimau terancam punah. Harimau terbesar adalah harimau Siberia, yang menjelajahi Siberia, Mongolia, Mansyuria, dan Korea dengan bebas. Sayangnya, jumlahnya telah menurun secara drastis karena diburu.

Demikian info tentang Spesies Hewan yang Terancam Punah di Dunia semoga bermanfaat.

sumber: 500 Fakta yang Fantastis

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Oke Theme Tools Sosmed Tools Website Website
insightzilla tools untuk para facebook marketer
InsightZilla Tools untuk Para Facebook Marketer
Plugin WP Affiliasi untuk Membuat Website Program Reseller dan Affilliate
Plugin WP Affiliasi untuk Membuat Website Program Reseller dan Affilliate
lapax theme solusi bagi website toko online
Lapax Theme Solusi Bagi Website Toko Online