Rumput Laut si Alga Kaya Manfaat

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Rumput Laut si Alga Kaya Manfaat – Sebagai negara maritim, seharusnya Indonesia bisa memanfaatkan potensi besarnya dalam pengelolaan berbagai jenis rumput laut yang hidup di perairannya. Berbagai jenis rumput laut juga telah dikenal memiliki manfaat baik sebagai bahan konsumsi pangan hingga obat-obatan.

Rumput Laut si Alga Kaya Manfaat

Bukan itu saja, berbagai jenis rumput laut pun telah berhasil dibudidayakan di berbagai wilayah perairan laut Indonesia. Rumput laut adalah nama umum untuk menyebut jenis organisme laut yang dikenal sebagai alga. Penggunaan istilah rumput laut kadang menimbulkan kerancuan karena dipakai untuk menyebut dua kelompok tanaman laut yang berbeda yaitu lamun (seagrass) dan gulma laut (seaweed). Justru di Indonesia kata rumput laut sering digunakan untuk menyebut gulma laut (seaweed).

Rumput laut atau lebih tepatnya disebut gulma laut adalah alga makroskopik yang hidup diperairan. Layaknya alga lainnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati. Seluruh bagian rumput laut tersebut disebut talus atau thallus.

banner smart detox plus

Talus pada rumput laut ada yang tanpa percabangan dan bercabang dengan sifat mulai dari lunak, keras (diliputi zat kapur), seperti tulang rawan hingga berserabut. Karena tidak memiliki akar, rumput laut hidup dengan menempel pada substrat (fitobintes) pasir, lumpur, kayu, karang mati maupun kulit kerang.

Rumput laut hidup di perairan laut dangkal hingga kedalaman 200 meter. Daerah persebarannya mulai dari perairan beriklim tropis, subtropis, hingga perairan dingin. Indonesia menjadi salah satu wilayah yang kaya keanekaragaman rumput laut dengan spesies mencapai ratusan.

Berdasarkan pigmen (zat warna) yang dikandungnya, rumput laut dapat dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu chlorophyceae (ganggang hijau), rhodopyceae (ganggang merah), phaeopyceae (ganggang coklat), dan cyanophyceae (ganggang hijau kebiruan).

Dari berbagai jenis rumput laut yang umumnya telah dibudidayakan adalah rumput laut dari genus eucheuma dan gracilaria. Kini rumput laut juga sudah dimanfaatkan secara luas sebagai bahan pangan hingga sebagai bahan pangan hingga sebagai bahan baku obat-obatan yang kaya khasiat.

Demikian info peluang bisnis tentang rumput laut si alga kaya manfaat semoga bermanfaat.

banner smart detox plus

Sumber : dr Andung PS Mkes, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      jasa seo murah

      Harga Murah Mulai Rp. 20rb/hariPesan Paket Adwords Anda Sekarang!

      ukuran pagar brc

      Jual Pagar Brc ,Kawat Harmonika Murah dan Berkualitas, Hubungi Kami

      jasa keamanan

      Jasa Petugas Keamanan Outsourcing, Professional ,Aman & Harga Terbaik!